STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ramai Jadi Perdebatan di Medsos soal #Swedengate, Tradisi di Swedia yang Tidak Suguhkan Makanan untuk Tamu

Risqi Nurtyas Sri Wikanti | Beautynesia
Jumat, 02 Sep 2022 22:30 WIB
Ramai Jadi Perdebatan di Medsos soal #Swedengate, Tradisi di Swedia yang Tidak Suguhkan Makanan untuk Tamu

Di akhir Mei lalu, sempat viral tagar #Swedengate di media sosial Twitter. Tagar ini ramai diperbincangkan setelah netizen tahu kalau ternyata ada tradisi yang mana keluarga Swedia mengundang tamu ke rumahnya tanpa menawari atau menyuguhkan makanan.

Tradisi ini sangat berbanding terbalik dengan keluarga dari negara lainnya, termasuk Indonesia. Indonesia adalah tipe orang-orang yang sangat memuliakan tamu. Ketika ada tamu datang ke rumah, pasti akan ada banyak suguhan makanan. Bahkan, tamu akan diajak untuk makan di ruang makan bersama-sama.

Bagaimana topik dari tagar #Swedengate menjadi pembicaraan dan apa saja reaksi netizen akan fenomena ini? Simak uraiannya di bawah yang dilansir dari The Independent.

Awal Mula Viral

Ilustrasi: makan bersama keluarga/ Foto: pexels.com/Askar Abayev
Ilustrasi: makan bersama keluarga/ Foto: pexels.com/Askar Abayev

Semua bermula dari jawaban akan pertanyaan umum yang diunggah di laman forum Reddit. Pertanyaan tersebut berbunyi, “Apakah hal paling aneh yang pernah kamu lakukan di rumah orang lain dengan alasan tradisi/agama?”

Jawaban yang akhirnya viral tersebut berbunyi, “Aku ingat berkunjung ke rumah teman Swediaku. Saat kita bermain di kamarnya, ibunya berteriak kalau makan malam sudah siap. Dan tandai ini. Dia menyuruhku untuk MENUNGGU di kamarnya saat mereka makan.”

Setelah jawaban tersebut diunggah, tak lama kemudian langsung tersebar ke media sosial yang menyebabkan tagar #Swedengate langsung menjadi trending topic di Twitter. 

Ribuan orang menceritakan pengalaman mereka saat tidak disuguhi makanan ketika bertamu ke rumah keluarga Swedia. Pengalaman-pengalaman itu dikritik oleh banyak pengguna Twitter, sedangkan orang Swedia sendiri berusaha membela diri tentang praktik ini.

Sudah Menjadi Tradisi Turun-temurun di Swedia

Ilustrasi: suasana saat makan bersama/ Foto: pexels.com/fauxels
Ilustrasi: suasana saat makan bersama/ Foto: pexels.com/fauxels

Apabila orang-orang non-Swedia menganggap tradisi ini sangat aneh dan tidak sopan, ternyata orang Swedia menganggapnya sebagai kebiasaan. Mereka tidak merasa aneh ketika tidak diajak makan bersama atau disuguhi makanan ketika berkunjung ke rumah keluarga Swedia.

Sudah ada aturan bahwa keluarga Swedia tidak menyuguhkan makanan ke tamu (apalagi untuk anak-anak yang bermain ke rumah mereka) dengan alasan agar tidak mengacaukan rencana makan malam yang dimiliki keluarga anak-anak tersebut.

Linda Johansson yang merupakan orang Swedia memberikan pendapatnya, “Bukan karena tidak ingin memberikan makanan pada anak-anak atau alasan uang. Kebiasaan ini lebih seperti tradisi dan keinginan sang anak untuk makan malam bersama keluarganya sendiri.”

Orang Swedia lainnya juga menambahkan kalau keluarga Swedia memasak dengan jumlah porsi hanya untuk anggota keluarganya. Namun, jika akan ada orang bertamu, tamu harus mengabari dahulu, baru mereka akan membuatkan makanan dengan porsi yang lebih.

Satu orang Swedia lainnya menuliskan, “Duduk makan malam bersama keluarga adalah bagian penting dalam satu hari. Jadi, kita tidak boleh mengacaukan waktu makan keluarga lain."

Kritikan dari Netizen Negara Lain

Ilustrasi: suasana makan bersama/ Foto: pexels.com/Kampus Production
Ilustrasi: suasana makan bersama/ Foto: pexels.com/Kampus Production

Berbagai protes dan kritikan dilayangkan oleh netizen dari negara-negara lain kepada orang-orang Swedia tentang tradisi ini. Mereka semua berpendapat kalau semua tamu, bahkan anak-anak yang bermain ke rumah harus disuguhkan makanan, tidak ada yang tahu kalau anak-anak tersebut belum makan dari pagi.

“Kenapa kau mengundang anak-anak untuk bermain ke rumah tanpa ada pikiran untuk memberikan mereka makanan, anak-anak mudah lelah dan lapar setelah bermain,” tulis seorang netizen.

Bagaimana menurut Beauties tentang tradisi keluarga Swedia ketika ada orang bertamu ini?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE