sign up SIGN UP

Kok, Jadi Merasa Bersalah dengan Ucapan yang Orang Lain Lontarkan? Hati-hati Terjebak Guilt Trip! Ini Cara Mengatasinya

Siti Mukaromah | Beautynesia
Rabu, 06 Oct 2021 23:30 WIB
Kok, Jadi Merasa Bersalah dengan Ucapan yang Orang Lain Lontarkan? Hati-hati Terjebak Guilt Trip! Ini Cara Mengatasinya
caption

Menjadi korban guilt trip atau manipulasi yang dilakukan oleh seseorang yang ada di sekitar kita memang bukan hal yang menyenangkan. Meskipun mereka mungkin melakukan manipulasi tanpa disadari, tetap saja akan membuat kita merasa tidak nyaman, karena seperti lagi dikendalikan.

Untuk mengatasi manipulasi yang terjadi, kamu bisa nih melakukan tindakan berikut ini, seperti dirangkum dari laman Very Well Mind:

Guilt trip, mental health
Pahami situasi/Foto: pexels.com/beststudio

Melihat Keadaan Secara Objektif

Ungkapkan pada lawan bicara, bila kamu dapat melihat bagaimana mereka membuat kamu dibuat untuk merasa bersalah, hingga kamu rela melakukan apa saja yang mereka inginkan. Jelaskan pada mereka bahwa berinteraksi dengan cara seperti itu hanya akan menimbulkan kebencian.

Membuat Batasan dengan Pelaku Guilt Trip

Menetapkan batasan dengan lawan bicara yang kamu tahu --dia tipikal si pelaku pembuat guilt trip, maka akan mengurangi resiko kamu terjebak dalam manipulasi yang biasa dia lakukan. Jadi kalau nggak penting-penting amat, mending nggak perlu untuk berhubungan dengannya ya, Beauties!

Guilt trip, mental health
Kurangi komunikasi/pexels.com/cooki_studio

Kurangi Komunikasi dengan Pelaku

Jika lawan bicaramu terus mencoba memanipulasimu dengan perasaan bersalah, sebisa mungkin kurangi interaksi dengan para pelaku. Karena, melindungi 'kesejahteraanmu' sendiri lebih penting dari pada harus menerima perasaan bersalah atau malu karena manipulasi yang telah dilakukan oleh lawan bicaramu.

Belajar untuk Berkata 'Tidak'

Kamu mungkin akan merasa tidak enak hati jika menolak permintaan dari para pelaku. Namun, memberi sikap yang tegas kepada diri sendiri dan pelaku manipulasi dengan berkata 'tidak', juga perlu dilakukan agar kamu tidak terus-menerus terjebak dalam perasaan tidak enak hati.

Beri Solusi Alternatif

Ini bisa jadi salah satu opsi yang bisa kamu lakukan jika kamu masih merasa sungkan untuk berkata 'tidak'. Kamu bisa menawarkan opsi lain ketika tidak bisa menerima permintaan dari para pelaku. Contoh: “Aku kurang bisa dalam bidang ini, tapi aku punya teman yang mahir dalam bidang ini. Bagaimana jika kukenalkan?”

Dari sini kamu bisa bersikap tegas dengan memberi pilihan pasti kepada pelaku, sehingga kecil kemungkinan mereka bisa membuatmu terjebak dalam perasaan bersalah.

Guilt trip, mental health
Jangan mudah baper/pexels.com/eman genetela

Jangan Terlalu Mudah Baper

Beauties, orang yang gampang baper atau bawa perasaan, biasanya akan menjadi sasaran empuk bagi para pelaku manipulasi. Jadi, sebisa mungkin jangan sampai kamu memperlihatkan kalau kamu sudah baper dalam situasi yang sedang dia bangun untuk memanipulasimu.

Itu dia, beberapa sikap yang bisa kamu ambil ketika mulai terjebak dalam situasi guilt trip. Meskipun peristiwa ini seringkali secara tidak sadar dilakukan oleh pelaku.

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI 


Our Sister Site

mommyasia.id