sign up SIGN UP

Sebelum Jalan ke Mal dan Bioskop, Cek Dulu Yuk Aturan PPKM Level 1 Berikut Beauties!

Tim Redaksi Detik | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 14:00 WIB
Sebelum Jalan ke Mal dan Bioskop, Cek Dulu Yuk Aturan PPKM Level 1 Berikut Beauties!
Foto: freepik - jcomp
Jakarta -


Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 di seluruh Indonesia.

Hal itu diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2022 untuk pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali yang berlaku mulai tanggal 2 s.d. 15 Agustus 2022 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2022 untuk PPKM di Luar Jawa dan Bali yang berlaku mulai tanggal 2 Agustus s.d. 5 September 2022.

Kedua aturan itu ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin (1/8/2022). Dalam Inmendagri itu tertuang aturan mengenai kegiatan-kegiatan saat PPKM level 1.

Nah kamu yang ada rencana jalan-jalan ke mal atau nonton bioskop, cek dulu yuk Beauties aturan PPKM Level 1 berikut.

Aturan Mal

Hanya ada beberapa mall sajaHanya ada beberapa mall saja/ Foto: Mall/Foto: pexels.com/Tom Fisk

- Kapasitas mal 100% dan buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

- Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

- Tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/ mal/ pusat perdagangan dibuka dan wajib untuk menunjukkan bukti vaksinasi lengkap khusus untuk setiap anak usia 6 sampai dengan 12 tahun yang masuk.

- Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Aturan Bioskop

Perlu mempertimbangkan usia tepat untuk membawa anak ke bioskopilustrasi bioskop/ Foto: Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

- Pengunjung wajib menggunakan PeduliLindungi.

- Kapasitas 100% dan hanya pengunjung kategori hijau di PeduliLindungi boleh masuk.

- Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

- Restoran/ rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 100%.

Aturan di Warung Makan-Kafe

Nongkrong di kafe sendiriNongkrong di kafe sendiri/ Foto: Shinta Nikmah

Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan Pukul 22.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 100% dari kapasitas yang pengaturan teknis diatur oleh Pemerintah Daerah.

Aturan yang sama juga berlaku bagi kafe, restoran dengan lokasi berada di dalam ruangan. Sementara untuk rumah makan jam operasional pukul 18.00 dapat buka hingga 12.00 waktu setempat.

Lalu bagaimana dengan aturan kegiatan perkantoran dan pembelajaran selama PPKM Level 1 ini? Kamu bisa baca selengkapnya di sini ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id