STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Pendidikan Anak Sejak dalam Kandungan, Ini yang Dapat Dilakukan

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Minggu, 26 Apr 2020 06:00 WIB
Pendidikan Anak Sejak dalam Kandungan, Ini yang Dapat Dilakukan
Tahukah kamu jika parenting ternyata penting dilakukan sebelum bayi lahir? Simak ulasan lengkap mengenai prenatal parenting berikut ini.

Parenting ternyata tidak hanya perlu dilakukan saat bayi sudah dilahirkan. Pada masa tumbuh kembangnya dalam kandungan, orangtua sudah mulai bisa menerapkan prenatal parenting sebagai bagian dari parenting sebelum kelahiran. Sebenarnya apa sih prenatal parenting itu? Lalu apa saja manfaat dari melakukan parenting sejak dalam kandungan? Bagaimana pula cara melakukan prenatal parenting? Simak ulasannya berikut ini!

Prenatal Parenting, Apa Itu?

Parenting ternyata sudah dimulai sebelum kelahiran. Dalam hal ini, parenting terjadi melalui bentuk ikatan ibu dan ayah dengan bayi yang belum dilahirkan. Berdasarkan hasil penelitian, prenatal parenting bermanfaat dalam perkembangan kognitif dan biologis anak dalam kandungannya. Tidak dipungkiri, hubungan calon ayah dan calon ibu, serta interaksinya dengan janin dalam kandungan memang memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak.


Foto: https://www.manoramaonline.com/


Di sisi lain, penelitian terbaru telah mengkonfirmasi bagaimana tekanan yang dialami oleh seorang calon ibu sebelum melahirkan dapat mempengaruhi perkembangan janin dan anak. Pengaruh ini juga akan bertahan hingga awal masa dewasa anak. Pasalnya, perkembangan anak-anak dipengaruhi dengan berbagai cara, sebagian di antaranya bergantung pada susunan genetik mereka sendiri.
 



Selain itu, suasana hati dan mental seorang ibu memiliki efek langsung pada kondisi janin terkait pada perilaku pengasuhan melalui plasenta. Bahkan, calon ayah juga berperan penting dalam pendidikan anak sebelum lahir. Hubungan suami istri yang tidak harmonis, suami yang kasar, dan pertengkaran yang terus menerus dapat meningkatkan stres pada sebelum melahirkan dan mengganggu perkembangan janin.
 


Foto: https://natural-fertility-info.com/


Karakteristik pengasuhan anak dapat dilihat dari beberapa aspek, termasuk attachment, kedekatan, kepedulian, dan kasih sayang terhadap anak. Parenting prenatal dapat dikatakan sebagai sebagai proses perkembangan anak yang dimulai selama kehamilan dan berkembang seiring waktu.
 



Cara Menerapkan Prenatal Parenting

Lalu, bagaimana sebenarnya cara tepat melakukan prenatal parenting?

Prenatal parenting dapat dilakukan dengan interaksi berupa mengelus, mengajak berbicara, dan berinteraksi dengan anak yang masih di dalam kandungan. Selain itu, untuk bisa memaksimalkan prenatal parenting, kamu juga perlu memperhatikan kondisi mood, stres, dan mental selama hamil. Jangan lupa pula untuk menjaga hubungan baik dengan pasangan agar peran orangtua dalam pengasuhan anak sejak masih dalam kandungan dapat terjalin.
 


(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE