sign up SIGN UP

Lakukan 3 Cara Ini untuk Sembuhkan Inner Child, Si Luka Masa Kecil yang Bedampak ke Kehidupan Sekarang

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Sabtu, 08 Jan 2022 15:30 WIB
Lakukan 3 Cara Ini untuk Sembuhkan Inner Child, Si Luka Masa Kecil yang Bedampak ke Kehidupan Sekarang
caption
Jakarta -

Beauties, mungkin kamu sudah sering mendengar istilah inner child. Inner child adalah sisi anak-anak yang tinggal dan bersembunyi di balik diri seseorang. Sisi inilah yang mengingat setiap memori dan emosi yang pernah dialami seseorang saat masih kecil, baik yang indah maupun buruk.

Seseorang yang belum bisa menerima bahkan mengenali inner child yang terluka bisa berpengaruh pada kehidupan orang tersebut ketika tumbuh dewasa, seperti sulit menjalin hubungan asmara atau pertemanan dengan orang lain, nggak percaya diri, dan sebagainya. Oleh karena itu, penting untuk mengenali dan menerima inner child yang ada dalam diri kita.

Setelah itu, barulah kita bisa mengatasi inner child yang terluka. Lantas, bagaimana cara mengatasi inner child yang terluka akibat trauma masa kecil mendalam? Dilansir dari Health Line, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Kenali Inner Child-mu

Mengenal inner child tahapan penting dalam proses healing
Psikolog/Foto: pexels.com/Masha Raymers

Untuk mengatasi inner child yang terluka akibat pengalaman pahit di masa kecil, kamu harus mulai dengan mengenalnya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan apa, sih yang menyebabkan inner child-mu terluka. 

Proses ini akan sedikit sulit, bahkan kamu sendiri mungkin nggak tahu kenangan mana yang menyebabkan sisi anak kecil dalam dirimu terluka. Oleh karena itu, nggak ada salahnya untuk meminta bantuan psikolog dan psikiater jika kamu sulit mengatasi kondisi ini sendirian. 

Dengarkan Apa yang Ingin Disampaikan Oleh Inner Child

Dengarkan apa yang ingin disampaikan oleh inner child
Masa kecil/Foto: pexels.com/Leah Kelley

Setelah mengenali inner child-mu, langkah selanjutnya adalah mendengarkan apa saja yang ingin disampaikan oleh sisi anak-anak yang ada di dalam diri sendiri. Jika benar-benar diperhatikan dan dirasakan, bisa jadi ada sebagian dari diri kamu yang selama ini mungkin berusaha keras untuk dipahami dan dimengerti. 

Selain itu, mungkin kamu juga bisa menemukan jawaban dari perasaan, seperti diabaikan, bersalah, malu, dan emosi negatif lainnya yang selama ini kamu rasakan. Sebab, dengan mendengarkan apa yang disampaikan oleh inner child ini, kamu akan mengingat kembali peristiwa tertentu di masa kecil yang melukai perasaanmu. 

Menulis Surat untuk Diri Sendiri

Cobalah dengan menulis surat untuk diri sendiri
Healing dari luka masa kecil/Foto: pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Mungkin kamu bertanya-tanya untuk apa menulis surat untuk diri sendiri? Well, meskipun menulis terlihat sepele, tapi dampak yang diberikan cukup besar, lho dalam proses healing dari inner child yang terluka. Melalui tulisan, kamu bisa menulis tentang kenangan masa kecil dari sudut pandangmu sebagai orang dewasa. 

Nggak hanya itu, kegiatan tulis-menulis ini juga bisa menenangkan sebagian dari rasa sakit yang tersisa dari masa kecil. Jika sulit, kamu bisa memulainya dengan menanyakan kabar diri sendiri atau menawarkannya bantuan. Intinya, anggaplah inner child ini sebagai teman yang lagi membutuhkan pertolonganmu.

Itulah, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi inner child yang terluka. Jika sulit dilakukan sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan psikolog atau psikiater, ya, Beauties. 

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id