STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Peringati Hari Guru Nasional, Ini Lho 5 Kualitas dan Karakteristik Guru yang Baik

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Jumat, 25 Nov 2022 07:45 WIB
Peringati Hari Guru Nasional, Ini Lho 5 Kualitas dan Karakteristik Guru yang Baik

Menjadi ‘guru’ adalah profesi yang mulia. Ada ilmu yang terus dialirkan dan menjadi suatu kebermanfaatan bagi yang menerimanya. Semua itu dilakukan lewat proses mengajar. Meski begitu, mungkin tidak semua orang cocok menjadi guru.

 

Ya, sebab guru memerlukan beberapa kualitas tertentu yang akan mendukung profesinya tersebut. Tidak peduli guru apapun itu, sebab karakteristik ini terbilang umum. Dikutip dari lama Randstad, terdapat 5 karakteristik guru yang baik. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Sabar dan Mudah Didekati

Ilustrasi guru sekolah/ Foto: Freepik.com/pressfoto
Ilustrasi guru sekolah/ Foto: Freepik.com/pressfoto

 

Karakteristik pertama guru yang baik adalah sabar dan mudah didekati. Berurusan dengan siswa yang notabennya masih berada pada usia anak-anak hingga remaja bukanlah urusan yang sederhana. Terlebih lagi karakteristik setiap anak yang berbeda-beda.

 

Oleh sebab itu, guru dituntut dapat memposisikan diri sebagai sosok yang nyaman bagi anak-anak untuk belajar. Contohnya, anak perlu merasa nyaman ketika berkonsultasi tentang materi pelajaran yang kurang dipahaminya.

2. Antusias

Ilustrasi guru baik/ Foto: Freepik.com/jcomp
Ilustrasi guru baik/ Foto: Freepik.com/jcomp

 

Guru adalah sosok panutan bagi siswa. Apapun yang ditampilkan oleh guru akan selalu menjadi perhatian. Oleh karenanya, penting bagi guru untuk menampilkan sikap antusias dan semangat dalam mengajar.

 

Ini juga merepresentasikan betapa guru mencintai pekerjaannya. Semakin antusias guru dalam mengajar, maka akan semakin potensial pula bagi siswa untuk termotivasi hingga bisa belajar dengan baik. Ingatlah bahwa, sesuatu yang positif akan melahirkan yang positif pula.

 

3. Keterampilan Komunikasi yang Baik

 

Ilustrasi karakteristik guru/ Foto: Freepik.com/pressfoto
Ilustrasi karakteristik guru/ Foto: Freepik.com/pressfoto

 

Kemampuan untuk mengartikulasikan ide dan pemikiran adalah keharusan mutlak bagi seorang guru. Ini semua didapatkan dari keterampilan berkomunikasi. Idealnya, guru tidak hanya bertugas untuk berkomunikasi dengan para siswa, melainkan juga para orang tua siswa dan rekan sejawatnya di sekolah.

 

Ada kalanya, guru akan dihadapkan pada situasi ketika mereka harus berbicara kepada para orang tua tentang perkembangan belajar anak. Dalam proses ini, guru perlu meyakinkan dan memberikan penjelasan sebaik mungkin. Itu semua bisa terlaksana baik apabila guru punya keterampilan berkomunikasi yang baik.

 

4. Pengetahuan yang Kuat dan Pendidikan yang Solid

 

Ilustrasi guru mengajar/ Foto: Freepik.com/timeimage
Ilustrasi guru mengajar/ Foto: Freepik.com/timeimage

 

Menjadi seorang guru juga berarti bahwa kamu perlu kualifikasi pendidikan yang sesuai untuk mendukung pengetahuan yang akan diajarkan. Pengetahuan ini menjadi salah satu aspek yang sangat penting mengingat peran guru yang begitu urgen dalam proses belajar mengajar.

 

Guru harus siap sedia dengan berbagai pertanyaan yang akan menghampiri. Sebab para siswa biasanya akan mengajukan pertanyaan kepada para guru saat mereka tidak memahami sesuatu ataupun sekadar ingin mengetahui informasi tertentu.

 

5. Disiplin dan Profesional

 

Ilustrasi guru baik/ Foto: Freepik.com/odua
Ilustrasi guru baik/ Foto: Freepik.com/odua

Pada dasarnya, disiplin dan profesional penting untuk semua profesi. Disiplin dan profesional bagi seorang guru terbilang cukup penting sebab guru memiliki tanggung jawab yang beragam. Mulai dari mengelola kelas, mempersiapkan perangkat pembelajaran hingga mempersiapkan segala sesuatu untuk proses pembelajaran seperti model dan metode pembelajaran.

 

Profesionalisme juga sangat penting mengingat bahwa guru harus berhadapan dengan banyak anak didik dengan berbagai karakternya. Guru yang profesional akan memahami dan berusaha untuk tidak mencampur persoalan pribadi dengan urusan mengajarnya. Oleh karenanya, guru sebisa mungkin akan menampakkan kondisi terbaiknya saat berhadapan dengan siswa. Adapun masalah yang mungkin tengah dihadapi, sebisa mungkin disembunyikan saat di ruang kelas.

---

 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE