sign up SIGN UP

Sebelum Membeli Rumah, Kenali Dulu Macam KPR dan Jenis Perjanjiannya!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 17:30 WIB
Sebelum Membeli Rumah, Kenali Dulu Macam KPR dan Jenis Perjanjiannya!
caption

Semenjak era globalisasi, kecenderungan masyarakat khususnya anak muda bergeser. Misalnya saja dalam hal pengeluaran yang saat ini lebih menitik beratkan kepada kepuasan sesaat.

Nah, tak heran jika ada isu bahwa nantinya anak muda bakal susah untuk membeli rumah. Tapi tentu hal tersebut tidaklah mustahil jika diupayakan dari sekarang. Hal ini bisa dimulai dengan mengedukasi diri akan literasi keuangan untuk membeli rumah. Seperti pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebelum membeli rumah.

Nah, apa sih KPR itu? Apa saja jenisnya? Simak selengkapnya disini!

Apa Itu Kredit Pemilikan Rumah (KPR)?

Kredit pemilikan rumah alias KPR
KPR/foto: pinterest.com/Equus Mallorca

Kredit Pemilikan Rumah alias KPR merupakan salah satu produk kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah khusus untuk pembelian rumah. Seiring perkembangannya, KPR juga bisa digunakan untuk keperluan perbaikan maupun pembangunan rumah.

Singkatnya, KPR adalah cicilan untuk membeli, merenovasi, maupun membangun tempat tinggal, baik itu rumah, apartemen, maupun Ruko. 

Apa Saja Jenisnya?

macam KPR ada dua
Jenis KPR/foto: pinterest.com/Equus Mallorca

Menurut Otoritas Jasa keuangan, berdasarkan skema pembiayaannya KPR dibagi menjadi dua jenis: KPR Subsidi dan KPR Non-Subsidi (Komersial).

KPR Subsidi sendiri diperuntukkan bagi Masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam rangka memenuhi kebutuhan papan. Adapun bantuan yang diberikan berupa keringanan kredit dan subsidi dana pembangunan maupun perbaikan rumah.

Adapun KPR Non-Subsidi atau KPR Komersial adalah kredit yang ditujukan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dalam KPR Non-Subsidi, penentuan besar kecilnya jumlah kredit didasarkan atas kebijakan masing-masing bank yang bersangkutan.

Apa Saja Jenis Perjanjian dalam KPR?

perjanjian dalam kpr terbagi dalam dua jenis
perjanjian/foto: pinterest.com/Ladders

Dalam perjanjian kredit rumah, ada dua macam jenis pembiayaan yang biasa digunakan yaitu KPR dengan sistem konvensional dan KPR Syariah. Pada KPR Konvensional, perjanjiannya didasarkan atas suku bunga tertentu yang sifatnya fluktuatif (turun-naik) ataupun kebijakan internal dari bank yang bersangkutan.

Sedangkan, KPR Syariah alias Pembiayan Pemilikan Rumah (PPR) didasarkan atas ketentuan perjanjian yang sesuai dengan KUH Perdata dan juga fatwa MUI terkait masalah pembiayaan. Perjanjian yang ada dalam PPR diantaranya Mudharabah, Murabahah, Istishna, dan Musyarakah Mutanaqisah.

Itu tadi penjelasan singkat seputar Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Edukasi akan KPR dirasa penting agar masyarakat lebih sadar betapa investasi di masa depan sangat dibutuhkan.

Apalagi dalam proses pemenuhan kebutuhan primer papan satu ini. Bagaimana Beauties, tertarik untuk memulai kredit rumahmu sekarang juga?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id