sign up SIGN UP

#KawanPuan, Kampanye Hannah Al Rashid untuk Bantu Perempuan yang Jadi Korban Kekerasan

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 14:00 WIB
#KawanPuan, Kampanye Hannah Al Rashid untuk Bantu Perempuan yang Jadi Korban Kekerasan
Hannah Al Rashid/Foto: Instagram @hannahalrashid
Jakarta -

Menurut Catatan Tahunan (Catahu) Komnas Perempuan tahun 2021, tercatat ada 338.496 laporan kasus kekerasan berbasis gender terhadap perempuan. Angka tersebut meningkat hingga 50 persen dari laporan kasus di tahun 2020, dan meningkat sekitar 792 persen dalam kurun waktu 12 tahun terakhir.

Melihat data tersebut, tentu sangat disayangkan dan memprihatinkan bahwa perempuan rentan menjadi korban kekerasan. Fakta di lapangan tersebut menggerakkan hati Hannah Al Rashid, seorang aktris, model, sekaligus aktivis yang vokal dalam menyuarakan hak-hak perempuan, untuk membuat sebuah kampanye bernama #KawanPuan. Kampanye tersebut bertujuan untuk membantu perempuan yang menjadi korban kekerasan.

Apa Itu Kampanye #KawanPuan?

Kampanye #KawanPuanKampanye #KawanPuan/ Foto: Tangkapan Layar/Kita Bisa

Melalui laman kampanye #KawanPuan, Hannah mengaku khawatir dengan kondisi kekerasan terhadap perempuan yang terus meningkat dari hari ke hari. Baginya, ribuan jumlah kekerasan terhadap perempuan bukan hanya sekadar angka. Dalam setiap angka tersebut ada perempuan yang berjuang untuk pulih, berupaya untuk bangkit. Ia tak mau para korban kekerasan berjuang sendirian. Oleh karena itu, ia membuat kampanye #KawanPuan untuk membantu perempuan yang jadi korban kekerasan.

#KawanPuan adalah sebuah gerakan solidaritas untuk membantu perempuan yang jadi korban kekerasan. Kampanye ini bekerjasama dengan berbagai NGO, LSM, dan organisasi apapun yang bergerak di advokasi dan pelayanan untuk korban kekerasan.

Hannah Al RashidHannah Al Rashid/ Foto: Beautynesia

"Kawan Puan adalah salah satu passion project gue yang difasilitasi oleh Kita Bisa. Jadi Kawan Puan adalah campaign yang dibentuk khusus untuk membantu korban kekerasan. Tujuannya adalah untuk crowdfunding dan edukasi kepada publik dan untuk crowdfunding terutama untuk memberi bantuan hukum, medis, rumah aman, bantuan pemulihan juga, terapi, kepada korban kekerasan. So far bekerja sama dengan 13 LSM di seluruh Indonesia," ungkap Hannah Al Rashid kepada Beautynesia, Senin (6/6).

Bentuk Bantuan yang Diberikan #KawanPuan

Korban kekerasan membutuhkan bantuan dalam banyak aspek. Hasil donasi pada kampanye #KawanPuan digunakan untuk membantu pemulihan, advokasi, dan biaya hidup korban kekerasan yang membutuhkan bantuan. 

Kampanye #KawanPuanKampanye #KawanPuan/ Foto: Dok. Kita Bisa

Pada bulan Januari 2022 lalu, Hannah mengungkapkan bahwa donasi kampanye #KawanPuan sudah mencapai hampir Rp350 juta.

"Donasi kampanye Kawan Puan sudah mencapai hampir 350.000.000 rupiah!!!!! Alhamdulillah! Thank you! Merci beaucoup! Terima kasih untuk orang orang baik yang terus mensupport campaign ini dan selalu #berpihakpadakorbanKawan Puan berkolaborasi dengan berbagai LSM di seluruh Indonesia untuk provide rumah aman, bantuan medis, pendampingan hukum, pemulihan dll untuk korban kekerasan," tulisnya pada caption di postingan Instagramnya.

Dampak Positif #KawanPuan: Donasi hingga Edukasi yang Hasilkan Solusi

Hannah Al RashidHannah Al Rashid/ Foto: Beautynesia

Kampanye #KawanPuan juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Memperingati Hari Film Nasional di tahun 2021 lalu, Hannah bersama Adinia Wirasti dan Mian Tiara, memutuskan untuk menulis menulis sebuah film pendek yang kemudian dijadikan film animasi untuk menggambarkan situasi di industri film saat ini.

"Kami menulis tentunya dari perspektif penyintas, dan kami berusaha untuk menawarkan solusi. Film itu emang terlahir dari keresahan kami sebagai penyintas, kok banyak orang tahu bahwa pelecehan adalah isu di dalam industri perfilman, tapi lebih banyak orang yang melumrahkan, atau diam aja, dan nggak pernah ada yang menawarkan solusi," papar perempuan yang didapuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjadi penggerak SDG (Sustainable Development Goals) dalam bidang kesetaraan gender di Indonesia.

[Gambas:Instagram]

Hadirnya kampanye #KawanPuan, menurut Hannah, kini semakin banyak orang yang membicarakan isu pelecehan dan semakin banyak penyintas yang berani untuk melapor dan mendapatkan bantuan. Selain itu, banyak production house (PH) yang mulai mempraktekkan atau menciptakan SOP di dalam produksi mereka sendiri.

"Contohnya pasal pelecehan seksual itu udah mulai dipakai di dalam beberapa kontrak di beberapa PH. Sampai ada poster-poster gede yang ditaruh dalam lokasi syuting, seperti 'Bekerja dengan etis', 'anti pelecehan', 'anti bullying', itu semua ditaruh di dalam lokasi, ada beberapa PH yang sudah mulai melakukan itu," ungkap Hannah.

Dengan adanya kampanye #KawanPuan, menurut Hannah, membuktikan bahwa advokasi, melapor, speaking up, bisa menciptakan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.

Beauties, buat kamu yang ingin berdonasi dan membantu para korban kekerasan, kamu bisa berdonasi dengan klik link berikut ini, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id