STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Pernah Merasakan Mimpi Saat Tidur Secara Sadar? Yuk, Cari Tahu Tentang Lucid Dream!

Atikah Nur Pertiwi | Beautynesia
Rabu, 20 Jan 2021 10:15 WIB
Pernah Merasakan Mimpi Saat Tidur Secara Sadar? Yuk, Cari Tahu Tentang Lucid Dream!

Semua orang pasti pernah bermimpi ketika tidur. Tapi apakah kamu pernah merasakan mimpi secara sadar saat tidur? Bahkan, kamu bisa mengendalikan mimpi itu? Jika kamu pernah, kamu sedang mengalami yang namanya lucid dream.  

Faktanya, sejumlah orang dapat mengalami lucid dream, dan beberapa dari mereka bahkan dapat mengontrol elemen tertentu dari mimpi mereka. Misalnya kamu dapat mengenali pikiran dan emosi kamu saat mimpi itu terjadi. Terkadang, kamu juga bisa mengubah orang, lingkungan, atau alur ceritanya, lho. 

Jadi apa sih sebenarnya lucid dream itu?

Apa itu Lucid Dream?

Apa itu lucid dream
Lucid Dream/pexels.com

Lucid dream adalah saat kamu tahu dan menyadari bahwa kamu sedang bermimpi saat sedang tidur.

Jika kamu pernah menonton film “Inception”, dalam film itu menceritakan bahwa seseorang mampu mengontrol bentuk dan isi mimpinya, serta impian orang lain. 

Kamu tahu bahwa peristiwa atau mimpi yang muncul di otak sebenarnya tidak terjadi, tapi mimpi itu terasa hidup dan nyata. Sama seperti dalam film “Inception”, bahwa kamu dapat mengontrol bagaimana mimpi itu terjadi, seolah-olah sedang mengarahkan film dalam tidur. 

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar setengah dari orang mungkin pernah mengalami setidaknya satu kali mimpi sadar atau lucid dream. Tapi itu mungkin tidak sering terjadi, biasanya hanya beberapa kali dalam setahun.

Kapan Lucid Dream bisa Terjadi? 

Sedang tertidur
Sedang Tidur/freepik.com

Lucid dream paling sering terjadi selama tidur rapid eye movement (REM), dimana periode tidur sangat nyenyak yang ditandai dengan gerakan mata, pernapasan lebih cepat, dan lebih banyak aktivitas otak. 

Biasanya memasuki tidur REM adalah sekitar 90 menit setelah tertidur dan berlangsung sekitar 10 menit. Ketika kamu tidur, setiap periode REM bisa lebih lama dari sebelumnya, yang akhirnya bisa berlangsung hingga satu jam.

Manfaat Lucid Dream

Merasa cemas
Manfaat Lucid Dream/freepik.com

Siapa sangka, ternyata lucid dream memiliki manfaat yang dapat membantu di kehidupan nyata kita lho, seperti :

  • Mengurangi kecemasan. Dalam hal ini berfungsi sebagai terapi bagi orang-orang yang mengalami mimpi buruk, mengajari mereka cara mengendalikan mimpi mereka.
  • Keterampilan motorik yang lebih baik. Bagian yang sama dari otak menjadi aktif, ketika kamu membayangkan gerakan-gerakan tersebut saat bangun atau melaluinya selama lucid dream.
  • Pemecahan masalah yang lebih baik. Orang yang mengalami lucid dream dapat membantu orang memecahkan masalah yang berhubungan dengan kreativitas, lebih banyak daripada dengan logika.
  • Lebih banyak kreativitas. Dalam studi, lucid dream dapat menemukan ide atau wawasan baru, terkadang dengan bantuan karakter dalam mimpi mereka sendiri.

Itulah dia penjelasan mengenai lucid dream. Walaupun lucid dream berpotensi mengurangi mimpi buruk, menghilangkan kecemasan, dan meningkatkan keterampilan motorik dan kreativitas. Berhati-hatilah jika kamu mengalami gangguan tidur atau mental. 

Mencoba lucid dream menimbulkan beberapa risiko, termasuk gangguan tidur dan derealisasi. Jadi, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan terapis atau spesialis tidur sebelum mencoba lucid dream ya, Ladies!

 

(mel/mel)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE