Memiliki Konsep Unik, Restoran di Jepang Ini Mempekerjakan Pengidap Demensia

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 25 Nov 2022 15:00 WIB
Foto: Getty Images/iStockphoto/kazuma seki

Jepang memang negara yang unik. Mengulik tentang negara maju satu ini, kamu akan menemukan hal-hal yang cukup inovatif yang terkadang juga bikin geleng-geleng kepala. Jika kamu salah satu penggemar budaya Jepang dan ingin mendapatkan pengalaman unik di bidang kuliner maka kamu perlu mengunjungi restoran yang satu ini.

"The Restaurant of Order Mistakes" adalah nama restoran yang dimaksud. Beroperasi di Tokyo, restoran yang satu ini cukup terkenal hingga seluruh dunia karena keunikannya. Wah, seunik apa ya restoran tersebut? Jika kamu penasaran, simak faktanya berikut ini.

Menyajikan Hidangan yang Salah


Memesan makanan/ Foto: freepik.com/freepik

Normalnya, ketika sedang berada di restoran, kamu akan mendapatkan sajian makanan sesuai dengan menu yang kamu pesan. Namun jika kamu mengunjungi "The Restaurant of Order Mistakes", jangan harap kamu akan mendapatkan hidangan sesuai dengan apa yang kamu pesan.

Sesuai dengan namanya, di restoran ini kamu harus siap untuk menerima apapun yang disajikan oleh pramusaji meski menu yang terhidang sangat tidak sesuai dengan makanan yang kamu pesan.

Hal tersebut diungkapkan oleh laman Japan Inside, di mana kamu bahkan ketika memesan burger berakhir mendapatkan pangsit gyoza, namun jangan khawatir soal rasa, karena tidak kalah lezat.

Pramusaji Menderita Demensia


Menikmati makanan/ Foto: freepik.com/freepik

Bukan tanpa alasan kamu mendapatkan pesanan yang salah ketika mengunjungi "The Restaurant of Order Mistakes". Faktanya, pramusaji di restoran tersebut adalah orang yang memiliki demensia. Untuk kamu yang belum tahu, melansir dari laman Mayo Clinic, demensia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gejala yang memengaruhi ingatan, pemikiran, dan kemampuan sosial yang cukup parah dan bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Maka tidak heran jika pramusaji dengan demensia tersebut akan salah mengingat pesanan. Untuk itu, pelanggan harap memaklumi jika mendapatkan sajian menu yang bisa dikategorikan sebagai sebuah surprise.

Bentuk Kesadaran Akan Penyakit Demensia


Demensia pada orang tua/ Foto: freepik.com/jcomp

Keputusan pemilik restoran untuk membuka restoran dengan mempekerjakan orang dengan penyakit demensia mendapatkan pujian dari banyak orang. 

Dikatakan dalam laman resmi Mistaken Orders, bahwa restoran tersebut dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang demensia dan menyebarkan kebaikan ke seluruh dunia. Ada pesan yang ingin disampaikan pengelola restoran kepada khalayak bahwa selain lebih sadar tentang demensia, masyarakat perlu lebih berpikiran terbuka dan berperilaku hangat terhadap orang-orang dengan demensia. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)