sign up SIGN UP

Pelajaran Berharga yang Bisa Mendewasakan Kamu Setelah Patah Hati

Cindy Krisania | Beautynesia
Sabtu, 24 Oct 2020 16:00 WIB
Pelajaran Berharga yang Bisa Mendewasakan Kamu Setelah Patah Hati
caption

Ada yang mengatakan, ketika kita siap untuk jatuh cinta maka juga harus siap dengan patah hati. Pada banyak orang, putus cinta adalah pengalaman yang menyakitkan. Tidak sedikit orang yang membutuhkan waktu lama untuk kembali sembuh dari patah hati. 

Patah hati tidak akan pernah membuat kita merasa baik-baik saja. Pengalaman ini akan membuat kita merasa terpuruk, hidup terasa tidak menyenangkan, dan merasakan emosi yang bercampur aduk. 

Patah Hati adalah Pengalaman yang Mendewasakan
Patah Hati adalah Pengalaman yang Mendewasakan/Foto: freepik.com

Ketika patah hati, kita akan merasa sedih, terluka, marah, takut dan kesepian. Pada awalnya, kita akan dibuat tidak berdaya. Namun, setelah kita berhasil melewatinya ternyata ada banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari pengalaman patah hati. Salah satunya adalah kita menjadi jauh lebih dewasa dalam hidup. 

Sebenarnya apa saja sih pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari patah hati? Yuk simak di bawah ini. 

Kita akan Jauh Lebih Mengenal Diri Kita Sendiri

Know yourself more
Kenali-Dirimu-Sendiri/Foto: freepik.com

Saat berada dalam suatu hubungan, kerap kali kita lebih mementingkan perasaan dan keinginan pasangan kita. Kebiasaan mendahulukan kebahagiaan mereka sering membuat kita melupakan kebahagiaan sendiri. Sehingga terkadang kita kurang mengenal diri sendiri.

Hal ini menyebabkan kita sering menyalahkan diri sendiri ketika terjadi suatu hal yang buruk pada hubungan. Kita merasa kurang cukup, merasa tidak berguna dan merasa tidak pantas dicintai. Dan, lebih parahnya lagi kita menjadi tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkan untuk hidup kita sendiri. 

Maka, pelajaran paling berharga yang bisa diambil dari patah hati adalah kita menjadi lebih mengenal diri kita sendiri. Kita mulai tahu apa yang disukai, tahu apa yang kita inginkan dan tidak inginkan. Berawal dari itu semua kita mulai perlahan bisa menata hidup kita untuk ke depannya. 

Mulai Melakukan Pengembangan Potensi Diri

Tingkatkan Potensi Diri
Tingkatkan-Potensi-Diri/Foto: freepik.com

Dari patah hati, kita juga mulai bisa menggali lebih jauh potensi diri. Mencari tahu minat bakat kita yang sering terlupakan karena lebih mementingkan pasangan.

Kita juga bisa mulai mengupgrade skills yang kita punya. Dengan melakukan pengembangan potensi diri kita juga mulai perlahan bisa menata kembali rencana-rencana masa depan yang sempat tertunda. 

Percaya Bahwa akan Datang Cinta yang Lebih Sejati

Cinta yang Pergi akan Diganti dengan yang Lebih Baik
Cinta yang Pergi akan Diganti dengan yang Lebih Baik/Foto: freepik.com

Putus cinta dan patah hati artinya kita kehilangan seseorang yang begitu dicintai. Pada umumnya, orang akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa sembuh hingga bisa menerima cinta yang lain. 

Tidak apa-apa, ambil waktumu sebaik mungkin dengan melakukan hal-hal positif untuk dirimu sendiri. Selalu ingat bahwa cinta yang pergi tidak perlu kita tangisi terlalu lama, satu-satunya pilihan adalah kembali bangkit dan tetap menjalani hidup dengan sebagaimana mestinya. 

Jangan pernah takut kehilangan, karena makna disetiap cinta yang pergi akan datang cinta yang lebih sejati. 

Itulah pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari pengalaman patah hati. Memang butuh waktu yang tidak sebentar untuk kembali bisa tersenyum dengan setelah putus cinta. Tapi, jangan biarkan rasa itu menguasai dirimu sampai kamu melewatkan banyak hal yang berharga. Life must go on, cheer up!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id