sign up SIGN UP

Saat Dilanda Sedih, 3 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Biar Perasaan Cepat Pulih!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Minggu, 17 Jul 2022 21:00 WIB
Saat Dilanda Sedih, 3 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Biar Perasaan Cepat Pulih!
caption

Setiap orang pasti pernah merasa sedih. Orang sedih cenderung lebih diam dari biasanya, menutup diri, atau bahkan menangis. Pasalnya, kesedihan sendiri tercipta akibat luka, menyesal, kecewa berat atau bahkan kemarahan yang disimpan rapat-rapat. Jadi wajar saja jika kesedihan membuat seseorang terlihat lemah dan sensitif.

Tapi setiap badai pasti akan berlalu, sama halnya dengan kesedihan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyudahi kesedihan yang ada. Misalnya dengan bercerita kepada teman dekat akan permasalahan, berkumpul dengan teman untuk melupakan, atau mengikhlaskan apa yang telah terjadi.

Walau nggak saat itu juga terhenti, setidaknya ada sedikit perasaan lega telah mengeluarkan uneg-uneg yang ada. Untuk mengetahui lebih dalam penyebab kesedihan dan cara mengatasinya, simak selengkapnya di sini yuk!

Apa Itu Perasaan Sedih?

orang sedih sedang duduk
orang sedih/foto: pexels.com/mart production

Dalam kamus Oxford, perasaan sedih diartikan sebagai perasaan yang membuat seseorang tidak bahagia, tertekan, dan bersalah. Singkatnya, sedih merupakan perasaan yang nggak bisa dilepaskan dari emosi seseorang saat merasa sudah tidak kuat lagi.

Penyebab Perasaan Sedih

Ada baiknya rasa sedih itu perlu diluapkan, baik dengan diri sendiri maupun dengan teman dekat. Sebab, meluapkan emosi bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri.

Setiap akibat pasti ada sebabnya. Begitu juga saat orang merasa sedih. Dikutip dariĀ choosing therapy, penyebab sedih ada banyak. Mulai dari hubungan yang buruk dengan keluarga maupun teman, kesusahan untuk melakukan sesuatu dimanapun, memiliki penyakit, pindah ke tempat baru, hingga kehilangan seseorang yang sangat berharga dalam hidup.

Deretan Hal yang Bisa Dilakukan Saat Sedih

Ilustrasi Perempuan Bahagia/Pexels/Andrea PiacquadioIlustrasi Perempuan Bahagia/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat kamu sedih. Simak yuk!

1. Bertemu dengan Teman Dekat

Saat seseorang merasa sedih, mereka pasti mencari emotional supportnya masing-masing. Baik teman, keluarga, sahabat, maupun pasangan.

Hal ini sangat baik untuk dilakukan agar mengurangi kesedihan yang sedang dialami. Di lain sisi, orang-orang di sekitar tersebut juga dapat membantu mengontrol emosi agar tidak melakukan hal di luar batas.

2. Melakukan hobi

melakukan hobi juga bisa mengurangi kesedihan loh
menulis/foto: pinterest.com/Samiha Siddiqua

Hobi bisa dilakukan kapanpun. Meski saat sedih sekalipun. Bagi sebagian orang, mereka akan merasa nyaman untuk melakukan suatu kegiatan yang mereka sukai saat sedang sedih. Baginya, kesedihan bisa sedikit terkurangi saat menyalurkan di hobi.

3. Jalan-jalan

jalan-jalan bisa menjadi kunci berkurangnya kesedihan
packing/foto: pinterest.com/one fab day

Selain menghilangkan penat, jalan-jalan juga bisa membantu seseorang menghilangkan kesedihan yang sedang dialaminya. Pasalnya, orang tersebut akan melewati berbagi tempat baru dan bertemu banyak sekali orang dalam perjalanan. Sehingga bisa membantu orang tersebut untuk melupakan kesedihannya perlahan.

Walau begitu, sedih merupakan perasaan alamiah setiap manusia. Jika bisa ditangani dengan baik, mana kesedihan tersebut akan cepat hilang. Jadi, jangan sedih lagi karena hidup itu indah, beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id