sign up SIGN UP

Megah Banget! Ini 5 Fakta Menarik Seputar Pembangunan Istana Presiden di IKN Baru

Ghena Oktafira | Kamis, 13 Jan 2022 09:00 WIB
Megah Banget! Ini 5 Fakta Menarik Seputar Pembangunan Istana Presiden di IKN Baru
Istana Garuda di IKN baru/Foto: Instagram/nyoman_nuarta
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, I Nyoman Nuarta, seniman patung yang terpilih untuk mendesain bangunan istana kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, mengunggah video serta foto-foto desain istana dalam akun Instagram miliknya. Unggahan tersebut pun kebanjiran komentar dari netizen yang menilai desain istana baru ini terlihat sangat megah.

Bahkan, Nyoman juga mengungkapkan bahwa ia telah mendapatkan persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) perihal desain tersebut. Berikut sejumlah fakta menarik dibalik rencana pembangunan istana kepresidenan yang baru. Yuk, simak ulasannya!

Tonjolkan Ciri Khas Indonesia Lewat Desain Burung Garuda

Fakta menarik di balik pembangunan istana kepresidenan
Desain Istana Kepresidenan oleh Nyoman/Foto: Instagram.com/nyoman_nuarta

Guna menonjolkan ciri khas negara, Nyoman memilih burung Garuda yang tengah mengepakkan sayapnya sebagai bentuk dari bangunan istana. Menurutnya, desain ini merupakan ikon yang paling tepat untuk menyatukan keragaman budaya di Indonesia, mengingat bahwa burung Garuda sendiri sudah disetujui sebagai lambang negara.

Pria 70 tahun itu juga mengungkapkan bahwa nantinya sayap Garuda akan membentang sejauh 170 meter dengan tinggi 76 meter atau sekitar 4 lantai. Uniknya, pada desain akan disisipkan pula tanggal kemerdekaan Indonesia yakni 17-8-1945 (17 Agustus 1945) di setiap helai bulu burung Garuda.

Dengan begitu, Nyoman percaya bahwa istana kepresidenan Indonesia yang baru ini pasti akan berbeda dari desain istana di berbagai negara lainnya dan menjadi satu-satunya di dunia.

Dibangun di Atas Puncak Bukit Sepaku

Fakta menarik di balik pembangunan istana kepresidenan
Presiden Jokowi di Bukit Sepaku/Foto: Instagram.com/jokowi

Sejak 2019 lalu, Presiden Jokowi telah menetapkan bahwa kecamatan Sepaku akan menjadi pusat dari IKN baru di Kalimantan Timur. Lokasi istana sendiri direncanakan akan dibangun di atas puncak bukit Sepaku diikuti dengan gedung pemerintahan lainnya yang berada tak jauh dari bangunan istana. Luas wilayah IKN kurang lebih sekitar 256 ribu hektar dengan luas Kawasan Inti Pusat Pemerintahan sebesar 100 ribu hektar dan Kawasan IKN sebesar 5,6 ribu hektar.

Memperhatikan Sisi Ramah Lingkungan

Fakta menarik di balik pembangunan istana kepresidenan
Ilustrasi Botanical Garden/Foto: Pexels.com/Daniel Frese

Mengusung konsep Forest City, IKN baru diharapkan dapat menjadi kota paling sustainable atau berkelanjutan di dunia. Hal ini diwujudkan melalui pembangunan istana yang hanya memakan luas lahan sebesar 8 persen saja, sedangkan sisanya yakni 92 persen lagi akan dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau yang ditanami berbagai jenis pohon, salah satunya pohon eukaliptus. Selain itu, desain Garuda pada bangunan inti istana pun dirancang dengan memperhatikan sisi ramah lingkungannya mulai dari pencahayaan, ventilasi udara dan fungsi ruangan.

Anggaran Dana untuk Pembangunan IKN Capai Rp510 miliar

Sebagai salah satu proyek prioritas nasional (major project) di masa pemerintahan Presiden Jokowi, pembangunan IKN baru ini memperoleh alokasi anggaran mencapai Rp510 miliar. Dana ini tak hanya bersumber dari APBN saja, melainkan juga ada investasi pengelola swasta di dalamnya. Apabila dihitung dalam persen, maka investor memberikan dana hingga 81 persen sementara APBN menyumbang sisanya sebesar 19 persen.

Pembangunan Dimulai Setelah RUU IKN Disahkan

Fakta menarik di balik pembangunan istana kepresidenan
Upacara 17 Agustus 2024 direncanakan di IKN baru/Foto: Instagram.com/jokowi

Dikutip dari berbagai sumber, saat ini Rancangan Undang-undang (RUU) IKN tengah dalam proses pembahasan oleh tim perumus. Pemerintah terus berupaya agar RUU IKN ini bisa segera disahkan di akhir Januari 2022. Nantinya setelah resmi menjadi sebuah Undang-undang (UU), maka pembangunan wilayah IKN di Sepaku akan segera dimulai.

Adapun proyek pemindahan sistem pemerintahan ke IKN baru direncanakan mulai tahun 2024 mendatang. Tak tanggung-tanggung, presiden juga berharap pada 17 Agustus 2024, pelaksanaan upacara kemerdekaan dapat dilaksanakan di istana kepresidenan yang baru.

Megah banget, kan, desain calon istana kepresidenan yang baru ini? Semoga saja pemindahan IKN ke Sepaku, Kalimantan Timur juga akan berdampak pada kemajuan perekonomian masyarakatnya, ya!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id