STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Patut Diacungi Jempol, Berikut 7 Anak Luar Biasa dan Inspiratif yang Telah Mengubah Dunia!

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 27 Oct 2022 20:00 WIB
Patut Diacungi Jempol, Berikut 7 Anak Luar Biasa dan Inspiratif yang Telah Mengubah Dunia!

Semua orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang berbakat, anak yang bisa membanggakan kedua orangtuanya dan diri sendiri. Didikan dari orangtua sangat berpengaruh untuk membentuk karakter anak di masa depan.

Tidak hanya bisa membanggakan kedua orangtuanya, ada beberapa anak yang terlahir dengan pola pikir kritis sehingga mampu melakukan hal-hal yang dibanggakan dunia dan menginspirasi orang dewasa. Siapa saja? Berikut 7 sosok anak luar biasa yang telah mengubah dunia dilansir dari Good Housekeeping.

Marley Dias

Deretan anak luar biasa yang mengubah dunia
Marley Dias/Foto: Instagram.com/iammarleydias

Marley adalah seorang aktivis muda dibalik fenomena tagar Twitter #1000BlackGirlBooks. Tagar tersebut lahir dari rasa frustrasinya sebagai seorang pembaca yang sulit menemukan karakter utama berkulit hitam seperti dirinya. Marley pun berhasil menulis buku berjudul Marley Dias Gets It Done: And So Can You sebagai panduan untuk perubahan positif melalui aktivisme.

Emma González

Deretan anak luar biasa yang mengubah dunia
Emma González/Foto: Instagram.com/emmawise18

Setelah selamat dari insiden penembakan di Marjory Stoneman Douglas High School di Parkland, Florida, sekelompok aktivis remaja dibentuk untuk memperjuangkan diakhirinya kekerasan senjata. Emma González adalah salah satu dari sekelompok aktivis remaja tersebut, selain David Hogg, Alex Wind, Jaclyn Corin, Cameron Kasky, dan banyak lagi.

Mereka mendirikan Never Again MSD, sebuah kelompok untuk pengendalian senjata dan turut memberikan pidato yang mengharukan di March for Lives Rally, di mana Emma membaca nama teman-temannya yang menjadi korban dalam insiden penembakan tersebut. Aksi Emma dan teman-temannya pun berhasil membuat Undang-Undang Keamanan Publik Marjory Stoneman Douglas High School disahkan oleh anggota parlemen Florida pada tahun 2018.

Jaylen Arnold

Deretan anak luar biasa yang mengubah dunia
Jaylen Arnold/Foto: Instagram.com/jaylenschallenge

Setelah didiagnosis dengan sindrom tourette, asperger, dan OCD, Jaylen diintimidasi oleh teman-temannya karena berbeda. Dia menemukan bahwa kecemasan yang dia alami akibat bullying memperburuk gejala disabilitasnya. Inilah yang membuat Jaylen mendirikan Jaylen Challenge Foundation, yang telah mendidik lebih dari 100 ribu anak untuk mengenali perilaku bullying dan memahami perbedaan satu sama lain.

Anoyara Khatun

Deretan anak luar biasa yang mengubah dunia
Anoyara Khatun/Foto: Instagram.com/theprincessball

Pada usia 12 tahun, Anoyara menjadi korban perdagangan anak sebelum akhirnya diselamatkan oleh Save the Children. Dia kembali ke Benggala Barat dan mengabdikan hidupnya untuk mengakhiri eksploitasi dan perdagangan anak. Anoyara telah menyelamatkan ratusan anak melalui usahanya dan mencegah banyak anak lainnya yang dipaksa menikah di usia dini.

Easton LaChappelle

Deretan anak luar biasa yang mengubah dunia
Easton LaChappelle/Foto: Instagram.com/lifeologyaz

Easton yang saat itu berusia 14 tahun telah membangun prototipe tangan robot dari lego dan kawat pancing pada tahun 2011, yang membuatnya memenangkan posisi ketiga dalam Colorado State Science Fair. Seperti sudah ditakdirkan, dia bertemu dengan seorang perempuan cilik berusia 7 tahun di pameran sains yang menggunakan tangan palsu seharga Rp1,23 miliar.

Saat itulah Easton memiliki ide untuk membuat tangan palsu dengan harga yang lebih terjangkau. Saat ini, Easton menjalankan startup yang menggunakan pencetakan 3D untuk membuat lengan dan tangan palsu. Dia juga membuat akses desain yang dapat diunduh oleh siapa saja tanpa dikenakan biaya.

Jack Andraka

Deretan anak luar biasa yang mengubah dunia
Jack Andraka/Foto: Instagram.com/theprincessball

Di usianya yang ke-15 tahun, Jack memberikan kontribusi besar bagi komunitas kesehatan dengan menemukan jenis sensor yang dapat mendeteksi tanda-tanda awal kanker pankreas dan bentuk kanker lainnya. Prototipe itu berhasil membuatnya mendapatkan hadiah sebesar Rp1,15 miliar di pameran sains Intel. Jack disebut sebagai The Teen Prodigy of Pancreatic Cancer oleh Smithsonian.

Julia Bluhm

Deretan anak luar biasa yang mengubah dunia
Julia Bluhm/Foto: Pinterest.com

Julia Bluhm sedang dalam upaya untuk mempromosikan kepositifan tubuh untuk sampul majalah saat itu. Pada usia 14 tahun, dia berhasil meyakinkan pemimpin redaksi Seventeen untuk menampilkan gambar perempuan-perempuan sejati dan model sehat tanpa Photoshop. Hingga saat ini, dia terus membahas isu-isu feminis sebagai blogger untuk TheLaLa.com dan Spark Movement.

Itulah beberapa anak luar biasa yang berhasil mengubah dunia. Meski usia mereka masih terbilang muda, mereka memiliki pola pikir, inspirasi, dan semangat yang memikirkan kesejahteraan orang banyak. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.