sign up SIGN UP

6 Kebiasaan Self Love yang Cocok Dilakukan Pada Pagi Hari, Biar Harimu Lebih Menyenangkan

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 22 Feb 2022 17:00 WIB
6 Kebiasaan Self Love yang Cocok Dilakukan Pada Pagi Hari, Biar Harimu Lebih Menyenangkan
caption

Self love merupakan salah satu cara yang bisa dibangun untuk lebih menghargai diri sendiri dan merasakan hal-hal positif. Julia Jarrrold selaku terapis dan manajer konten klinis di salah satu platform kesehatan mental online mengatakan bahwa kebiasaan self love dapat membantu untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan diri sendiri dan berkontribusi pada harga diri dan kepercayaan diri yang lebih besar.

Salah satu waktu terbaik untuk membangun self love adalah di pagi hari saat pikiran masih fresh dan suasana yang masih segar. Dikutip dari Huffpost berikut adalah beberapa kebiasaan self love yang bisa dilakukan pada pagi hari.

Luangkan Waktu 5 Menit untuk Bermeditasi

Ilustrasi meditasi di kamar/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi meditasi di kamar/ Foto: Freepik.com

Kebiasaan pertama yang bisa dilakukan adalah meluangkan waktu 5 menit untuk bermeditasi. Meditasi membantu menenangkan pikiran dan memfokuskan kembali perhatian. Lakukan meditasi dengan tenang dan fokus pada cinta diri dan kekuatan batin.

Terapis sekaligus penulis Kristin Meekhof mengatakan bahwa meditasi pagi memberi perasaan tenang sehingga apabila pada siang hari segala sesuatunya menjadi stres, kamu bisa memikirkan meditasi yang telah memperdayakan di pagi hari.

Merapikan Tempat Tidur

Ilustrasi merapikan tempat tidur/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi merapikan tempat tidur/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya adalah merapikan tempat tidur. Psikolog yang berbasis di Atlanta, Rebecca Leslie merekomendasikan merapikan tempat tidur di pagi hari karena dengan merapikan tempat tidur, kamu bisa memulai hari dengan menyelesaikan sesuatu dan memprioritaskan diri sendiri. Berhasil merapikan tempat tidur bisa menjadi suatu pencapaian kecil tapi juga begitu berarti.

Pikirkan Tempat yang Membuat Bahagia

Ilustrasi membayangkan tempat indah/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi membayangkan tempat indah/ Foto: Freepik.com

Setiap orang kemungkinan memiliki tempat khusus di mana ia bisa membayangkan suasana yang tenang. Mungkin ada yang merasa tenang ketika membayangkan laut dan ada pula yang merasa tenang ketika membayangkan suasana pegunungan.

Hal ini sah-sah saja, karena keunikan dan perbedaan tiap orang adalah hal yang tidak terbantahkan. Hal terpenting adalah bisa merepresentasikan tempat tersebut untuk diingat dan memberikan sensasi lebih tenang.

Memberi Afirmasi untuk Diri Sendiri

Ilustrasi memberi afirmasi positif/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi memberi afirmasi positif/ Foto: Freepik.com

Afirmasi merupakan hal yang dapat membantu menangkis pikiran merugikan di pagi hari. Memberi afirmasi positif pada diri sendiri di pagi hari dengan mengatakannya secara proaktif akan memberi kesempatan untuk menetapkan niat dan pikiran positif dalam diri.

Setiap orang mungkin saja memiliki kalimat afirmasi positif yang berbeda-beda. Hal terpenting adalah dapat mengetahui seberapa berdampak kalimat tersebut untuk dikatakan pada diri sendiri.

Fokus Pada Sesuatu yang Disyukuri

Ilustrasi merasa bersyukur/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi merasa bersyukur/ Foto: Freepik.com

Mengekspresikan rasa terima kasih dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik dan harga diri yang lebih besar. Lia Manacao, seorang psikoterapis di California mengatakan bahwa rasa syukur di awal hari bisa dijaga dengan mengidentifikasi pengalaman yang disyukuri. Hal ini dapat membantu untuk memulai hari secara lebih positif.

Berterima Kasih pada Tubuh

Ilustrasi memahami perasaan/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi memahami perasaan/ Foto: Freepik.com

Setelah bangun, luangkanlah beberapa menit untuk berterima kasih kepada tubuh atas apa yang selama ini sudah dilakukan. Neha Chaudhary, kepala petugas medis BeMe Health mengatakan bahwa berterima kasih pada tubuh dapat membantu pada masa-masa frustasi yang tidak terhindarkan.

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id