STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Pentingnya Menanamkan Kebiasaan Membaca untuk Perkembangan Anak

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Kamis, 07 May 2020 23:00 WIB
Pentingnya Menanamkan Kebiasaan Membaca untuk Perkembangan Anak
Tahukah kamu jika kecerdasan anak ternyata juga dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaannya yang dibangun sejak kecil? Nah, berikut ini adalah ulasan tentang manfaat membiasakan anak membaca sejak dini. Yuk, intip!

Semua orangtua pasti mengharapkan anaknya tumbuh menjadi sosok yang cerdas dan pintar. Di sisi lain, sebagian dari mereka meyakini bahwa kecerdasan otak anak merupakan hal yang diturunkan. Padahal, faktanya ini tidak selalu benar. Kecerdasan seseorang sebenarnya dapat dikembangkan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik sejak kecil. Salah satu kebiasaan yang paling banyak direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan otak anak adalah membaca. Yuk, simak ulasan tentang manfaat membiasakan anak membaca sejak dini berikut ini.

1. Melatih Kemampuan Membaca dan Menyerap Informasi

Kamu tentu tahu bagaimana kemampuan membaca merupakan bagian terpenting dari banyak ujian-ujian yang ada. Membaca adalah salah satu cara untuk menyerap informasi. Apapun minat dan bakat anakmu, semua itu akan berkembang dengan lebih pesat dan baik jika diikuti dengan kebiasaan membaca.


Foto: https://www.youngparents.com.sg/


2. Membaca Melatih Kerja Otak

Membaca adalah merupakan pekerjaan yang sangat kompleks untuk otak manusia daripada menonton TV atau mendengarkan radio. Membaca memperkuat koneksi otak dan membangun koneksi baru pada sel-selnya. Jadi, memperbanyak membaca akan membuat otak dapat berfungsi dengan lebih optimal.
 



3. Membaca Meningkatkan Konsentrasi

Anak-anak harus duduk diam dan fokus untuk dapat memahami cerita ketika mereka membaca. Jika sering membaca, mereka akan mengembangkan keterampilan untuk menjaga fokus dan berkonsentrasi lebih lama. Tentu hal ini berbeda dengan bermain gadget di mana anak-anak cenderung lebih mudah kehilangan fokus dengan gambar, suara dan tampilan yang berganti dengan cepat.
 


Foto: https://readcharlotte.org/


4. Membaca Mengajarkan Anak tentang Dunia Sekitar

Melalui membaca berbagai buku, anak-anak belajar tentang orang, tempat, dan peristiwa di luar pengalaman mereka sendiri. Kebiasaan ini juga bisa meningkatkan kemampuan anak dalam berimajinasi saat membayangkan sebuah cerita dalam buku.
 



5. Meningkatkan Kosa Kata dan Kemampuan Bicara

Anak-anak belajar kata-kata baru saat mereka membaca. Secara tidak sadar, kebiasaan membaca dapat membantu mereka menyerap informasi tentang bagaimana menyusun kalimat dan bagaimana menggunakan kata-kata dan fitur bahasa lainnya secara efektif dalam tulisan dan lisan.
 


Foto: https://www.momjunction.com/


6. Mengembangkan Imajinasi Anak

Ketika membaca otak akan bekerja menerjemahkan deskripsi apa yang sedang dibaca, baik itu tentang orang, tempat, dan benda menjadi gambar dalam imajinasi. Di sisi lain, saat anak terlibat dalam sebuah cerita, ia juga akan membayangkan bagaimana perasaan seorang karakter. Anak-anak kecil kemudian membawa pengetahuan ini ke dalam bayangan dan imajinasi mereka sehari-hari.
 



7. Mengembangkan Empati

Dengan membaca sebuah cerita, mereka dapat mulai membayangkan bagaimana perasaan mereka dalam situasi itu. Itulah sebabnya, akan sangat baik jika di awal-awal tumbuh kembangnya, orangtua ikut mendampingi anak saat membaca cerita untuk memancing imajinasi dan bayangannya tentang sebuah kejadian.
 


(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE