sign up SIGN UP

Sama-sama Suka Cari Perhatian, Ini Bedanya Narcissistic dan Histrionic Personality Disorder

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Senin, 01 Aug 2022 20:15 WIB
Sama-sama Suka Cari Perhatian, Ini Bedanya Narcissistic dan Histrionic Personality Disorder
caption

Beauties, apakah kamu pernah mendengar gangguan kesehatan mental narcissistic personality disorder (NPD)? Atau histrionic personality disorder (HPD)? Keduanya merupakan gangguan kepribadian yang termasuk dalam kelompok B dengan ciri-ciri pola pikir dan perilaku yang sulit diprediksi, serta kerap menunjukkan perilaku yang dramatis dan emosional demi menarik perhatian orang lain. 

Oleh karena itu, nggak heran kalau kedua gangguan kepribadian tersebut sekilas terlihat sama. Padahal, gangguan narsistik dan histrionik adalah dua jenis gangguan kepribadian yang berbeda. Hal ini pula yang membuat sebagian orang bingung saat membedakan keduanya. 

Apa saja bedanya? Dilansir dari Very Well Health, yuk kenali perbedaan gangguan kepribadian narsistik dan histrionik supaya nggak bingung lagi membedakan keduanya. 

Kemampuan Menunjukkan Empati

kemampuan menunjukkan emosi penderita npd dan hpd
histrionic personality disorder/Foto: freepik.com/Benzoix

Perbedaan narcissistic personality disorder dan histrionic personality disorder bisa dilihat dari kemampuan mereka dalam menunjukkan empati. Penderita NPD lebih sulit atau enggan menunjukkan rasa empatinya terhadap orang lain. Dilansir dari Psychology Today, sebenarnya ini adalah bentuk perlindungan diri mereka karena penderita NPD  takut hal tersebut justru dianggap sebagai kelemahan mereka oleh orang lain. 

Sebaliknya, penderita HPD justru lebih mampu menunjukkan rasa empatinya terhadap orang lain. Mereka juga lebih sensitif, terutama terhadap kritikan dan saran dari orang lain. Kondisi ini menyebabkan penderita HPD lebih memungkinkan untuk mengembangkan hubungan ketergantungan. 

Tujuan Mencari Perhatian

Tujuan NPD dan HPD mencari perhatian
narcissistic personality disorder/Foto: freepik.com/ViDi Studio

Salah satu ciri khas dari gangguan kepribadian kelompok B adalah sering menunjukkan perilaku yang dramatis dan emosional agar mendapat perhatian dari orang lain. Makanya, nggak heran kalau penderita NPD maupun HPD memiliki keinginan untuk diperhatikan atau menjadi pusat perhatian yang tinggi. Trus, apa dong bedanya?

Bedanya, penderita NPD butuh perhatian dari orang lain untuk dikagumi dan diakui. Sebab, mereka punya rasa grandiosity, yakni perasaan superioritas atau harga diri yang berlebih. Sementara itu, penderita HPD butuh perhatian karena ingin merasa diterima oleh orang lain. 

Biasanya, penderita HPD menarik perhatian orang lain dengan berperilaku dramatis seolah-olah dirinya adalah aktor, berpakaian provokatif, berperilaku genit, bahkan tak segan-segan mempermalukan diri sendiri demi memuaskan keinginan untuk diperhatikan tersebut. 

Jenis Kelamin

NPD lebih banyak dialami pria
gangguan kepribadian/Foto: freepik.com/Cookie_studio

Narcissistic personality disorder lebih sering dialami oleh pria. Sebaliknya, histrionic personality disorder justru lebih sering dialami oleh perempuan. Dilansir dari Good Therapy, 50-75 persen penderita NPD adalah pria. 

Selain itu, NPD juga lebih umum terjadi di masyarakat dibandingkan HPD. Hanya ada 1,8 persen orang yang menderita gangguan histrionik

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id