sign up SIGN UP

Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2022, Ini Sosok Debeasinta Budiman yang Bikin Aplikasi Super Bantu Masyarakat di Pelosok

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 26 Jun 2022 16:00 WIB
Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2022, Ini Sosok Debeasinta Budiman yang Bikin Aplikasi Super Bantu Masyarakat di Pelosok
caption

Forbes telah merilis daftar anak muda penuh inspirasi dalam Forbes 30 Under 30 Asia 2022, di mana 30 anak muda berprestasi asal Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar tersebut. Mulai dari pengusaha, content creator, artis, hingga atlet. Salah satu sosok inspiratif yang menarik perhatian adalah Debeasinta Budiman.

Bersama dengan rekannya, Garret Koeswandi, nama mereka masuk ke dalam kategori Retail & E-commerce melalui Aplikasi Super yang mereka bangun untuk mendistribusikan sembako dan barang kebutuhan pokok ke kota kecil dan daerah pelosok. Penasaran dengan sosok Debeasinta Budiman? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini!

Latar Belakang Pendidikan

Mengenal Debeasinta Budiman
Debeasinta Budiman dan Garret Koeswandi/Foto: Instagram.com/forbesindonesia

Mengutip dari laman Linkedin pribadinya, perempuan yang akrab disapa Debby ini merupakan alumni SMA Stella Duce 1, Yogyakarta. Lulus SMA, Debeasinta melanjutkan pendidikan D3 di Diablo Valley College, California, mengambil jurusan bisnis.

Debeasinta sangat aktif dalam berbagai aktivitas dan kegiatan sosial semasa kuliah. Lulus dengan predikat Summa Cum Laude, Debeasinta melanjutkan pendidikan S1 di University of California mengambil jurusan administrasi bisnis dan manajemen, kemudian lulus dengan predikat Cum Laude.

Memiliki Banyak Gelar Kehormatan

Mengenal Debeasinta Budiman
Debeasinta Budiman dan Garret Koeswandi/Foto: Forbes.com

Selama duduk di bangku kuliah, perempuan yang juga menguasai bahasa Jepang ini telah mengantongi banyak gelar kehormatan, lho! Beberapa di antaranya adalah Highest Standard of Enthusiastic Award, The Best Fundraiser, Chapter President Award, Chapter Advisors Award, Presidential Volunteer Service Award, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Debeasinta juga sering menjuarai beberapa perlombaan semasa kuliah. Sebut saja Business Ethics Case Study Competition di mana Debeasinta menduduki peringkat ketiga dan Effective Human Resources Empowerment Case Study Competition di mana Debeasinta menduduki peringkat kedua.

Pernah Bekerja untuk Google

Mengenal Debeasinta Budiman
Debeasinta Budiman dan Garret Koeswandi/Foto: Forbes.com

Sebelum menjadi Co-founder dan Product Development Executive untuk Aplikasi Super, perempuan berusia 28 tahun ini pernah bekerja di perusahaan Google sebagai Search Localization Analyst selama satu tahun, lho!

Debeasinta memiliki peranan penting dalam menganalisis data untuk kebutuhan klien dan menyesuaikannya berdasarkan linguistik, kualitas, dan kesesuaian produk. Selama bekerja di Google, Debeasinta telah berhasil menyelesaikan 20 proyek berbeda dalam satu tahun.

Apa Itu Aplikasi Super? 

Mengenal Debeasinta Budiman
Debeasinta Budiman dan Garret Koeswandi/Foto: Forbes.com

Berkat keberhasilannya membangun Aplikasi Super, Debeasinta Budiman dan Garret Koeswandi terpilih menjadi perwakilan anak muda Indonesia dalam Forbes 30 Under 30 Asia 2022. Sebenarnya apa Aplikasi Super itu?

Diluncurkan tahun 2018, Aplikasi Super merupakan perusahaan rintisan perdagangan sosial yang berupaya menurunkan harga barang-barang konsumsi di kota kecil dan daerah pedesaan di Indonesia. Berfokus pada bagian timur Indonesia yang kurang berkembang, Aplikasi Super beroperasi di kota-kota dengan PDB per kapita tidak lebih dari Rp74,1 juta.

Aplikasi Super saat ini telah melayani 30 kota di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, serta telah mengantongi total Rp533,5 miliar dari beberapa investor, termasuk Jay-Z. Ide berdirinya Aplikasi Super sendiri berasal dari motivasi Debeasinta untuk membantu orang-orang di daerah pelosok karena sering diajak keluarganya mengunjungi daerah pedesaan saat Debeasinta masih kecil.

Itulah profil singkat Debeasinta Budiman yang sangat menginspirasi. Tidak heran jika Debeasinta Budiman masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2022 karena keberhasilan Aplikasi Super telah membawa pengaruh besar untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pelosok.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id