sign up SIGN UP

Notifikasi WhatsApp Bikin Gelisah? Coba 3 Kiat Berikut untuk Mengatasinya

Hijria Khatimi | Beautynesia
Kamis, 26 Aug 2021 11:30 WIB
Notifikasi WhatsApp Bikin Gelisah? Coba 3 Kiat Berikut untuk Mengatasinya
caption

Notifikasi WhatsApp yang seharusnya menjadi hal biasa, ternyata bisa membuat seseorang merasa gelisah setiap melihatnya, lho.

Hal ini salah satunya diakibatkan oleh intensitas komunikasi via WhatsApp karena pandemi yang tak kunjung berakhir. Rasa gelisah yang timbul akibat notifikasi WhatsApp ini dikenal pula dengan sebutan WhatsApp anxiety.

Perasaan gelisah tersebut tentunya sangat tidak nyaman, bukan? Jika kamu juga merasa mengalami WhatsApp anxiety, 3 kiat berikut bisa kamu terapkan sementara waktu hingga keadaanmu terasa lebih baik.

1. Matikan Notifikasi WhatsApp Sementara

Mtikan notifikasi whatsapp
Matikan notifikasi whatsapp/Foto: Freepik/mizkit

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mematikan notifikasi WhatsApp untuk sementara waktu. Dengan begitu, notifikasi pesan WhatsApp tidak akan muncul sama sekali di ponselmu. Kamu pun bisa beristirahat sejenak dan tak perlu merasa gelisah.

Pengguna Android dapat mematikan notifikasi WhatsApp melalui Setting > Apps & Notifications > Notifications. Cari pilihan WhatsApp, kemudian klik tuas di sebelah kanan agar tak lagi berwarna hijau.

Bagi pengguna iOS, kamu perlu masuk ke menu Setting > Notifications. Geser ke bawah hingga menemukan pilihan WhatsApp, kemudian klik. Pada pilihan Allow Notification, dan klik tuas berwarna hijau agar berubah menjadi abu-abu.

2. Aktifkan Fitur Jangan Ganggu di Ponsel

Fitur jangan ganggu untuk nonaktifkan notifikasi whatsapp
Fitur jangan ganggu blokir notifikasi whatsapp/Foto: Freepik/rawpixel.com

Ponsel Android maupun iOS saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Jangan Ganggu atau Do Not Disturb. Fitur ini tak cuma dapat memblokir notifikasi pesan WhatsApp, melainkan juga notifikasi panggilan WhatsApp. Namun kekurangan dari fitur ini adalah, notifikasi dari aplikasi-aplikasi lainnya di ponsel kamu juga akan ikut dinonaktifkan.

Bagi pengguna Android versi 8 ke atas, fitur ini dapat diaktifkan dengan masuk ke bagian Setting > Sound > Do Not Disturb. Pada menu Do Not Disturb, ketuk bagian Notifications dan pilih No visual or sound from notifications.

Sedangkan bagi pengguna iOS, kamu bisa mengaktifkannya melalui Siri dengan mengucapkan “Turn on Do Not Disturb”.

3. Kurangi Intensitas Penggunaan WhatsApp

Kurangi pemakaian whatsapp
Kurangi pemakaian whatsapp/Foto: Pexels/Torsten Dettlaff

Mengurangi intensitas penggunaan WhatsApp juga penting untuk mengatasi WhatsApp anxiety. Melansir huffingtonpost.co.uk, Konsultan Detoks Digital Martin Talks menyarankan, sebaiknya cukup berpartisipasi pada obrolan WhatsApp satu kali saja dalam sehari.

Ia menambahkan, untuk tidak menjadikan aktivitas membuka WhatsApp sebagai hal pertama yang dilakukan di pagi hari, maupun hal terakhir yang dilakukan saat menjelang tidur.

Kamu juga perlu menetapkan batasan saat berinteraksi lewat WhatsApp. Mengutip bbc.com, Vaile Wright dari Asosiasi Psikologi Amerika mengatakan bahwa ketika membuka WhatsApp dan mendapatkan pesan, kamu tak harus langsung membalas semua pesan saat itu juga.

Memang, perasaan orang lain mungkin terluka ketika menunggu balasan cepat darimu, namun menetapkan batasan merupakan hal yang krusial pula bagi kesehatan mental kamu.

Itulah 3 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa gelisah akibat notifikasi WhatsApp. Jika rasa gelisahmu tak kunjung berkurang setelah mengusahakan ketiga cara tersebut, jangan ragu untuk konsultasi dengan para profesional, Beauties!


Our Sister Site

mommyasia.id