sign up SIGN UP

Diduga Diidap oleh Amber Heard, Begini Cara Menghadapi Pasangan dengan Histrionic Personality Disorder

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Rabu, 18 May 2022 23:15 WIB
Diduga Diidap oleh Amber Heard, Begini Cara Menghadapi Pasangan dengan Histrionic Personality Disorder
caption
Jakarta -

Histrionic personality disorder (HPD) atau gangguan kepribadian histrionik belakangan ramai diperbincangkan. Mungkin tepatnya, setelah seorang psikilog forensik, dr. Shannon Curry, menyebutkan bahwa Amber Heard mengidap gangguan kepribadian tersebut. 

Histrionic personality disorder adalah gangguan kepribadian yang membuat penderitanya memiliki emosi yang nggak stabil dan sangat suka diperhatikan oleh orang lain. Bahkan, demi memuaskan keinginannya untuk mendapatkan perhatian dari orang lain, ia sering berperilaku dramatis atau berlebihan agar menarik perhatian. Hal inilah yang membuat pasangannya lelah menjalani hubungan dengan penderita HPD. 

Namun, di lain sisi mengakhiri hubungan dengan seseorang yang menderita HPD pun mungkin nggak akan mudah karena mereka akan melakukan segala cara untuk menarik perhatian, seperti mengancam atau melakukan percobaan bunuh diri.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Kamu bisa menerapkan beberapa cara menghadapi pasangan dengan gangguan kepribadian histrionik berikut ini seperti yang dilansir dari Good Therapy. 

Buat Batasan yang Jelas

Cara menghadapi pasangan dengan gangguan HPD
histrionic personality disorder/Foto: freepik.com/Drazen Zigic

Ketika menjalin hubungan dengan orang yang mengidap histrionic personality disorder, kamu harus membuat batasan yang jelas. Sebab, penderita HPD kerap menunjukkan perilaku manipulatif atau memalukan untuk mencari perhatian orang lain. Makanya, penting untuk membuat batasan yang jelas. 

Kamu bisa mengajak pasanganmu diskusi atau ngomong baik-baik supaya dia tahu mana batasan yang nggak boleh dilewatkan. Misalnya, kalau dia mulai bertingkah atau mempermalukan diri sendiri hanya untuk mendapatkan perhatianmu, kamu akan meninggalkannya. 

Tahu Kapan Harus Menenangkan Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk menenangkan dan merawat diri sendiri
gangguan kepribadian/Foto: freepik.com/Shurkin Son

Menjalani kehidupan bersama pengidap HPD memang nggak mudah. Ada kalanya, kamu akan merasa lelah secara mental maupun fisik. 

Dalam kondisi seperti ini, nggak apa-apa, kok kalau kamu mau beristirahat sebentar. Luangkan waktu untuk menenangkan dan merawat diri sendiri. Jangan ragu untuk meminta bantuan profesional bila sulit menghadapi pasangan dengan gangguan histrionik ini. 

Tetap Tenang Saat Pasangan Mulai Menunjukkan Perilaku Dramatis

Tetap tenang saat pasangan mulai berdrama
Gangguan kesehatan mental/Foto: freepik.com/Freepik

Menanggapi segala perilaku dramatis dan manipulatif pasangan dengan gangguan kepribadian ini secara negatif adalah hal yang diinginkannya. Salah satu cara supaya kamu nggak terseret dalam drama yang diciptakannya adalah tetap tenang.

Dengan nggak menanggapi drama atau perilakunya yang manipulatif, akan membantunya sadar bahwa ia nggak akan mendapatkan perhatianmu dengan bertindak seperti itu. 

Abaikan Perilaku Dramatisnya

Abaikan pasangan yang mulai menunjukkan perilaku drama
gangguan kepribadian histrionik/Foto: freepik.com/Gpointstudio

Kalau tetap bersikap tenang nggak bisa membantumu dalam menghadapi perilaku dramatis pasanganmu, maka mengabaikannya adalah pilihan lain yang bisa kamu lakukan. Sebab, bertengkar dengannya hanya akan memperkeruh keadaan dan membuat kamu capek. Jadi, lebih baik abaikan saja dan biarkan berlalu.

Well, Beauties, itu dia empat cara menghadapi pasangan dengan histrionic personality disorder seperti yang diidap Amber Heard. Kalau kamu merasa sulit untuk menghadapinya, jangan malu dan ragu untuk meminta bantuan psikolog atau psikiater, ya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id