sign up SIGN UP

Dari Pengajar hingga Dokter Hewan, 10 Pekerjaan Ini Didominasi oleh Perempuan

Diny Tiara Putri | Beautynesia
Senin, 25 Jul 2022 23:00 WIB
Dari Pengajar hingga Dokter Hewan, 10 Pekerjaan Ini Didominasi oleh Perempuan
Ilustrasi Perempuan Bekerja/Foto: Pexels/fauxels

Era sekarang, melihat perempuan bekerja atau pegawai perempuan bukan menjadi suatu hal yang tabu. Banyak perusahaan serta prospek kerja yang telah membuka tangan mereka untuk menerima perempuan sebagai pegawai, bahkan terdapat juga posisi tinggi di suatu instansi yang dipimpin oleh perempuan. Hal tersebut menjadikan pejuang rupiah tak hanya diisi oleh pria, tetapi juga perempuan.

Akan tetapi, terdapat juga beberapa orang yang masih memandang perempuan bekerja hanya sebelah mata. Mereka beranggapan bahwa perempuan tak perlu untuk ikut mencari nafkah, terutama jika sudah menikah. Tak hanya itu, diskriminasi terhadap perempuan di dunia kerja pun juga masih terjadi.

Seperti, beberapa perusahaan yang pekerjaannya lebih banyak di lapangan, berurusan dengan mesin, dan lainnya, mereka lebih memilih pegawai pria dibanding perempuan. Karena hal tersebut serta diskriminasi yang terjadi di lingkungan kerja, terkadang membuat kaum perempuan merasa tak nyaman dengan pekerjaannya.

Nah, untuk kamu yang ingin bekerja atau sedang dalam proses mencari pekerjaan, berikut 10 pekerjaan yang didominasi oleh perempuan, dilansir dari Stylecraze. Yuk, simak!

Pengajar

Ilustrasi Tenaga Pengajar/Freepik
Ilustrasi Tenaga Pengajar/Freepik

Saat ini perempuan memiliki persentase yang lebih besar sebagai tenaga pendidik atau pengajar daripada beberapa dekade sebelumnya. Departemen pendidikan di Amerika Serikat bahkan mengatakan jika profesi pengajar menunjukkan bahwa 76 persen adalah perempuan. Kategori ini tidak hanya ada pada taman kanak-kanak atau sekolah dasar, tetapi juga sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Layanan Penitipan Anak

Ilustrasi Layanan Penitipan Anak/Pexels/Kampus Production
Ilustrasi Layanan Penitipan Anak/Pexels/Kampus Production

Pekerjaan ini biasanya berada di tempat penitipan anak atau pusat penitipan anak lainnya yang memenuhi kebutuhan dasar anak-anak, seperti berpakaian, mandi, memberi makan, mengawasi saat bermain, dan lainnya. Tak hanya itu, pekerjaan ini juga biasanya dapat membantu anak-anak untuk persiapan sekolah atau pekerjaan rumah.

Layanan Ketenagakerjaan

Ilustrasi Layanan Ketenagakerjaan/Freepik/lifeforstock
Ilustrasi Layanan Ketenagakerjaan/Freepik/lifeforstock

Layanan ketenagakerjaan termasuk salah satu pekerjaan yang didominasi oleh perempuan. Pada tahun 2016, Biro Statistik Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa 72 persen manajer SDM atau layanan ketenagakerjaan adalah perempuan, tak sampai di situ ketika 2017 angka tersebut pun naik menjadi 86 persen.

Dokter Hewan

Ilustrasi Dokter Hewan/Freepik
Ilustrasi Dokter Hewan/Freepik

Terdapat perubahan luar biasa dalam dunia kedokteran hewan dengan lebih banyak perempuan yang menggeluti pekerjaan ini. Sejak orang tua hewan peliharaan menginginkan peliharaan mereka untuk lebih dari sekadar vaksin atau pengendalian kutu, permintaan untuk pekerjaan dokter hewan serta beberapa orang yang bekerja dengan hewan peliharaan di lingkungan medis pun meningkat.

Pekerja Layanan Sosial

Ilustrasi Konselor/Pexels/cottonbro
Ilustrasi Konselor/Pexels/cottonbro

Ketika berbicara tentang pekerja layanan sosial, sekitar 82 persen dari mereka adalah perempuan. Pekerja sosial ini biasanya meliputi konselor atau asisten layanan sosial dan manusia. Namun, penting untuk dicatat bahwa pekerjaan sosial lebih berfokus dari sekadar menilai pasien sehari-hari. Bidang ini juga berkomitmen untuk keadilan sosial dan terdiri dari pengembang komunitas, advokat, dan aktivis HAM.

Akuntan

Ilustrasi Akuntan/Pexels/Tima Miroshnichenko
Ilustrasi Akuntan/Pexels/Tima Miroshnichenko

Secara tradisional pekerjaan ini dipandang sebagai profesi yang didominasi oleh pria. Namun, akuntansi telah berubah selama bertahun-tahun menjadi lebih setara. Tapi, hal ini bukan tren baru, Beauties. Faktanya, itu kembali ke tahun 1983 ketika perempuan mulai mendapatkan tempat dalam profesinya.

Perawat

Ilustrasi Perawat/Freepik/benzoix
Ilustrasi Perawat/Freepik/benzoix

Melansir dari Stylecraze, Biro Sensus AS mengatakan 92,3 persen pekerjaan perawat terdaftar adalah perempuan. Keperawatan telah memegang nilai dan statusnya sebagai salah satu profesi yang paling didominasi perempuan.Peran ini tidak hanya mengurus persoalan administrasi pasien, tetapi juga termasuk merawat pasien di bawah pengawasan dokter, menasihati pasien dalam perawatan setelah tindakan.

Perhotelan

Ilustrasi Resepsionis/Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi Resepsionis/Pexels/Andrea Piacquadio

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Nasional, tenaga kerja perhotelan di Amerika Serikat adalah 55 persen perempuan. Sementara lebih dari separuh tenaga kerja perhotelan perempuan hanya sedikit yang naik ke tingkat manajemen. Perempuan hanya menempati 23 persen dari posisi manajemen senior di industri ini.

Meski memiliki persentase yang rendah, namun tak dapat dipungkiri saat pergi ke hotel, kita pasti menemukan beberapa pekerja perempuan yang bekerja di sana. Bahkan dalam hal pelayanan seperti bagian informasi atau resepsionis, lebih sering melihat pegawai perempuan di sana.

Farmasi

Ilustrasi Farmasi/Freepik/zinkevych
Ilustrasi Farmasi/Freepik/zinkevych

Kurang dari dua dekade lalu, sekitar 40 persen apoteker adalah perempuan. Pada 2016, jumlah itu telah naik menjadi 54,6 persen, dan lebih dari separuh apoteker di AS adalah perempuan. Apoteker biasa menghasilkan sekitar 121 ribu USD, yang lebih membahagiakannya lagi adalah tak ada kesenjangan upah bekerja dalam pekerjaan ini baik untuk pria maupun perempuan.

Layanan Hubungan Masyarakat

Ilustrasi PR/Freepik
Ilustrasi Layanan Hubungan Masyarakat/Freepik

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, perempuan menempati 63 persen dari peran spesialis hubungan masyarakat dan 59 persen dari posisi manajemen layanan masyarakat atau PR. Sementara perempuan mendominasi hampir setiap tingkat PR, tingkat eksekutif tampaknya hampir tidak tersentuh oleh perempuan.

Nah, Beauties, itu tadi 10 pekerjaan yang didominasi oleh perempuan. Sebenarnya dalam pekerjaan memang tidak ada spesifikasi pekerjaan tersebut diperuntukkan oleh perempuan atau pria.

Kamu juga berhak memilih apa pekerjaanmu tanpa memandang gender. Apapun pekerjaannya, selama kamu sanggup untuk melaksanakannya, maka tak perlu khawatir bagaimana pandangan orang terhadap pekerjaan yang kamu jalankan. Semangat untuk pejuang rupiah!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id