sign up SIGN UP

Jaga Kesehatan Mental, 4 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menenangkan Hati dan Pikiran

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Sabtu, 25 Jun 2022 13:00 WIB
Jaga Kesehatan Mental, 4 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menenangkan Hati dan Pikiran
caption

Kesehatan mental menjadi topik yang sering dibahas akhir-akhir ini. Diskusi tentang kesehatan mental secara online di media sosial, televisi, bahkan dalam percakapan sehari hari kini sudah biasa didengar.

Lalu, apa sih sebenarnya kesehatan mental itu? Oludara Adeeyo, seorang pekerja sosial psikiatri dan penulis “Self-Care for Black Women" mengungkapkan bahwa kesehatan mental adalah fungsi otak dan semua yang memengaruhinya mencakup kesejahteraan psikologis dan sosial, kemampuan untuk menangani, dan mengatur emosi, seperti dikutip dari Healthline.

Agar kesehatan mental terjaga, kamu perlu menerapkan beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa membantu menenangkan hati dan pikiran. Simak informasi lengkapnya yang telah dihimpun dari Healthline di bawah ini, yuk!

Jangan Malas Bergerak

Ilustrasi seseorang sedang workout di dalam rumah/Foto: Freepik.com/tirachardz
Ilustrasi seseorang sedang workout di dalam rumah/Foto: Freepik.com/tirachardz

Menggerakkan tubuh dengan berolahraga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan mental, termasuk menghilangkan stres, meningkatkan suasana hati, membantu tertidur lebih cepat dan lelap, dan membantu mengelola gejala kondisi depresi serta kecemasan.

Kamu nggak harus, kok, pergi ke gym untuk berolahraga, kamu bisa membuat gerakan mudah dan menyenangkan dengan memilih aktivitas fisik yang paling sesuai untuk tubuh, kesehatan, dan preferensi.

Lakukan aktivitas fisik seperti mengambil kelas yoga secara tatap muka atau dengan menonton dari YouTube, jogging di sekitar jalanan rumah, melakukan olahraga sederhana atau bahkan senam di dalam rumah. 

Kurangi Menghabiskan Waktu di Media Sosial

Ilustrasi seseorang sedang membuka media sosial/Foto: Pexels.com/picjumbocom
Ilustrasi seseorang sedang membuka media sosial/Foto: Pexels.com/picjumbocom

Jika kamu terus-menerus penasaran tentang kehidupan orang lain di media sosial, tak dapat dipungkiri kamu cenderung mulai membandingkan mereka dengan kehidupanmu sendiri. Hal ini akan menyebabkan munculnya perasaan rendah diri dan meningkatkan perasaan cemas bahkan depresi, sehingga hati dan pikiran menjadi tidak tenang.

Batasi penggunaan media sosial dengan cara menyimpan ponsel di laci lemari atau meja belajar. Usahakan hanya menggunakan media sosial untuk keperluan yang penting saja seperti komunikasi dengan keluarga dan kerabat terdekat, keperluan bisnis dan informasi.

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi/Foto: Freepik.com/freepic.diller
Mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi/Foto: Freepik.com/freepic.diller

Mengonsumsi makanan tertentu juga dapat mempengaruhi ketenangan hati dan pikiran yang berdampak pada kesehatan mental, lho! Agar kesehatan mental terjaga, sebaiknya kamu mengubah pola makan dengan memilih makanan kaya nutrisi untuk dikonsumsi, seperti sayuran, buah-buahan, karbohidrat kompleks, protein dan lainnya.

Selain itu, penuhi kebutuhan minum air putih setiap hari agar terhindar dari dehidrasi. Jauhi makanan olahan, minuman bersoda, alkohol, kafein, dan gula tambahan, karena dapat memperburuk kesehatan fisik hingga mental.

Berjemur di Bawah Paparan Sinar Matahari Pagi

Ilustrasi seseorang sedang berjemur di bawah paparan matahari pagi/Foto: Freepik.com/user18526052
Ilustrasi seseorang sedang berjemur di bawah paparan matahari pagi/Foto: Freepik.com/user18526052

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari bisa membantu pelepasan hormon yang berperan dalam menjaga suasana hati.

Waktu terbaik yang disarankan untuk berjemur pada pagi hari adalah di bawah jam 10 pagi, dengan durasi tidak lebih dari 30 menit hingga 1 jam. Jika kamu hanya bisa berjemur selama 5 sampai 10 menit, bukan masalah. Yang terpenting adalah perhatikan jumlah paparan sinar matahari dan waktu berjemur yang tidak boleh sembarangan, sebab bisa meningkatkan risiko terjadinya hal berbahaya, seperti kulit terbakar atau kanker kulit.

Memulai kebiasaan baru yang baik memang membutuhkan lebih banyak niat dan usaha. Namun, bukan berarti kamu bermalas-malasan dan mengabaikan kebiasaan menjaga kesehatan mental ini.

Lakukanlah kebiasaan sehari-hari ini tanpa beban, perlahan-lahan pasti kamu akan terbiasa. Jika kesehatan mental kamu mendadak mulai memburuk, sebaiknya pertimbangkan untuk menghubungi terapis dan ahli profesional untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id