sign up SIGN UP

RAHASIA OTAK CERDAS

Rahasia Otak Cerdas Orang Jepang, Pantas Saja Teknologinya Maju!

Arum Narwastu | Jumat, 17 Sep 2021 11:00 WIB
Rahasia Otak Cerdas Orang Jepang, Pantas Saja Teknologinya Maju!
caption
Jakarta -

Orang Jepang memang dikenal dengan kecerdasan dan budaya disiplin yang tinggi. Hal ini membuat Jepang jadi negara yang rapi dan punya beragam teknologi maju. Kamu penasaran nggak sih sebenarnya apa rahasia kecerdasan orang Jepang?

Makanan Penuh Nutrisi

Sebelum Makan Sashimi, Simak Dulu Tips Mengolah Daging Ikan Salmon Ini!Ikan Salmon/ Foto: Freepik.com

Orang Jepang sangat memperhatikan nutrisi pada makanannya. Makanan di Jepang kebanyakan terbuat dari ikan segar yang penuh dengan kandungan omega 3. Selain itu, orang Jepang juga menyukai sayur dan daging sebagai sumber protein.

Makanan di Jepang mungkin terasa lebih hambar karena mereka mengurangi konsumsi garam dan gula. Kebiasaan makan sehat ini sudah diterapkan sejak kecil. Bahkan, sekolah-sekolah di Jepang menyediakan makan siang untuk murid yang terdiri dari makanan-makanan bergizi.

Pelajaran Moral dan Disiplin di Sekolah

Jepang terkenal dengan kreativitas masyarakatnya. Salah satunya sebuah sekolah yang dibangun dari kontainer. Sekolah itu pun tahan gempa dan ramah lingkungan.Sekolah Jepang/ Foto: Dok. Boredpanda

Pendidikan adalah hal yang sangat penting di Jepang. Tapi, guru di Jepang bukan hanya berfokus dalam ilmu pengetahuan saja. Para guru juga selalu memberikan pelajaran moral dan disiplin di sekolah. Bahkan, datang tepat waktu jadi salah satu faktor penilaian penting di sana.

Saat di sekolah, anak-anak juga diajari keterampilan sehari-hari seperti membersihkan rumah. Sehingga anak perempuan dan laki-laki di Jepang sudah memiliki kemampuan untuk mandiri sejak kecil.

Mengembangkan Minat dan Bakat

Di Jepang, hampir semua bakat diapresiasi. Hal ini membuat anak-anak di Jepang tidak pernah takut untuk mengejar mimpinya. Orang berprestasi bukan hanya di bidang akademik saja, tapi juga di bidang seni, bahasa, hingga aktivitas fisik. Hal ini juga didukung oleh sistem pendidikan dini di Jepang yang menyediakan wadah supaya anak-anak bisa berkreasi dan berimajinasi.

Suka Membaca

Ilustrasi membaca.Ilustrasi membaca/ Foto: Freepik.com

Budaya membaca di Jepang sangat tinggi. Mereka bisa membaca dimana saja, bahkan saat ada di kereta. Hal ini didukung juga oleh pemerintah Jepang yang banyak mengimport buku-buku bagus dari luar negeri dan mengubahnya ke bahasa Jepang agar bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id