sign up SIGN UP

Mahasiswi Surabaya Ini Magang di New York dengan Gaji Rp30 Juta, Siapakah Dia?

Dhea Salsabila | Beautynesia
Selasa, 31 Aug 2021 15:30 WIB
Mahasiswi Surabaya Ini Magang di New York dengan Gaji Rp30 Juta, Siapakah Dia?
caption
Jakarta -

Setiap mahasiswa yang akan atau sudah lulus kuliah pasti ingin segera mendapatkan pekerjaan. Namun, kamu tidak harus terburu-buru mencari pekerjaan secepatnya, Beauties. Kamu bisa mencari pengalaman kerja melalui program magang sebagai salah satu alternatif.

Selain mendapatkan ilmu, magang juga memberi banyak manfaat seperti menambah pengalaman, relasi, hingga memperoleh uang saku. Seperti yang dilakukan Elvira Siska Erawati, perempuan asal Surabaya yang ikut serta dalam program magang internasional dari College of Food, Agricultural, and Environmental Sciences, di The Ohio State University.

Elvira Siska Erawati, perempuan asal Surabaya yang ikut serta dalam program magang internasional dari College of Food, Agricultural, and Environmental Sciences, The Ohio State University.
Elvira Siska Erawati/foto: instagram.com/elvirasiskaa

Elvira Siska Erawati mengikuti program magang di luar negeri selepas lulus kuliah. Elvira merupakan lulusan Universitas Brawijaya di Malang jurusan Agroekoteknologi. Perempuan kelahiran 1997 ini memungkinkan dirinya untuk bekerja di perusahaan termukaka bertaraf internasional.

Ia sangat erat dengan bidang pertanian dan tumbuhan, sehingga berkesempatan magang di salah satu taman kota yang popular di New York. Dikutip dari HaiBunda dalam kanal YouTube CXO Media, Elvira  berkesempatan magang di Old Westbury Garden di kota New York, Amerika Serikat.

Ia beraktivitas di kebun lima hari dalam seminggu selama 8 jam dengan waktu 1 jam istirahat setiap harinya, kemudian Elvira menghabiskan waktunya di rumah kebun atau greenhouse. Ia menata tanaman yang ada di sana, merawatnya, hingga membudidayakannya. Seru banget, ya!

Elvira menghabiskan waktunya di rumah kebun atau greenhouse
Elvira di Old Westbury Garden, New York/foto: instagram.com/elvirasiskaa

"Aku magang di Old Westbury Garden, New York. Di sana, aku mempelajari aneka tanaman yang tumbuh di negara empat musim. Aku belajar mengenai kebun, tanaman, dan hewan apa saja yang cocok untuk suatu komunitas tanaman," kata Elvira.

Kerja keras Elvira terbayar dengan gaji yang sangat fantastis untuk ukuran standar Indonesia meski baru taraf magang, lho. Ia mendapatkan gaji 14US per jam, jika dihitung dalam sehari ia bekerja 8 jam, Elvira bisa mendapatkan sekitar Rp1,5 juta perharinya. Itu artinya, dalam sebulan Elvira mendapatkan uang sekitar Rp30 juta. Jumlah yang sangat fantastis, bukan?

Proses gaji Elvira diterapkan dengan sistem 2 minggu sekali, yang diberikan dalam bentuk paycheck dan  bisa langsung dicairkan ke rekening pribadinya. Namun, tak hanya mendapatkan gaji yang fantastis, Elvira juga mendapatkan fasilitas lain sebagai peserta magang The Ohio Program seperti rumah gratis lengkap dengan seluruh fasilitasnya dan mobil yang dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari selama magang.

Belajar Mengatur KeuanganPerlunya mengatur keuangan/ Foto: Ruhil Anadiah Sabrina

Meski begitu, Elvira mengatakan bahwa ia harus pandai dan berhati-hati mengatur keuangan selama di luar negeri. Sebab menurutnya, diperlukan adaptasi untuk hidup seorang diri di negara asing tanpa orang tua.

"Ada satu hal yang aku rasakan telah berubah dari diriku sejak magang di Amerika, yaitu kemandirian. Karena di sini hidup serba sendiri jauh dari orang tua, jadi aku mengatur semuanya sendirian," ujar Elvira.

Kegiatan favorit Elvira yakni menanam sukulen.
Elvira Siska Erawati/foto: instagram.com/elvirasiskaa

Selama magang di Amerika Serikat, Elvira sangat menikmati pekerjaannya. Ia merawat kebun dengan sepenuh hati, hingga melakukan salah satu kegiatan favoritnya yakni menanam sukulen.

Saat akhir pekan, Elvira dan teman-temannya pun sering menghabiskan waktu dengan berkunjung ke berbagai taman di New York. Selain pergi piknik, ia juga bisa mempelajari tanaman di sana.

Nah, Beauties, tertarik untuk mencoba program magang seperti yang dijalani Elvira?


Our Sister Site

mommyasia.id