Beberapa tahun belakangan ini, banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan di posisi social media marketing, digital marketing, dan social media specialist. Ketiga istilah tersebut mempunyai job desc tentang mengoptimalkan pemasaran sebuah perusahaan secara digital.
Jika kamu berminat atau baru mendapat pekerjaan di bidang ini, sebaiknya buang jauh-jauh pemikiran bahwa menjadi socmed specialist atau digital marketer berarti hanya main medsos dan bikin konten saja. Sebab, ada beberapa hal yang harus kamu pahami dalam pekerjaan ini. Apa saja ya?
1. Memahami SEO (Search Engine Optimization)
Dilansir dari Jeffbulas, kamu harus bisa menulis judul dan deskripsi produkmu dengan bahasa yang menarik perhatian dan mengikuti SEO dan muncul di Google, demi meningkatkan penjualan dan keterlibatan atau hubungan dengan komunitas. Selain itu, pastikan website, media sosial, atau YouTube resmi perusahaanmu mudah ditemukan.
2. Paham Visual
Sehari-hari kamu perlu bisa dan terbiasa bekerja sama dengan tim graphic designer untuk membuat konsep konten atau strategi pemasaran via media sosial. Kamu juga harus cakap dalam berkolaborasi dengan divisi marketing untuk merancang ilustrasi, judul yang menarik, dan warna yang mencuri perhatian.
3. Mengurusi Komunitas
Dilansir dari Edarabia, social media specialist juga bertugas dalam mengurusi dan berinteraksi langsung dengan followers atau target pasar perusahaan tempatnya bekerja dengan cara merespons pertanyaan, keluhan, komentar, dan pertanyaan mereka di laman medsos. Kamu harus bisa membuat mereka merasa related dengan produk, jasa, atau konten yang dijual dan memastikan produkmu bisa memenuhi kebutuhan mereka.
4. Berpikir Kreatif
Untuk menghasilkan konten yang melekat di ingatan target pasarmu, diperlukan pola pikir kreatif yang bisa saja hingga out of the box. Ciri khas dan keunikan konten tersebut dapat menjadi faktor kesuksesan pemasaran digitalmu, di mana kalimat atau visual kontenmu bisa menyentuh hati netizen dan membuat mereka tertarik pada produk yang ditawarkan.
5. Keterampilan Story Telling
Dilansir dari Social Media Center, sebagai socmed specialist, kamu ditantang untuk terampil merangkai kalimat yang menjual produk atau jasa dengan halus, atau "soft selling". Kamu mesti piawai mengedukasi produk dengan teknik penceritaan yang terkesan "curhatan" personal.
Kamu bisa melihat contohnya dari akun Instagram para selebriti dan public figure. Mereka mengawali caption endorsement-nya dengan kalimat seolah berbagi cerita tentang kebutuhan atau keluhan pribadinya yang terjawab dengan produk yang disebut pada akhir caption.
6. Mengoptimalkan Beragam Platform
Mempelajari trik marketing di berbagai platform adalah 'makanan sehari-harimu'. Kamu perlu memahami bagaimana mengiklankan produkmu di Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok dan menganalisis di platform mana iklanmu berhasil dan ramai komunitasnya. Kamu juga perlu memahami berbagai metode campaign, kisaran biaya, dan cara hacking marketing di berbagai platform, sesuai dengan target perusahaanmu bekerja.
7. Berorientasi pada KPI
Key Performance Indicator (KPI) adalah target yang ditentukan perusahaan terhadap karyawannya, yaitu: jumlah followers, subscribers, komentar, dan likes yang harus dicapai dalam kurun waktu yang ditentukan oleh perusahaan.
8. Mengikuti Trend
Mengikuti trend yang sedang menggeliat di masyarakat is a must untuk seorang social media specialist, karena ini menentukan konten yang kamu ciptakan bisa riding the wave atau mengikuti informasi yang sedang marak dicari.
Cobalah mengikuti berita, alat, aplikasi, ungkapan, kata-kata 'gaul', dan percakapan yang sering terdengar pada saat ini agar kontenmu relevan dan selalu segar.
9. Kemampuan Menganalisis
Masih dilansir dari Jefbulas, seorang socmed specialist perlu mengetahui konten apa yang berhasil dan yang gagal di jejaring sosial. Dengan kemampuan ini, kamu akan tahu konten seperti apa yang perlu lebih sering di-publish, dan konten mana yang tidak terlalu berhasil memancing audiens agar kamu tidak membuatnya lagi atau memperbaikinya di kemudian hari.
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!