STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sebagai Maba, Mending Ikut Organisasi Tidak, ya? Berikut 5 Pertimbangannya!

Izzul Millati Umami | Beautynesia
Minggu, 27 Sep 2020 12:00 WIB
Sebagai Maba, Mending Ikut Organisasi Tidak, ya? Berikut 5 Pertimbangannya!

Organisasi adalah wadah untuk mahasiswa mencari pengalaman serta mengembangkan diri. Selain kuliah yang menjadi tugas utama mahasiswa, berorganisasi merupakan kegiatan tambahan yang dapat dilakukan kamu sebagai mahasiswa.

Manfaat dari berorganisasi adalah sebagai bekal masuk ke dunia kerja di kemudian hari. Banyak hal yang dapat kamu pelajari dari berorganisasi, antara lain memahami alur diskusi, melatih jiwa kepemimpinan dan memecahkan masalah. Sebagai maba, kamu bisa mempertimbangkan lima hal berikut sebelum memutuskan untuk masuk organisasi atau tidak.

Temukan Alasanmu

Organisasi Mahasiswa
Organisasi Mahasiswa/Sumber:pixabay.com

Hal utama yang pertimbangkan terlebih dahulu adalah alasan bergabung ke dalam sebuah organisasi. Cobalah untuk menemukan alasanmu berorganisasi. Cari alasan paling rasional. Apakah kamu berorganisasi ingin mencari pengalaman, mendapatkan ilmu baru, teman-teman baru atau sekedar mengisi waktu luang? Jangan sampai kamu ikut organisasi hanya karena ikut-ikutan teman tanpa punya alasan yang jelas.

Cari Organisasi yang Sesuai Bakat

Ada beberapa organisasi yang akan kamu jumpai saat ada di perguruan tinggi. Kamu jangan bingung untuk memilih organisasi. Pastikan bahwa organisasi yang ingin kamu ikuti tersebut sesuai dengan bakat yang kamu punya agar kemampuanmu terasah.

Lihat Waktu Luangmu

Lihat Waktu Luang
Lihat Waktu Luang/Sumber:pixabay.com

Ketika kamu ingin bergabung ke organisasi, kamu harus melihat waktu luang yang kamu punya, apakah waktu luangmu itu cukup untuk digunakan berorganisasi? Kamu harus mempunyai manajemen waktu yang baik. Aturlah waktu sebaik mungkin kalau kamu berniat ikut organisasi.

Bertanya ke Mahasiswa Senior

Buat kamu yang belum ada pengalaman berorganisasi sebelumnya, jangan sungkan untuk bertanya ke mahasiswa senior yang ada di kampus. Kamu bisa bertanya secara mendalam kepada mereka tentang seluk beluk dari organisasi yang ingin kamu ikuti.

Manfaat untuk Masa Depan

Manfaat Untuk Masa Depan
Manfaat Untuk Masa Depan/Sumber:pixabay.com

Kamu memang bebas untuk mengikuti organisasi apapun di kampus, tetapi selalu pikirkan manfaat apa yang akan kamu dapatkan untuk masa depanmu nanti setelah lulus kuliah. Dengan aktif di organisasi, nantinya akan menjadikanmu ahli dalam bidang tertentu dan bisa menjadi nilai tambahmu saat berada di dunia kerja.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE