sign up SIGN UP

Kembali Belajar di Sekolah, Tata Ruang Kelasmu Biar Prestasi Belajar Meningkat, Ikuti Tips Fengshui Ini

Izzul Millati Umami | Beautynesia
Selasa, 08 Feb 2022 21:30 WIB
Kembali Belajar di Sekolah, Tata Ruang Kelasmu Biar Prestasi Belajar Meningkat, Ikuti Tips Fengshui Ini
caption
Jakarta -

Memiliki prestasi belajar yang baik akan menguntungkan kamu di masa depan. Sayangnya, banyak yang nggak mengerti kalau kenaikan prestasi itu tak cuma dipengaruhi semangat belajar saja. 

Salah satu hal yang mempengaruhi prestasi belajar sendiri adalah suasana kelas. Oleh karena itu, tata ruangan kelas mengikuti tips fengshui dari Love to Know berikut untuk meningkatkan prestasi belajar. 

Pencahayaan

lampu kelas
lampu kelas/Foto:pexels.com/pixabay

Meski pembelajaran biasanya dimulai di pagi hari, tetapi kamu tetap perlu lampu untuk membantu ruangan kelas lebih terang. Dengan pencahayaan yang lebih baik, semangat belajar pun akan semakin naik. 

Penting untuk menaruh setidaknya dua lampu di ruangan kelas yang terbilang luas. Lampu juga wajib di pasang di teras depan kelas. 

Meja dan Kursi

meja dan kursi
meja dan kursi/Foto:pexels.com/pixabay

Meski menurut kebanyakan guru meja dan kursi berhadapan itu bisa meningkatkan rasa kerjasama dalam belajar kelompok, tetapi di fengshui hal ini harus dihindari. 

Meja kursi berhadapan membuat siswa saling berhadap-hadapan, yang mana bisa memicu konflik kompetisi. Sebaiknya tata meja dan kursi seperti biasa menghadap papan tulis. 

Warna Tembok

Di dalam fengshui, ada dua warna yang bisa mendatangkan semangat belajar, yaitu hijau dan biru. Dua warna ini diasosiasikan dengan air dan tanaman, elemen alam yang bisa memberikan rasa damai. 

Menggunakan warna hijau dan biru sebagai tembok kelas bisa membuat proses belajar semakin lancar dan memancing kreativitas

Loker

loker
loker/Foto:pexels.com/yankrukov

Biasanya ada sebagian sekolah yang menempatkan loker di dalam ruang kelas. Kalau sekolahmu juga seperti ini, maka pastikan loker selalu dalam keadaan bersih dan rapi. 

Pastikan juga loker dalam keadaan terkunci rapat, sehingga barang yang ada di dalamnya tidak terlihat. Kalau loker berantakan, energi buruk pun gampang menyebar juga. 

Meja Guru

Fengshui menjunjung tinggi keseimbangan, termasuk dalam hal pembelajaran. So, meja guru pun harus berada di tengah-tengah, tepat di depan papan tulis. Tujuannya supaya pembagian ilmu bisa merata ke seluruh murid. 

Bila meja guru berada di pojok kanan atau kiri, bisa membuat salah tangkap siswa yang berada di barisan belakang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya? DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id