STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Pendidikan Nomor Satu, Ini Kiat Kuliah S2 Bareng Pasangan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 05 Jul 2022 11:30 WIB
Pendidikan Nomor Satu, Ini Kiat Kuliah S2 Bareng Pasangan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menikah membuat sebagian besar orang menghentikan langkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun, sebagian orang lainnya justru bisa melangkahkan kaki lebih jauh mengenyam pendidikan, beruntungnya, mereka melakukan itu bersama pasangan.

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, adalah salah satu orang yang termasuk dalam golongan beruntung itu. Bersama suami, Tonny Sumartono, ia meneruskan pendidikan jenjang magister ke Amerika Serikat, di University of Illinois - Urbana Champaign (UIUC).

Dalam sebuah unggahan media sosial Instagram, Menteri Sri Mulyani bernostalgia sekaligus membagikan pengalamannya menempuh pendidikan di luar negeri bersama anak dan suami. Menurutnya, apa yang ia lakoni saat itu bukan hal yang mudah.

Sri MulyaniSri Mulyani/ Foto: Instagram @smindrawati

"Kami berdua kuliah, harus mengatur jadwal kuliah agar bisa bergantian menjaga buah hati kami," kenang Sri Mulyani di judul foto yang ia unggah, Senin (4/7).

Harus Pintar Bagi Waktu

Empat tahun di negara orang untuk bersekolah dan mengurus keluarga, membuat Sri Mulyani harus pintar membagi waktu antara urusan domestik dan akademik. 

Mencari waktu yang tepat untuk mengajak anak membahas tentang hal-hal penting terkait pendidikan seksIlustrasi ibu dan anak. (foto: pexels.com/ketut-subiyanto)

"Saya mulai belajar memasak, berdua mencuci baju, mengurus anak, membersihkan apartemen. Dengan uang beasiswa sungguh sangat minim dan pas-pasan," imbuh perempuan dan orang Indonesia pertama yang mengisi posisi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Tetap Happy dan Bersosialisasi

Walau apa yang dijalani Sri Mulyani dan suami kala itu bukan hal yang mudah, tapi mereka berdua menjalaninya dengan tetap bahagia. Tak pernah ada keluhan di antara mereka tentang hidup yang dijalani.

Sri MulyaniSri Mulyani saat di Amerika Serikat./ Foto: Instagram @smindrawati

Sebagai perantau, Sri Mulyani tidak sendiri. Ia punya banyak sekali teman perantau di sana. Hal itu pula yang membuatnya merasa bahagia di masa-masa sulitnya. Pasalnya, saat weekend tiba, mereka bisa barbeku dan potluck bersama, menikmati suasana early fall, melihat pawai drumband UIUC, menikmati udara dan lapangan rumput dekat kebun tulip di belakang kompleks mahasiswa di Orchard.

Reuni Alumni UIUC di Jakarta

Nostalgia kuliah S2 Sri Mulyani bermula ketika ia menghadiri reuni Alumni UIUC di Jakarta pada Sabtu (2/7). "Di sana, bertemu lintas generasi dan terutama generasi muda lulusan UIUC. Sungguh waktu cepat berlalu," ungkapnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani/Foto: Kemenkeu.go.idMenteri Keuangan Sri Mulyani / Foto: Kemenkeu.go.id/

Bagaimana pun hidup yang pernah Sri Mulyani, ia merasa bersyukur memiliki kawan dan sahabat yang tulus ikhlas. "Itulah anugerah yang luar biasa," tandas perempuan yang pernah dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh ke-23 versi Forbes 2008 ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE