sign up SIGN UP

Kunjungi Pengungsi Yaman, Angelina Jolie Minta Media untuk Tingkatkan Kesadaran Kemanusiaan

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Jumat, 11 Mar 2022 19:00 WIB
Kunjungi Pengungsi Yaman, Angelina Jolie Minta Media untuk Tingkatkan Kesadaran Kemanusiaan
caption

Siapa yang tidak kenal dengan Angelina Jolie? Artis kelahiran Los Angeles ini tidak hanya memiliki paras yang cantik, namun hatinya juga cantik, Beauties. Selain menjadi artis, rupanya ia juga selalu aktif dalam kegiatan kemanusiaan

Baru-baru ini, Angelina Jolie melakukan kunjungan ke tempat pengungsian korban konflik di Yaman, tepatnya di kota Aden dan di Sana'a. Sebagai salah satu utusan khusus dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) atau Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Angelina Jolie meminta tolong kepada media untuk meningkatkan kesadaran kemanusiaan di Yaman.

Melansir dari situs resmi UNHCR, ia ingin memberitahukan kepada dunia bagaimana konsekuensi bencana dari konflik tujuh tahun pada rakyat Yaman yang mengakibatkan kehidupan mereka menjadi hancur. Berikut 5 potret kunjungan Angelina Jolie ke pengungsian Yaman.

Angelina Jolie Tiba di Aden, Yaman

Potret Angelina Jolie bersama korban konflik di Yaman
Potret Angelina Jolie bersama korban konflik di Yaman/Foto: twitter.com/Refugees

Pada Minggu (6/3) kemarin, Angelina Jolie bersama tim dari UNHCR tiba di Aden, Yaman. Ia menggunakan pakaian tertutup dan serba hitam yang dilengkapi dengan kerudung hitam. Kedatangannya itu bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para korban konflik di kamp pengungsian Yaman sekaligus meminta media untuk meningkatkan kesadaran kemanusiaan.

Angelina Jolie: Konflik Yaman Sebagai Krisis Kemanusiaan Terburuk di Dunia

Keadaan korban konflik di Yaman saat ini
Keadaan korban konflik di Yaman saat ini/Foto: instagram.com/angelinajolie

Melalui akun Instagram pribadinya, Angelina Jolie banyak mengunggah potret kondisi di Yaman saat itu yang menurutnya sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Selain itu, ia juga menuliskan sebuah caption yang membuat hati pembaca menjadi terenyuh.

"Situasi di sini adalah salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan satu warga sipil tewas atau terluka setiap jam di tahun 2022. Sebuah ekonomi hancur karena perang, dan lebih dari 20 juta Yemini bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup," tulis Angelina Jolie di akhir caption.

Bantu Tingkatkan Kesadaran Kemanusiaan

Angelina Jolie beri dukungan kepada korban konflik Yaman
Angelina Jolie beri dukungan kepada korban konflik Yaman/twitter.com/Refugees

Selain itu, Angelina Jolie berharap agar media meningkatkan kesadaran kemanusiaannya dengan memberi dukungan kepada korban konflik di pengungsian Yaman. Melansir dari situs resmi UNHCR, UNHCR berharap dengan adanya Angelina Jolie di sana bisa meningkatkan kebutuhan kemanusiaan di Yaman dan membantu memobilisasi dukungan mendesak untuk membantu masyarakat Yaman jelang KTT untuk Yaman pada 16 Maret mendatang.

Kunjungan Angelina Jolie di Sana'a, Yaman

Angelina Jolie bersama dengan anak-anak korban konflik Yaman
Angelina Jolie bersama dengan anak-anak korban konflik Yaman/Foto: instagram.com/angelinajolie

Angelina Jolie melanjutkan kunjungannya ke Sana'a untuk bertemu lebih banyak keluarga Yaman. Ia mengunggah momen tersebut ke akun Instagram miliknya dengan menuliskan caption berikut, "Lebih dari 4 juta orang Yaman terpaksa meninggalkan rumah mereka karena adanya kekerasan. Lebih dari setengah korban mereka adalah anak-anak." 

Angelina Jolie juga menambahkan, "Hanya 20 dari 130 keluarga di Yaman yang menerima jatah makanan dan bahkan untuk keluarga yang paling rentan ini jatahnya terbatas." Selain itu, Angelina Jolie juga merasa sedih akan keadaan guru di sana yang bekerja tidak digaji. Mereka harus berjalan kaki selama 3 jam setiap hari untuk sampai ke sekolah.

Potret Angelina Jolie Bersama Anak-anak di Sana'a

Potret Angelina Jolie bersama anak-anak di Sana'a
Potret Angelina Jolie bersama anak-anak di Sana'a/Foto: instagram.com/angelinajolie

Melalui akun Instagram miliknya, Angelina Jolie membagikan momen kebersamaannya lebih banyak lagi dengan warga Yaman. Ia juga menuliskan caption tentang keadaan anak-anak di sana yang sangat menyedihkan.

"Anak-anak sering datang ke sekolah dengan keadaan belum makan sama sekali," tulisnya pada salah satu unggahannya di Instagram. Ia juga menambahkan, "Tidak ada toilet atau fasilitas mandi dan sebagian besar anak-anak yang tinggal di sini tidak bersekolah."

Pada penghujung unggahannya tersebut, Angelina Jolie menyelipkan 5 poin penting soal kondisi tersebut. Pertama, kesepakatan untuk saling menghormati dan berkomitmen terhadap hukum kemanusiaan internasional. Kedua, perizinan untuk warga sipil yang ingin pergi dari daerah konflik. Ketiga, akses kemanusiaan bagi siapapun yang membutuhkan. Keempat, kesepakatan perdamaian. Kelima, permintaan dukungan agar PBB memberikan bantuan kepada Yaman karena bantuan yang baru terpenuhi hanya sebanyak 9 persen.

Semoga aksi Angelina Jolie tersebut bisa menggerakan banyak hati masyarakat dunia untuk mengulurkan bantuan kepada yang membutuhkan ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id