sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

8 Tips Jaga Jarak dengan Mantan Biar Tak Tergoda Balikan

Henny Alifah | Rabu, 21 Oct 2020 23:55 WIB
8 Tips Jaga Jarak dengan Mantan Biar Tak Tergoda Balikan
caption

Ketika suatu hubungan berakhir, kadang masih ada sedikit harapan bahwa suatu hari nanti bisa balikan dengan mantan. Dalam putus cinta memang lebih sulit menjauh daripada kenyataan perpisahan itu sendiri. Hanya dengan satu teks sederhana, pertahanan bisa jebol dan kamu akan kembali terbiasa berkirim pesan dengannya setiap hari.

Dibutuhkan banyak kemauan agar bisa melupakan mantan dan tak lagi mengulang kesalahan yang sama. Itulah mengapa kamu perlu jaga jarak dari mantan. Delapan tips berikut ini bisa kamu coba.

1. Hapus/blokir nomornya

ilustrasi: agar tak tergoda balikan dengan mantan, hapus dan blokir nomornya
Tips Agar Tak Tergoda Balikan dengan Mantan/ Foto: Pexels.com

Sah-sah saja jika kalian berdua memutuskan untuk tetap berteman. Itu bisa nanti-nanti, setelah pikiran dan perasaanmu tenang. Sekarang, fokuslah pada pemulihan diri sendiri. Menghapus nomornya dari daftar kontak di ponsel dapat membantu mengekang keinginan untuk menelepon atau mengirim SMS ke mantan.

Jika mantan sepertinya tidak dapat berhenti menghubungimu, blokir nomornya untuk sementara. Terkadang kamu perlu mengambil tindakan drastis untuk melanjutkan dan sekali lagi, itu sah-sah saja.

2. Unfollow media sosialnya

agar tak tergoda balikan dengan mantan, unfollow semua media sosialnya
Tips Agar Tak Tergoda Balikan dengan Mantan/ Foto: Pexels.com

Saat postingannya di media sosial masih muncul di feed dan membuat kamu sedih, mungkin inilah saatnya untuk berhenti mengikutinya di Facebook, Instagram, Twitter, serta semua media sosialnya yang lain. Kedengarannya mungkin ekstrim tetapi pemulihan emosional kamu lebih penting saat ini.

3. Hindari meromantisasi masa lalu

ilustrasi: agar tak tergoda balikan dengan mantan, hindari meromantisasi masa lalu
Tips Agar Tak Tergoda Balikan dengan Mantan/ Foto: Pexels.com

Mengenang masa lalu dengan mantan memang indah. Namun jangan lupa di masa lalu itu juga ada penderitaan yang menyebabkan perpisahan kalian berdua. Kamu perlu mengingat hal-hal apa yang menyebabkan hubungan kalian gagal, kata-katanya yang menyakitkan atau perilakunya yang memaksa berakhirnya hubungan. Jika tidak, kamu tidak akan pernah bisa melepaskan diri darinya.

4. Menyibukkan diri

agar tak tergoda balikan dengan mantan, sibukkan diri sendiri dengan kegiatan baru
Tips Agar Tak Tergoda Balikan dengan Mantan/ Foto: Pexels.com

Nah, biar tidak terus-terusan terkenang mantan, buat dirimu sibuk dengan hal lain. Bisa sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan atau hobi, lalu habiskan waktu bersama teman dan keluarga. Ini akan menghindarkan diri dari pikiran dan keinginan untuk balikan dengan mantan.

5. Jauhi tempat-tempat yang kemungkinan ada dirinya di sana

agar tak tergoda balikan dengan mantan, jauhi tempat-tempat yang kemungkinan ada dirinya di sana
Tips Agar Tak Tergoda Balikan dengan Mantan/ Foto: Pexels.com

Ini mungkin sulit jika kalian berdua tinggal di kompleks rumah yang sama. Namun kamu bisa hindari berkeliaran di sekitar rumahnya untuk meminimalkan peluang bertemu dengannya lagi.

Selain itu, upayakan tidak pergi ke tempat-tempat favoritnya atau favorit kalian saat dulu masih bersama. Tempat-tempat tersebut dapat memunculkan beberapa kenangan indah di masa lalu dan membuat kamu merasa sedih dan/atau marah. Tindakan ini juga akan menghindarkan kamu bertemu dan mengobrol lagi dengannya.

6. Jauhi topik obrolan tentang dirinya

ilustrasi: agar tak tergoda balikan dengan mantan, jauhi topik obrolan tentang dirinya
 Tips Agar Tak Tergoda Balikan dengan Mantan/ Foto: Pexels.com

Ada kalanya kamu masih penasaran bagaimana kabarnya. Lantas kamu pun bertanya tentang mantan pada teman atau keluarga. Dan jika mereka berkata ternyata dirinya terpuruk saat berpisah denganmu, pertahananmu akan melemah karena secara naluriah kamu ingin melipur duka laranya. Jadi jangan tanya-tanya tentang mantan. Dan, katakan pada temanmu agar tidak mengungkit namanya meskipun kamu bertanya. Mereka temanmu, mereka akan mengerti.

7. Berhenti berpikir bahwa kamu masih bisa memperbaiki hubungan dengannya

ilustrasi: agar tak tergoda balikan dengan mantan, sebaiknya berhenti berpikir bahwa kamu masih bisa memperbaiki hubungan dengannya
Tips Agar Tak Tergoda Balikan dengan Mantan/ Foto: Pexels.com

Orang putus karena suatu alasan. Pada hari-hari dan minggu-minggu pertama setelah putus, kamu mungkin berpikir dapat memperbaiki masalah yang mengganggu hubungan kalian untuk kemudian mencoba balikan dengan mantan. Namun, jika ini adalah kali ketiga atau keempat kalian putus-nyambung, masih yakin mau mencoba? Tak baik menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa kamu dapat memperbaiki sesuatu yang jelas-jelas telah hancur berkali-kali.

8. Liburan singkat

liburan singkat bisa menghindarkan diri dari godaan balikan dengan mantan
Tips Agar Tak Tergoda Balikan dengan Mantan/ Foto: Pexels.com

Kalau keinginan balikan dengan mantan masih saja menghantui pikiran, cobalah ambil waktu sejenak untuk pergi liburan singkat bersama teman, keluarga, atau bahkan dirimu sendiri. Setelah semua yang kamu lalui, kamu berhak untuk bersenang-senang dan membiasakan diri untuk menyendiri lagi.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id