sign up SIGN UP

Nggak Boleh Asal, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memberi Hadiah pada Anak saat Pembagian Rapor

Nadya Quamila | Beautynesia
Minggu, 03 Jul 2022 09:30 WIB
Nggak Boleh Asal, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memberi Hadiah pada Anak saat Pembagian Rapor
caption
Jakarta -

Setelah satu semester pembelajaran berakhir, tibalah saat pembagian rapor bagi para pelajar. Biasanya, para pelajar akan merasa bersemangat karena itu tandanya waktu liburan sudah di depan mata. Tak hanya itu, banyak orangtua yang biasanya juga memberikan hadiah bagi anak saat pembagian rapor sebagai bentuk apresiasi atas kerja kerasnya selama ini.

Memberikan hadiah saat pembagian rapor sebenarnya tidak hanya untuk anak yang mendapatkan ranking tertinggi atau pencapaian akademik bagus saja. Terlepas dari nilai-nilai di rapor, kerja keras mereka selama mengikuti pembelajaran, perilaku baik yang ditunjukkan, serta pembelajaran non-akademik juga pantas diapresiasi. Sebab, memberi hadiah dapat membantu mendorong perilaku positif dan sehat pada anak serta dapat meningkatkan harga diri dan citra diri mereka.

Namun memang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua ketika memberi hadiah pada anak saat pembagian rapor. Apa saja? Dihimpun dari Cleveland Clinic, yuk simak ulasannya berikut ini!

Pilih Momen yang Tepat

Parenting Tips: Cegah Pola Asuh Ini agar Anak Tidak Tumbuh Menjadi Strawberry GenerationIlustrasi ibu dan anak/Foto: Pexels.com/Yan Krukov

Mengapresiasi kerja keras dan prestasi anak dengan memberikan hadiah memang terkadang bukan hal yang mudah. Di satu sisi, kamu sebagai orangtua mungkin selalu ingin memberi hadiah setiap anak mencetak suatu prestasi.

Namun menurut psikolog anak Emily Mudd, berikan hadiah pada anak di momen yang tepat. "Gunakan hadiah untuk satu perilaku tertentu pada satu waktu," kata Dr Mudd.

Jika kamu terlalu sering memberikan hadiah di banyak kesempatan, bisa jadi anak malah berharap akan selalu diberi hadiah. Selain berdampak kurang baik bagi perkembangan anak, kamu juga pada akhirnya akan merasa kewalahan. Nah, pembagian rapor bisa menjadi salah satu momen yang tepat untuk memberikan hadiah bagi anak.

Jelaskan Tujuan Pemberian Hadiah

Ilustrasi Ibu dan Anak Berbicara/Pexels/Ketut SubiyantoIlustrasi Ibu dan Anak/Foto: Pexels/Ketut Subiyanto

Seorang anak bisa menjadi 'kecanduan' diberi hadiah jika tidak diberi pemahaman yang tepat soal sistem pemberian hadiah. Bisa jadi mereka tidak akan mau bekerja keras jika tidak diberi hadiah, atau hanya fokus untuk menyelesaikan suatu tugas tanpa bersungguh-sungguh.

Untuk menghindari hal ini, kamu sebagai orangtua perlu memberi pemahaman yang jelas mengapa hadiah diberikan kepada anak saat pembagian rapor. Misalnya, hadiah diberikan karena anak telah bekerja keras dan bersungguh-sungguh selama satu semester pembelajaran, tidak pernah telat bangun di pagi hari saat hari sekolah, ataupun hal-hal lainnya yang memang ada di bawah kendali sang anak dan dapat membangun karakter dengan baik.

Beri Pujian saat Memberi Hadiah

Ilustrasi ibu dan anakIlustrasi ibu dan anak/ Foto: Freepik/pvproductions

Ketika memberi hadiah, jangan hanya langsung diserahkan saja, ya! Beri mereka pujian dan jelaskan kembali tujuan mereka diberi hadiah saat pembagian rapor. Yang harus diperhatikan, pujilah kerja keras mereka selama proses, bukan hasilnya.

"Jika seorang anak membangun menara balok dan menara itu jatuh, beri tahu mereka bahwa Anda melihat betapa kerasnya mereka bekerja untuk membangun menara itu," kata Dr. Mudd. "Akui betapa kerasnya seorang anak belajar untuk ujian, jangan fokus pada nilai akhir."

Jika kamu memberi hadiah pada anak beserta pujian dengan tujuan untuk mengapresiasi kerja kerasnya, di mana hal tersebut berada di bawah kendali anak, maka akan membantu anak membangun kepercayaan diri. Mereka akan percaya bahwa mereka mampu melakukan hal-hal sulit.

Pilih Hadiah yang Tepat untuk Anak

holidays, presents, christmas, x-mas, birthday concept - happy mother and child girl with gift boxIlustrasi ibu dan anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/thanakornsra

Mungkin kamu dan anak sudah memiliki perjanjian untuk membeli hadiah apa saat pembagian rapor. Pastikan bahwa hadiah tersebut memang berguna dan bermanfaat bagi anak. Buat kamu yang mungkin masih kebingungan ingin membelikan hadiah apa, mungkin kamu bisa membelikan barang yang bisa meningkatkan kecerdasan anak atau membuatnya aktif bergerak agar tetap sehat.

Untuk membeli hadiah yang bisa mendukung kecerdasan anak, kamu bisa, lho, membeli mainan Sylvanian Families! Kabar baiknya, lagi ada diskon menarik untuk pembelian mainan Sylvanian Familes, dari harga normal sekitar Rp2,8 juta bisa diskon setengah harga jadi Rp1,2 juta hanya dengan pembayaran melalui Allo Prime.

Atau jika ingin anak aktif bergerak sambil bersenang-senang, kamu juga bisa memberikan hadiah sepeda dari brand Bike N Bike. Lagi ada promo juga, lho! Brand sepeda Bike N Bike memberikan diskon khusus untuk pengguna Allo Bank, sepeda seharga Rp 1.250.000, diskon menjadi Rp 1.000.000, dan masih banyak penawaran menarik lainnya. Promo ini berlaku jika kamu sudah upgrade akun Allo Bank menjadi Allo Prime, ya!

Kamu bisa mendapatkan promo menarik tersebut di Metro Department Store Plaza Senayan, Gandaria City, Puri Indah, TSM Bandung, Ciputra World Surabaya, dan TSM Makassar.

Promo ini berlaku sampai dengan 31 Juli 2022. Untuk bisa mendapatkan penawaran terbaik, pastikan kamu melakukan pembayaran menggunakan Allo Bank, ya! Belum punya Allo Bank? Gampang, kamu tinggal klik LINK INI dan upgrade akun Allo Bank kamu untuk mendapatkan promo menarik lainnya, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id