STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Merasa Susah Menabung karena Terlalu Banyak Pengeluaran? Cek Pencerahan Ini Biar Jadi Sukarela Simpan Uang, yuk

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 26 Jan 2023 15:00 WIB
Merasa Susah Menabung karena Terlalu Banyak Pengeluaran? Cek Pencerahan Ini Biar Jadi Sukarela Simpan Uang, yuk
ilustrasi menabung/Foto: Getty Images/iStockphoto/RomoloTavani

Menabung merupakan saran yang sering dikatakan pada anak muda sejak kita masih berusia anak-anak. Bahkan, mungkin juga sejak kecil kamu sudah dibiasakan orang tua bila ingin membeli sesuatu, mesti menabung dulu.

Hal itu ada yang masih membiasakan sampai sekarang atau bisa juga sekarang sudah 'lupa' karena merasa sudah bisa beli apa-apa sendiri secara langsung tanpa menabung. Biasanya hal ini lebih mengarah ke konsumerisme yang membuat kamu sampai tidak punya tabungan sama sekali lagi di rekening. Imbasnya, kamu pun hidupĀ paycheck to paycheck.

Padahal menabung sangat berguna untuk terus dibiasakan buat kebaikan masa depan hingga hari tua juga, Beauties. Selengkapnya coba cek halĀ ini yang siapa tahu memberi kamu pencerahan.

1. Miliki Tujuan Menabung

Membeli rumah indent.Membeli rumah./ Foto: Freepik

Bagi sebagian besar orang, pembelian besar membutuhkan uang muka yang relatif tidak sedikit dan didapat dari hasil menabung dalam jangka waktu tertentu. Salah satu penyemangat kamu buat menabung, cobalah menentukan tujuan keuangan dalam mewujudkan keinginan jangka panjang, misalnya membeli tanah atau rumah untuk tempat tinggalmu nanti bersama keluarga kecilmu kelak.

Terlebih buat kamu yang merasa bukan tergolong orang-orang yang akan mendapat 'jatah dibelikan rumah' dari orang tua. Punya rumah tinggal sendiri pun dinilai penting untuk kehidupan kamu dan pasanganmu nantinya. Nah, untuk itu misalnya kamu bisa rutin menyisihkan uang selama 3-5 tahun untuk DP rumah, dengan begitu membuatmu jadi punya tujuan kenapa harus menabung.

2. Kelilingi Diri dengan Komunitas dengan Visi Sama

ilustrasi ibuIlustrasi berkumpul dengan komunitas yang sama/ Foto: iStock

Lingkungan memang dapat memberi pengaruh. Saat sekelilingmu terbiasa konsumtif, biasanya lebih mudah membuat kita mengikutinya, hingga mungkin sampai muncul perasaan 'dikucilkan' jika tak mengikuti.

Menurut Perencana Keuangan Ruisa Khoiriyah seperti dikutip dari CNBC Indonesia, pentingnya anak muda untuk bisa bijak mengelola keuangan, menyiapkan masa depan, dan ia menilai lingkungan yang suportif memang bisa memberikan pengaruh.

"Kalau perlu gabung dengan komunitas yang punya visi yang sama jadi punya temen ngobrol nggak merasa sendirian memikirkan masa depan," katanya.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE