sign up SIGN UP

PNS Hingga Pekerja Lainnya di DKI Jakarta Bakal Pulang Lebih Malam! Kapan Aturannya Berlaku?

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Senin, 08 Aug 2022 12:30 WIB
PNS Hingga Pekerja Lainnya di DKI Jakarta Bakal Pulang Lebih Malam! Kapan Aturannya Berlaku?
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu salah satu pekerja ataupun PNS yang berlokasi di Jakarta? Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) angkat bicara perihal rencana pemberlakuan jam kerja baru bagi para pegawai negeri sipil (PNS), hingga para pekerja lainnya di DKI Jakarta belum lama ini.

Kementerian PANRB menjadi salah satu dari sederet kementerian hingga lembaga yang diundang rapat bersama Polda Metro Jaya. Selain itu, rencana perubahan jam kerja yang dikabarkan membuat pekerja DKI Jakarta pulang lebih malam ini muncul sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di kawasan ibukota Jakarta yang kian kronis setiap harinya.

Ilustrasi kemacetan di DKI JakartaIlustrasi kemacetan di DKI Jakarta/ Foto: Getty Images/iStockphoto/yevtony

Mohammad Averrouce, Kepala Biro Data di Kementerian PANRB menjelaskan jika rencana perubahan jam kerja tersebut belum diputuskan serta masih dalam pembahasan bersama, Beauties, seperti yang ia katakan kepada CNBC Indonesia.

Lebih lanjut, Averrouce juga tidak merinci kapan tepatnya rencana tersebut akan dieksekusi. Namun pada prinsipnya, pemerintah menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dalam upaya bersama menekan angka kemacetan di Jakarta yang kian mengkhawatirkan.

Ilustrasi kemacetan di DKI JakartaIlustrasi kemacetan di DKI Jakarta/ Foto: Getty Images/Brasil2

"Prinsip Kementerian PANRB siap berkolaborasi dalam upaya bersama untuk mengurai kemacetan," ungkap Averrouce. Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya mencatat, angka kemacetan di Jakarta pada pagi hari mencapai 54%.

Di mana diperkirakan pula kemacetan jalan, tak hanya di Jakarta, telah menimbulkan kerugian negara sekitar Rp71 triliun setiap tahunnya, Beauties. Kendati demikian, rencana perubahan jam kerja yang membuat para PNS hingga pekerja lainnya bakal pulang lebih malam turut memiliki tantangan.

Salah satunya adalah dukungan transportasi yang memadai, karena pemerintah merasa harus menambah armada transportasi untuk jam malam, di mana saat ini yang sudah tersedia harus diakui belum mencukupi secara maksimal.

Ilustrasi transportasi publikIlustrasi transportasi publik/ Foto: istockphoto.com/JuliaGomina

"Kalau ditarik ke jam 12 masuk pertama, itu jam berapa balik ke sananya, jam 8. Apa siap pemerintah daerah menyiapkan transportasi dari awal sampai akhir? Butuh dipikirkan," jelas Nurjaman, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DKI Jakarta yang turut diundang rapat bersama Polda Metro Jaya.

Kamu bisa klik DI SINI untuk membaca selengkapnya, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id