sign up SIGN UP

Bukan Sekadar Hiburan, Ini 4 Kiat Memilih Mainan untuk Anak yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan!

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 07:00 WIB
Bukan Sekadar Hiburan, Ini 4 Kiat Memilih Mainan untuk Anak yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan!
Jangan asal memilih mainan. Orang tua wajib tahu beberapa hal ini sebelum membelinya agar tidak mubazir. (Foto: Getty Images/kohei_hara)
Jakarta -

Mainan identik dengan anak-anak. Bukan hanya sebagai penghibur agar anak tidak rewel atau mengalihkan perhatian, tetapi mainan juga bisa berperan sebagai pembentuk kecerdasan anaklho, Beauties. Untuk itu, setiap orang tua perlu memperhatikan sebelum membelinya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mainan adalah label usia yang ada di kemasan. Pasalnya, tidak semua mainan dibuat untuk semua usia anak. Hal ini dilakukan untuk membantu kebutuhan perkembangan anak dan membuatnya tetap aman.

Selain itu, perhatikan pula bahan mainan yang kamu beli. Apakah itu terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk anak-anak, bahkan jika masuk ke dalam mulut? Apakah warna mainan yang kamu beli bisa luntur?

Small angry looking boy looking at the toys.Ilustrasi mainan anak. / Foto: Getty Images/skynesher

Setelahnya, kamu perlu mempertimbangkan hal-hal non-teknis, seperti empat poin di bawah ini. Dihimpun dari laman Zero to Three dan Parenting Firstcry, berikut ulasannya.

Pilih Mainan Multi Fungsi

Balita memiliki kecenderungan untuk membongkar, menyatukan lagi, menarik, memasukkan, menambah, dan membangun benda yang ada di depannya. Oleh karena itu, pilih mainan yang fleksibel, dalam arti mainan tersebut dapat dimainkan dengan berbagai cara yang berbeda.

Baby laughing and playing with colorful toys sitting on a carpet at homeIlustrasi mainan anak. / Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Balok kayu atau balok plastik yang saling mengunci, misalnya. Mainan tersebut dapat digunakan untuk dibentuk jadi berbagai rupa, seperti jalan, pesawat, dan bangunan. Faktanya, mainan seperti ini bisa memicu imajinasi dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir logis, lho, Beauties.

Pilih Mainan yang Long-lasting

Anak-anak biasanya memiliki rasa bosan yang lebih besar dari orang dewasa. Nggak heran jika mereka lebih mudah untuk meninggalkan mainan yang baru beberapa hari dibeli. Jadi, ada baiknya kamu memilih mainan yang long-lasting.

Tired of everyday household mother sitting on floor with hands on face. Kid playing in messy room. Scaterred toys and disorder.Ilustrasi mainan anak. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Kyryl Gorlov

Misal, hewan plastik kecil. Untuk anak usia 1-2 tahuh, kamu bisa mengenalkan nama-nama hewan lewat mainan tersebut, sementara pada balita yang lebih besar, kamu dapat menggunakannya untuk mendongeng atau membuat mereka membangun cerita.

Pilih Mainan yang Mendorong Eksplorasi dan Pemecahan Masalah

Untuk mendukung kecerdasan anak, pilih mainan yang bisa membuatnya bereksplorasi dan belajar memecahkan masalah. Pilih juga mainan dapat yang membantu anak-anak mengembangkan keterampilan hubungan spasial, koordinasi tangan-mata, dan keterampilan motorik halus mereka.

Sebut saja teka-teki, balok, tanah liat, cat, krayon, atau adonan mainan.

Pilih Mainan yang Memicu Imajinasi

Anak kecil bermain rattle/Foto: Pexels.com/Polesie ToysAnak kecil bermain rattle/Foto: Pexels.com/Polesie Toys/ Foto: Dewi Maharani

Setiap memasuki usia baru, tingkat kreativitas anak semakin meningkat, dan untuk membuatnya lebih baik lagi, orang tua perlu ikut berperan dalam hal ini. Salah satunya ialah dengan memberikan mainan yang memicu imajinasinya berkembang lebih baik lagi.

Cari mainan yang bisa digunakan anak saat ia mengembangkan dan memerankan cerita. Bermain pura-pura juga bisa membangun keterampilan bahasa dan literasi, keterampilan memecahkan masalah, dan kemampuan untuk mengurutkan sesuatu, lho, Beauties.

Tak selalu mainan beli di toko, kamu bisa mencoba bermain peran di rumah bersama anak dengan bantuan boneka, misalnya. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan kecerdasan anak dengan mainan barang asli, dengan begitu kemampuan mempelajari hubungan spasial pada anak pun jadi terbangun lebih baik lagi. 

Beli Mainan di Sini

Untuk membeli mainan-mainan yang dapat mendukung kecerdasan anak, kamu bisa membeli mainan rumah bongkar pasang Silvanian Log Cabin Luggae di Metro Department Store Mal Pondok Indah, Plaza Senayan, Gandaria City, Puri Indah, TSM Bandung, Ciputra World Surabaya, dan TSM Makassar.

belanjaIlustrasi belanja. / Foto: Getty Images/Edwin Tan

Selain itu ada juga diskon 30% untuk setiap pembelian Silvanian Treehouse Toys di Metro Department Store Pondok Indah, Plaza Senayan, Gandaria City, Puri Indah, TSM Bandung, Ciputra World Surabaya, dan TSM Makassar.

Seluruh mainan dari manufaktur Citra Cahaya Mandiri juga diskon hingga 50%, lho, plus tambahan 5% di Metro Department Store Pondok Indah, Plaza Senayan, Gandaria City, Puri Indah, TSM Bandung, Ciputra World Surabaya.

Semua itu bisa kamu dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Bank. Belum jadi nasabah Allo Bank? Klik LINK INI dan upgrade akun Allo Bank kamu untuk mendapatkan promo menarik lainnya. Ssst! Promo ini hanya berlaku dari 26 Mei-26 Juni 2022, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id