Mudah Cemas, Tipe Kepribadian 'Neuroticism' Wajib Simak Kiat Ini agar Mudah Berbaur di Kantor Baru

Patricia Astrid Nadia | Beautynesia
Jumat, 21 Jul 2023 06:30 WIB
Foto: Freepik.com/odua

Punya potensi tapi kamu terlalu cemas untuk mengutarakan ide-idemu di depan rekan kerja barumu. Ujung-ujungnya kamu memilih diam. Sama halnya saat bersosialisasi dengan rekan kerja di tempat baru. Ketika kamu takut berbaur, kamu cenderung mudah menyalahkan tipe kepribadianmu yang pencemas. Tentu kamu nggak mau hal ini terjadikan?

Jangan khawatir, rasa cemas untuk bersosialisasi di lingkungan kerja bisa diatasi kok! Beauties dengan tipe kepribadian Neuroticism (N) dalam teori OCEAN, yuk simak tips berikut yang dirangkum dari situs Simply Psychology dan Buku Theories of Personality dari karya Jess Feist dan Gregory Feist!

1. CBT atau Cognitive Behavior Therapy dengan Profesional


CBT untuk kelola pola pikir dan perilaku. Foto freepik.com/drobotdean

Costa dan Mc Crae, membuktikan tipe kepribadian N dari teori OCEAN dengan skor tinggi dicirikan sebagai orang yang mudah cemas, sulit mengelola emosinya. Termasuk cemas dalam bersosialiasi di lingkungan baru.

CBT sebagai terapi pikiran dan perilaku akan membuka pikiran Beauties untuk nggak mengeneralisir sesuatu. Misalnya, kamu berpikir semua rekan kerja adalah orang yang tak bisa menghargai kamu maka perilaku yang muncul, kamu enggan menyapa rekan kerjamu. Tapi lewat CBT, Beauties akan ditantang untuk menata pikiran kalau tidak semua rekan kerja itu cuek dan tidak mengapresiasi kamu.

Setelah menata pikiran dengan netral dan logis, kamu pun akan lebih berani berbaur di kantor baru. Pastikan kamu lakukan teknik CBT ini didampingi profesional ya, Beauties. 

2. Latih Mindfullness


Latih Mindfullness. /Foto freepik.com/dmytro_sidelnikov

Daripada memikirkan sesuatu yang sudah lama terjadi atau belum terjadi, sebaiknya kamu fokus di kondisi saat ini. Misalnya saat di kantor dan mau menyapa rekan kerja, kamu bisa memikirkan beberapa hal, seperti topik yang mau kamu bahas dengan rekan kerja baru.

Kenali juga kondisi perasaanmu saat itu dan kamu nggak perlu terlalu baper kalau ternyata ada rekan kerja yang berperilaku tidak sesuai ekspektasimu. Namun yang terpenting, hindari untuk berasumsi atau menduga-duga sebelum kamu berkomunikasi langsung dengan rekan kerja barumu itu, Beauties.

(dmh/dmh)