sign up SIGN UP

Jangan Sampai Bocor! Begini Cara Menjaga Privasi Saat Menggunakan Media Sosial

Fahira Mahza | Beautynesia
Selasa, 13 Jul 2021 13:30 WIB
Jangan Sampai Bocor! Begini Cara Menjaga Privasi Saat Menggunakan Media Sosial
caption

Di era digital seperti sekarang ini kita akan dengan mudah mendapat informasi dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut bisa kamu dapatkan apabila kamu menggunakan media sosial. Dengan adanya media sosial kamu akan dengan mudah menemukan relasi dan juga informasi yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai aktivitas dan kebutuhanmu.

Saat ini, berbagai data begitu mudahnya dilakukan melalui internet atau media sosial. Namun, banyaknya data yang tersebar di media sosialmu dapat mengganggu privasimu loh. Sebab hal tersebut dapat disalahgunakan oleh orang lain dan bisa merugikanmu. Agar data kamu tidak disalahgunakan oleh orang lain, berikut 5 cara yang dapat kamu lakukan agar privasimu tetap terjaga ketika menggunakan media sosial.

1. Menggunakan Aplikasi Pesan dengan Enkripsi end-to-end

Menggunakan aplikasi pesan dengn enkripsi end-to-end
Menggunakan aplikasi pesan dengn enkripsi end-to-end/foto:freepik.com

Untuk menjaga privasimu ketika bermain media sosial, hendaknya kamu menggunakan aplikasi pesan dengan enkripsi end-to-end. Ketika kamu menggunakan aplikasi yang menggunakan enkripsi end-to-end, data serta percakapanmu tidak akan dapat dilihat serta diretas oleh siapapun, bahkan bagi penyedia layanan perpesanan tersebut. Salah satu aplikasi yang menggunaka end-to-end ini yaitu WhatsApp.

2. Menggunakan Kata Sandi yang Aman

Menggunakan kata sandi yang aman
Menggunakan kata sandi yang aman/foto:freepik.com

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan media sosial, biasakan untuk membuat kata sandi yang aman dan sulit untuk ditebak oleh orang lain serta bedakan setiap kata sandi pada sosial media yang kamu gunakan. Hal tersebut perlu dilakukan agar data pribadi kamu tetap terjaga ketika kamu menggunakan media sosialmu.

3. Tinjau Izin untuk Aplikasi Seluler

Tinjau izin untuk aplikasi seluler
Tinjau izin untuk aplikasi seluler/foto:freepik.com

Salah satu yang harus kamu lakukan untuk menjaga privasimu yaitu menggunakan fitur “izin” untuk mengakses kontak atau file dalam penyimpanan perangkat, menggunakan kamera, mikrofon, geolokasi, dan sebagainya pada setiap aplikasi yang ada di handphonemu. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan agar kamu bisa memastikan setiap hal yang ingin di akses pada setiap aplikasi di selulermu.

4. Menghindari Pelacakan

Menghindari pelacakan
Menghindari pelacakan/foto:freepik.com

Ketika kamu berselancar dan mengunjungi beberapa situs di selulermu, terkadang browser akan mengungkapkan banyak hal hingga riwayat selancarmu. Informasi yang diungkapkan oleh browser tersebut digunakan oleh para pengiklan untuk melacak dan menargetkan kesukaanmu dengan iklan. Sehingga kamu perlu menggunakan alat keamanan khusus untuk menghindari pelacakan Internet tersebut agar privasimu tetap aman.

5. Periksa Pengaturan Privasi Jaringan Sosialmu

Periksa pengaturan privasi jaringan sosialmu
Periksa pengaturan privasi jaringan sosialmu/foto:freepik.com

Agar privasimu tetap terjaga ketika menggunakan media sosial di smartphone, kamu disarankan untuk selalu memeriksa pengaturan privasi. Hal ini dapat dilakukan dengan memfilter setiap hal atau informasi mana yang dapat dibagikan kepada orang asing dan untuk teman, atau bahkan tidak ada orang selain kamu.

Itulah 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga privasimu ketika menggunakan sosial media di selulermu. Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika menggunakan media sosial agar data atau hal yang kamu bagikan tidak disalahgunakan oleh orang lain.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id