STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Negara Nepal Punya Bentuk Bendera Nasional yang Paling Beda Sendiri, Ternyata Ini Alasannya!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Jumat, 30 Sep 2022 08:00 WIB
Negara Nepal Punya Bentuk Bendera Nasional yang Paling Beda Sendiri, Ternyata Ini Alasannya!

Setiap negara pasti memiliki bendera nasional yang menunjukkan identitas bangsa dan negara. Rupa bendera nasional di seluruh dunia umumnya berbentuk persegi panjang dengan menggunakan campuran warna atau lambang tertentu.

Tapi, tahukah kamu, ada satu negara dengan bentuk bendera yang berbeda dari negara lainnya? Negara itu adalah Nepal.

Nepal adalah sebuah negara di pegunungan Himalaya yang terkurung daratan di Asia Selatan. Negara ini merdeka dari Inggris tahun 1923.

Bendera nasional Nepal adalah satu-satunya bendera nasional di dunia saat ini yang tidak berbentuk segi empat (non-quadrilateral). Melainkan, benderanya terdiri dari dua bentuk panji (bendera segitiga) yang bersatu. Bendera ini mulai resmi dipakai pada tanggal 16 Desember 1962.

Bentuk Bendera Negara Nepal

bendera-negara-nepal
Bendera nasional Nepal/Foto: iStockphoto/Derek Brumby

Nepal memilih bendera nasional berbentuk segitiga karena bendera segitiga merupakan bendera tradisi di Nepal yang sudah dipakai sekitar 2000 tahun. Bahkan, cara menggambar bendera Nepal ditentukan dalam sebuah undang-undang.

Mengutip laman Encyclopaedia Britannica, bendera Nepal berbentuk dua buah segitiga yang saling tumpang tindih, dengan warna dasar merah crimson dan garis tepi biru tua. Terdapat lambang bulan sabit warna putih yang memancarkan 8 sinar di bagian atas, serta lambang matahari putih dengan 12 sinar di bagian bawah.

Warna merah pada bendera melambangkan keberanian dan biru melambangkan perdamaian. Warna merah juga diadopsi dari warna bunga rhododendron, bunga nasional Nepal.

Kemudian, lambang bulan sabit dan matahari mengungkapkan harapan bahwa negara Nepal akan memiliki umur panjang seperti matahari dan bulan. Bulan juga melambangkan cuaca Himalaya yang menyenangkan, sedangkan matahari melambangkan panas dan suhu yang lebih tinggi di daerah dataran rendah Nepal.

Mengapa Bendera Nepal Berbeda?

Bendera NepalBendera Nepal/ Foto: (Reuters)

Mengutip detikTravel yang merangkum dari berbagai sumber, ada tiga versi pendapat yang menjelaskan mengapa bendera Nepal berbentuk dua segitiga.

Versi pertama, bentuk dua segitiga itu melambangkan wilayah Nepal yang berupa Pegunungan Himalaya.

Kedua, dua segitiga melambangkan bendera-bendera kerajaan Hindu dan Buddha di Asia zaman dulu. Filosofi ini sengaja dipertahankan Nepal, mengingat Buddha dan Hindu merupakan dua agama resmi di negara ini.

Ketiga, dua segitiga pada bendera Nepal melambangkan dua dinasti yang pernah berkuasa di negara itu, yakni dinasti Shah dan Rana.

Jadi, sudah terjawab ya Beauties, ada apa makna di balik bendera negara Nepal yang beda sendiri ini. Semoga bermanfaat!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE