sign up SIGN UP

Mengintip Sistem Empat Hari Kerja yang Dijalankan di Inggris, Para Pekerja Tetap Dapat Gaji Utuh lho, Beauties!

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Kamis, 30 Jun 2022 07:45 WIB
Mengintip Sistem Empat Hari Kerja yang Dijalankan di Inggris, Para Pekerja Tetap Dapat Gaji Utuh lho, Beauties!
caption

Beauties, pernah nggak, sih, kamu membayangkan kerja dalam seminggu hanya empat hari? Kemudian kita jadi bisa punya long weekend setiap minggunya? Nah, Beauties, sudah tahu belum kalau saat ini Inggris sedang melakukan uji coba kerja empat hari dalam seminggu?

Lalu, pertanyaan yang muncul adalah, “Apakah ada pengurangan gaji karena kerja hanya empat hari saja?” Jawabannya tidak. Para pekerja di Inggris tetap menerima gaji yang utuh tanpa adanya pengurangan.

Uji Coba Terhadap 3.300 Pekerja

Uji Coba Terhadap 3.300 Pekerja/Foto: Freepik/senivpetro
Uji Coba Terhadap 3.300 Pekerja/Foto: Freepik/senivpetro

Melansir dari CNN Indonesia, uji coba bekerja selama empat hari ini diterapkan terhadap 70 perusahaan dengan total jumlah pekerja sekitar 3.300 orang. Uji coba akan dilakukan selama enam bulan dengan imbalan tetap mendapatkan gaji utuh apabila para pekerja berkomitmen untuk mempertahankan produktivitas mereka.

Pihak-Pihak yang Menjalankan Program Ini

Pihak-Pihak yang Menjalankan Program Ini/Foto: Freepik/senivpetro
Pihak-Pihak yang Menjalankan Program Ini/Foto: Freepik/senivpetro


Masih dari sumber yang sama, program uji coba dilakukan oleh Autonomy, Think Tank, 4 Day Week Global nonprofit, serta 4 Day Week UK Campaign yang bekerja sama dengan para peneliti dari berbagai universitas, di antaranya Boston College, Cambridge University, dan Oxford University.

Negara-Negara yang Melakukan Uji Coba Empat Hari Kerja

Negara-Negara yang Melakukan Uji Coba Empat Hari Kerja/Foto: Freepik/Freepik
Negara-Negara yang Melakukan Uji Coba Empat Hari Kerja/Foto: Freepik/Freepik

Dilansir dari CNBC Indonesia, selain Inggris, sudah ada negara-negara lain yang menjalankan program ini, di antaranya:

  • Belgia, Februari lalu, para pekerja di Belgia telah memenangkan hak untuk bekerja selama empat hari dalam seminggu, tanpa pengurangan gaji.
  • Jerman, berdasarkan data World Economic Forum (WEF) durasi kerja di Jerman sekitar 34,2 jam dalam seminggu, membuat Jerman diketahui sebagai negara yang memiliki durasi kerja terpendek di Eropa.
  • Islandia, negara ini menjadi bukti bahwa dengan pengurangan hari kerja bisa membantu karyawan memiliki keseimbangan kesehatan dan kehidupan kerja, mengurangi tingkat stres dan kelelahan. Islandia menerapkan program ini dari tahun 2015 dan dijalankan secara massal, tanpa pemotongan gaji.
  • Jepang, dikenal memiliki warga yang pekerja keras, pemerintah di sana merekomendasikan perusahaan agar menerapkan kebijakan empat hari kerja dengan tujuan agar para pekerja mendapatkan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan.
  • Selandia Baru, untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi, Perdana Menteri Jacinda Ardern menerapkan sistem kerja empat hari dalam seminggu. Hal ini didasari dengan alasan agar para pekerja bisa menggunakan akhir pekannya untuk berkunjung ke tempat wisata lokal.

Menurut Beauties, bekerja selama empat hari dalam seminggu apakah efektif? Lalu, apakah Beauties ingin Indonesia juga menerapkan program yang sama?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id