sign up SIGN UP

Sederet Aplikasi Ciptaan Anak Bangsa yang Hadir untuk Bantu dan Lindungi Korban Kekerasan Seksual

Syalma Namira | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 19:00 WIB
Sederet Aplikasi Ciptaan Anak Bangsa yang Hadir untuk Bantu dan Lindungi Korban Kekerasan Seksual
Ilustrasi korban pelecehan seksual/ Foto: pexels.com/MART Production

Kekerasan seksual masih menghantui Indonesia. Berbagai langkah dilakukan guna memberantas kejahatan tersebut. Melalui digitalisasi, para anak bangsa menciptakan aplikasi perlindungan untuk para korban kekerasan seksual.

Mengutip data SIMFONI Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak, terdapat 13.391 kasus kekerasan seksual di Indonesia, 12.386 kasus dialami oleh perempuan dan 2.056 dialami pria. Hal tersebut menjadi alarm bagi semua pihak dan perlu penanganan yang tepat.

Lahir dari keresahan dan kekhawatiran tersebut, beberapa anak bangsa ciptakan aplikasi darurat yang tersedia melalui kanal digital. Teknologi kian dikembangkan dengan penambahan fitur tracking agar ketika kasus secara cepat terjadi, korban dengan sigap mendapat perlindungan. Berikut aplikasi perlindungan untuk korban yang mengalami kekerasan seksual.

Akasia

Aplikasi yang didominasi warna merah serta masih dalam tahap pengembangan ini akan segera hadir untuk memberantas kekerasan seksual di Indonesia. Terlihat dari akun resmi @akasia.app pada Instagram, aplikasi ini telah tercipta sejak 2021.

Memiliki visi “Securing Indonesia in a Hand”¸ Akasia memiliki fitur pendukung seperti tombol panik dan arsip kejadian yang mampu merekam peristiwa yang dialami korban.

Akasia/Foto: akasia.app/ Syalma Namira
Akasia/Foto: Tangkapan layar/akasia.app

“Dengan menekan tombol panik akan memberikan notifikasi pada pengguna lain khususnya pada radius terdekat untuk memberikan pertolongan. Selain itu, korban dan saksi juga bisa merekam kejadian kemudian dicatat dalam fitur arsip guna mempermudah pelaporan,” ucap Dian Mustika, pelopor aplikasi Akasia pada wawancara CNN Indonesia

Tampilan fitur Akasia/Foto:akasia.app/ Syalma Namira
Tampilan fitur Akasia/Foto: Tangkapan layar/akasia.app

Akasia akan resmi dirilis dalam waktu dekat di tahun 2022 ini. Semoga aplikasi ini bisa membantu korban untuk mendapat perlindungan, ya, Beauties!

G-Friendly

Memiliki fungsi yang sama seperti Akasia, G-Friendly turut menjadi aplikasi yang masih dalam tahap rancangan namun akan segera hadir. Aplikasi besutan mahasiswa Universitas Airlangga tersebut memiliki 4 fitur utama, sebagaimana dikutip dari laman resmi news.unair.ac.id. Fiturnya di antaranya adalah fitur outlook, reportase, pendampingan dan konsultasi, serta EC Button yang berfungsi sebagai tombol darurat.

Aplikasi G-Friendly/ Foto:news.unair.ac.id/ Humas Unair
Aplikasi G-Friendly/ Foto:news.unair.ac.id/ Humas Unair

Aplikasi berbasis Android tersebut dirancang terhubung langsung dengan kepolisian, Komnas Perempuan, Kementerian PPA, dan P2TP2A setiap daerah pengguna. Sehingga, data dan laporan kekerasan segera dapat ditindak lanjut serta korban mampu mendapat pendampingan dalam proses hukum dan psikis oleh profesional.

Wonder

Aplikasi yang dicetuskan oleh akademisi Universitas Gajah Mada (UGM) telah dirilis pada 2019. Mengutip dari laman ugm.ac.id , keresahan akan kasus kekerasan seksual yang marak menjadi alasan terkuat dibentuknya aplikasi yang dalam pengembangannya bekerja sama dengan Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ 2).

Perilisan aplikasi Wonder/ Foto:ugm.ac.id/ Humas UGM
Perilisan aplikasi Wonder/ Foto:ugm.ac.id/ Humas UGM

Wonder memiliki berbagai fitur seperti Penyelamatan, Perlindungan, dan Pendampingan. Fitur-fitur tersebut terhubung dengan 40 organisasi relawan yang turut menjadi mitra pada aplikasi yang memiliki makna nama kehebatan perempuan. Kendati masih dirilis dan beroperasi di Yogyakarta, UGM tak menutup kemungkinan Wonder akan dapat diakses oleh pengguna lain di luar provinsi tersebut.

Berbagai aplikasi yang hadir tersebut diharapkan dapat menekan angka kekerasan seksual di Indonesia. Let's stop sexual harassment and violence!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id