sign up SIGN UP

Penting! Ini 5 Bentuk Self Care yang Bisa Dilakukan Perempuan Karier di Tengah Sibuk Bekerja

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 23 May 2022 19:00 WIB
Penting! Ini 5 Bentuk Self Care yang Bisa Dilakukan Perempuan Karier di Tengah Sibuk Bekerja
caption
Jakarta -

Di pergerakan dunia yang serba cepat seperti sekarang ini, mencari waktu untuk merawat diri atau self care menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi pekerja perempuan yang super sibuk. Kamu mungkin merasa kewalahan dengan tuntutan pekerjaan, mengurus rumah, serta menjaga kehidupan sosial di saat yang bersamaan. Hal ini dengan mudahnya dapat membuat kamu mengabaikan self-care.

Padahal, self care sangat penting, lho, Beauties. Dilansir dari Everyday Health, melakukan self care atau merawat diri telah terbukti secara klinis untuk mengurangi atau menghilangkan kecemasan dan depresi, mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, meminimalkan frustrasi dan kemarahan, meningkatkan kebahagiaan, meningkatkan energi, dan banyak lagi.

Nggak perlu khawatir. Buat kamu seorang pekerja yang sangat sibuk, ada beberapa bentuk self care yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak!

Dapatkan Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Meningkatkan kualitas tidur/Foto: Freepik.com/lifeforstockMeningkatkan kualitas tidur/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah hal yang wajib dipenuhi semua orang, terutama bagi kamu yang sibuk bekerja. Bagi kamu yang suka merelakan jam tidur demi bekerja atau mengerjakan hal lain, mungkin hal ini terdengar mustahil.

Mungkin kamu berasumsi bahwa semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk bekerja dan semakin sedikit waktu yang digunakan untuk tidur, maka semakin banyak yang bisa diselesaikan. Sayangnya, ini tidak berlaku selamanya, Beauties.

Pada akhirnya, jam tidur yang kurang dan tidak berkualitas hanya akan membuat kamu kehilangan produktivitas, kreativitas, dan sulit berkonsentrasi. Kurang tidur juga membuat kamu mudah tersinggung dan kesal.

Alih-alih menghabiskan waktu untuk mengecek email sebelum tidur atau membuka media sosial, alokasikanlah waktu tersebut untuk tidur dan istirahat ya, Beauties!

Berkata Tidak

Salah satu cara untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup adalah mulai menolak atau berkata tidak pada ajakan atau rencana yang kamu terima. Kamu bisa mencoba membatalkan satu ajakan di akhir pekan, atau mungkin tawaran nongkrong setelah jam kerja usai.

Gunakanlah waktu tersebut untuk beristirahat, meluangkan waktu untuk diri sendiri, atau berkumpul dengan orang tersayang. Jika kamu termasuk golongan orang yang sulit menolak, pasti awalnya akan terasa berat. Namun ingat, kamu harus memprioritaskan kesehatan fisik maupun mental dirimu terlebih dahulu, Beauties.

Jauhkan Diri dari Gadget

Ilustrasi memakai gadget/Pexels.com/cottonbroIlustrasi memakai gadget/Foto: Pexels.com/cottonbro

Beauties, apakah kamu mengetahui berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk memeriksa gadget? Mulai dari bangun tidur, bekerja, hingga saatnya tidur kembali. Jika diperhatikan, kebanyakan orang saat ini menghabiskan banyak waktu dan energi untuk berkutat dengan berbagai macam gadget setiap harinya.

Nah, salah satu bentuk self care yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi penggunaan gadget dalam sehari. Jika kamu sudah seharian bekerja dengan gadget, usahakan untuk tidak menyentuhnya begitu jam kerja usai atau beberapa jam sebelum tidur.

Makan Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat di usia 40anIlustrasi makanan sehat/Foto: Freepik.com/ Racool_studio

Masih banyak orang yang belum menyadari kalau sebenarnya makan makanan sehat juga termasuk bentuk dari self care. Makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi tingkat energi dan kinerja.

Seorang pekerja yang sibuk pasti sudah tidak asing lagi dengan keluhan seperti kelelahan, sakit kepala, tidak berenergi, dan lainnya. Salah satu untuk mengatasinya ialah dengan mengonsumsi makanan sehat dan membatasi makanan yang bisa berisiko memicu penyakit lainnya. Tak hanya itu, barengi pula dengan olahraga rutin.

Rehat Sejenak dari Pekerjaan

Sangat mudah untuk terus bekerja ketika kamu memiliki setumpuk tugas yang belum terselesaikan, terlebih ketika deadline sudah dekat. Hal ini pada akhirnya membuat kamu rentan mengalami stres bahkan burnout.

Ketika kamu merasa stres dengan pekerjaan, pada akhirnya bisa memengaruhi kehidupan pribadi. Jadi ketika kamu merasa perlu istirahat, maka jangan ragu untuk meminta cuti atau izin dan manfaatkan waktu tersebut untuk memulihkan kondisi. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id