sign up SIGN UP

Kenalan dengan Mbok Cikrak, Perempuan Indonesia yang Menyelamatkan Banyak TKI di Taiwan

Risqi Nurtyas Sri Wikanti | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 18:54 WIB
Kenalan dengan Mbok Cikrak, Perempuan Indonesia yang Menyelamatkan Banyak TKI di Taiwan
caption

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dikenal sebagai pahlawan devisa negara. Bekerja di luar negeri, para TKI baik perempuan atau pria biasa mengirim gaji mereka ke keluarga di kampung halaman. Salah satu negara tujuan TKI yang populer adalah negara Taiwan.

Kisah mereka saat bekerja di negara asing tidaklah selalu berakhir bahagia. Beberapa TKI memiliki kisah pahit yang beragam. Seperti beberapa TKI perempuan yang biasanya bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART). Ada yang tidak digaji, ada yang mendapatkan penganiayaan oleh majikan, bahkan ada yang dilecehkan.

Di negara Taiwan, untung saja ada seorang penyelamat bagi para TKI bermasalah tersebut. Perempuan cantik yang biasa dipanggil Mbok Cikrak adalah mantan TKI yang mempunyai niat baik untuk menyelamatkan mereka dari ketidakadilan saat bekerja.

Berikut profil dari Mbok Cikrak, perempuan Indonesia penyelamat TKI bermasalah di Taiwan yang dikutip dari kanal YouTube HakkaTV.

Mantan TKI yang Sudah Lama Tinggal di Taiwan

Mbok Cikrak dan putrinya/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL
Mbok Cikrak dan putrinya/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL

Mbok Cikrak awalnya juga seorang TKI yang bekerja sebagai ART pada sebuah keluarga pada tahun 2000. Dia datang ke Taiwan di usia 18 tahun dan bekerja sebagai ART selama tiga tahun. Bersama majikan pertamanya, dia masih sangat akrab dan sudah dianggap sebagai keluarga.

Saat ini, perempuan yang berhijab itu telah dikaruniai satu putri dan satu putra yang sudah beranjak remaja. Tinggal di Taiwan sudah sekitar 20 tahun, Mbok Cikrak telah berpindah kewarganegaraan dari Indonesia menjadi Taiwan.

Motivasi Menyelamatkan TKI Bermasalah

Sudah banyak TKI yang terselamatkan oleh Mbok Cikrak/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL
Sudah banyak TKI yang terselamatkan oleh Mbok Cikrak/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL

Dia memulai misi penyelamatan tanpa ada bayaran ini sudah sejak lama. Mbok Cikrak akan meminjamkan uangnya bagi TKI bermasalah yang ingin pulang namun tidak punya uang. Perjanjian yang dilakukan adalah uang akan dibayarkan sesampainya di Indonesia.

Motivasi Mbok Cikrak melakukan pekerjaan mulia ini adalah rasa kasihan pada mereka yang bermasalah di negara asing tanpa ada kenalan yang membantu. Maka dari itu, Mbok Cikrak ingin menjadi seseorang yang membantu mereka pulang sampai masalah selesai.

Mengurus TKI Bermasalah Bersama Sahabatnya

Mbok Cikrak selalu merias TKI sebelum masuk ke pesawat/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL
Mbok Cikrak dan sahabatnya selalu merias TKI sebelum masuk ke pesawat/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL

Mbok Cikrak yang memiliki nama Tionghoa Hu Ai Cia ini memiliki misi untuk membantu para TKI bermasalah yang ingin pulang ke Indonesia. Dia juga membantu untuk menyelesaikan masalah perizinan yang dihadapi oleh tenaga kerja ilegal yang ingin pulang.

Proses yang dilakukan oleh Mbok Cikrak adalah membawa mereka ke kantor imigrasi Taiwan untuk menyerahkan diri tanpa harus dipenjara. Dengan begitu, para TKI bermasalah tersebut bisa mendapatkan paspor untuk akhirnya bisa pulang ke Indonesia.

Mbok Cikrak tidak sendiri untuk mengurus para TKI bermasalah. Dia bersama empat orang sahabatnya yang juga berasal dari Indonesia bekerja sama melakukannya. Masing-masing dari mereka memiliki nama Tionghoa Xu Da Lin, Liu Yu Shan Xie Mei Ling, dan Sun Jia Ying.

Mengantar ke Bandara untuk Pulang

Mbok Cikrak mengurus kepulangan TKI bermasalah/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL
Mbok Cikrak mengurus kepulangan TKI bermasalah/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL

Di pagi hari buta, Mbok Cikrak sudah sampai di Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan untuk mengurus kepulangan para TKI. Diberikan olehnya surat-surat penting dan panduan bagi para TKI agar kepulangan mereka berjalan dengan lancar.

Pada saat waktunya pesawat akan berangkat, Mbok Cikrak satu-satu menyalami dan memeluk para TKI tersebut. Bukan hanya perempuan, segelintir dari rombongan ada beberapa pria Indonesia dengan nasib yang sama. 

Penyelamatan Mbok Cikrak sama sekali tidak memandang gender, juga tidak memandang kewarganegaraan. Ada banyak tenaga kerja asal Filipina, Vietnam, dan Thailand yang telah dibantunya. 

Menjadi Idola dari Banyak Tenaga Kerja di Taiwan

Mbok Cikrak dan TKI yang diselamatkannya/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL
Mbok Cikrak dan TKI yang diselamatkannya/ Foto: facebook.com/Mbok Cikrak REAL

Awal mula Mbok Cikrak menjadi terkenal di kalangan TKI dan tenaga kerja asing lain di Taiwan adalah berkat aktifnya dia di media sosial. Perempuan yang merupakan ibu dari dua anak itu sering mendokumentasikan proses pengantaran para TKI di akun media sosialnya.

Pengikutnya yang sudah mencapai 250 ribu orang adalah kebanyakan para TKI, termasuk juga tenaga kerja asal Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Korea. Dia adalah sosok idola dari banyak tenaga kerja asing di Taiwan. 

Dari kisah inspiratif tentang Mbok Cikrak yang dengan tulus membantu TKI bermasalah di atas, semoga bisa menginspirasi Beauties untuk menebar kebaikan, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id