STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sederet Tanda Kamu Selalu Merasa Bertanggung Jawab Atas Banyak Hal dan Cara Mengatasinya

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Selasa, 22 Nov 2022 06:15 WIB
Sederet Tanda Kamu Selalu Merasa Bertanggung Jawab Atas Banyak Hal dan Cara Mengatasinya

Beauties, sejak kecil hingga dewasa, orangtua mungkin sering mendidik dan memberikan wejangan akan pentingnya menjadi orang yang bertanggung jawab. Menjadi orang yang bertanggung jawab biasanya adalah hal yang baik, karena itu dapat berarti bahwa kamu adalah sosok yang berkomitmen, dapat diandalkan, dan peduli terhadap orang lain.

Akan tetapi, apakah kita perlu mengambil alih semua tugas semua orang dengan dalih kita orang bertanggung jawab? Menjadi orang yang selalu bertanggung jawab, meskipun bukan bagiannya, pada akhirnya bisa membuat kamu lelah sendiri, Beauties.

Dilansir dari laman Quick and Dirty Tips, ternyata terdapat 4 tanda jika kamu telah mengambil tanggung jawab secara berlebihan. Simak ulasannya berikut ini!

Merasa Bersalah

Telalu Bertanggung Jawab/rawpixel.com/Teddy
Telalu Bertanggung Jawab/rawpixel.com/Teddy

Saat kamu terlalu mengambil alih tanggung jawab, maka akan timbul rasa bersalah yang berlebihan. Misalnya saja kamu menyebabkan salah satu kerugian yang tidak disengaja, atau bahkan kesalahan yang di luar kendali. Kamu akan merasa menjadi orang yang paling bertanggung jawab dan terus menyalahkan diri sendiri. 

Penghindaran Konflik

Beauties, menjadi orang yang bertanggung jawab dan mengambil seluruh tugas bisa jadi juga adalah suatu upaya untuk menghindari konflik. Beberapa orang memang lebih memilih untuk mengemban segala tugas, daripada menghadapi perdebatan akibat dari pembagian tugas tersebut, karena tidak ingin mengecewakan orang-orang di sekitarnya.

Merasa Berguna

Telalu Bertanggung Jawab/freepik.com/arlyukav
Telalu Bertanggung Jawab/freepik.com/arlyukav

Biasanya ada beberapa orang yang akan merasa senang dan bangga ketika dirinya diandalkan oleh orang lain. Mereka merasa diri mereka “berguna”. Akan tetapi, kita harus bisa membedakan mana prioritas dan tuntutan, Beauties. Prioritas adalah hal-hal yang ingin kamu lakukan, sedangkan tuntutan adalah hal-hal yang orang lain harapkan dari diri kamu.

Merasa Kompeten dan Dibutuhkan

Rasa kompetensi memang baik, dan dibutuhkan juga adalah sesuatu yang baik pula. Ada kepuasan dalam diri ketika bisa menangani beragam hal yang terjadi. Akan tetapi, kedua hal tersebut bisa menjadikan tanggung jawab yang kamu emban menjadi berlebihan.

Apa kamu memiliki salah satu atau bahkan semua tanda-tanda di atas? Jika kamu ingin berhenti menjadi orang yang terlalu sering mengambil tanggung jawab, berikut ada 3 cara mengatasinya, klik halaman selanjutnya, ya!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.