sign up SIGN UP

Selain Takut Menghabiskan Uang, 3 Bentuk Ketakutan Ini Juga Pertanda Seseorang Mengalami Money Phobia

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Minggu, 26 Jun 2022 15:30 WIB
Selain Takut Menghabiskan Uang, 3 Bentuk Ketakutan Ini Juga Pertanda Seseorang Mengalami Money Phobia
caption
Jakarta -

Khawatir soal uang memang hal yang wajar. Namun, apabila rasa khawatir tersebut sudah berlebih, bahkan sampai membuat kamu merasa takut dan cemas berlebih saat harus membelanjakan uang dan cenderung menghindari pengeluaran uang sebanyak mungkin, bisa jadi itu merupakan gejala chrometophobia.

Chrometophobia berasal dari bahasa Yunani, yaitu chrimata yang artinya uang dan phobos yang artinya takut. Jadi, chrometophobia adalah fobia terhadap uang yang ditandai dengan gejala, seperti sering menghindari aktivitas yang mengharuskan mereka mengeluarkan uang, seperti nonton bioskop, hangout sama teman-teman, liburan, bahkan saat sakit pun mereka enggan mengeluarkan uang untuk berobat. 

Sering menghitung uang atau mengecek rekening bank juga termasuk gejala fobia uang. Selain itu, beberapa bentuk ketakutan lain terhadap uang berikut ini juga bisa menandakan seseorang mengalami fobia uang. Yuk, langsung saja simak bentuk money phobia lainnya seperti yang dilansir dari Money254.

Takut Kehilangan Pekerjaan

Money phobia adalah fobia terhadap uang
money phobia/Foto: pexels.com/Nathan Cowley

Ini adalah bentuk ketakutan yang paling umum dirasakan oleh orang, apalagi di tengah angka pengangguran yang semakin tinggi. Alhasil, mau nggak mau mereka harus tetap menjalani pekerjaan yang sebenarnya nggak mereka sukai. 

Sebab, resign atau kehilangan pekerjaan artinya nggak ada pendapatan yang akan mereka peroleh setiap bulannya. Hal ini tentu akan membuat chrometophobia mereka semakin memburuk. 

Nggak Punya Uang yang Cukup

Takut nggak punya uang yang cukup juga termasuk money phobia
chrometophobia/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko

Bentuk money phobia lainnya yang sering dialami orang adalah takut nggak punya uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keinginan jalan-jalan, liburan, belanja, dan sebagainya. Jika sudah berlebih, ketakutan ini akan membuat seseorang merasa gagal, meskipun sudah bekerja keras selama bertahun-tahun dan akhirnya, mereka pun menekan pengeluaran supaya nggak kehabisan uang. 

Takut Menjadi Beban Keuangan untuk Orang Lain

Kenali bentuk lain dari money phobia
gejala money phobia/Foto: pexels.com/Liza Summer

Ketakutan menjadi beban keuangan bagi keluarga, pasangan, dan teman mungkin hampir dirasakan oleh semua orang. Namun, setiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk mengatasinya. Ada yang melakukan investasi, mencari side job, tapi ada juga yang sangat menghemat pengeluaran karena takut uangnya akan habis.

Inilah salah satu bentuk lain dari money phobia. Jika dibiarkan, ketakutan ini akan menimbulkan gejala gangguan kesehatan mental lainnya, seperti depresi dan anxiety. Oleh karena itu, jika ketakutan akan uang ini sudah sangat mengganggu, ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. 

Uang THR Akan Dihabiskan Untuk Apa?/foto: pexels.com/alexander-milsIlustrasi uang. (Foto: pexels.com/alexander-mils)

Gejala money phobia mungkin nggak selalu ditunjukkan dengan gejala fisik, seperti mual, muntah, pusing, atau berkeringat dingin saat melihat uang. Namun, beberapa ketakutan di atas juga bisa menjadi salah satu bentuk dari money phobia yang mungkin banyak nggak disadari oleh penderitanya.

Jadi, kalau kamu atau orang-orang di sekitarmu merasakan beberapa rasa takut di atas ditambah dengan gejala money phobia lainnya, segera cari bantuan profesional, ya atau coba ceritakan ke orang terdekat yang bisa dipercaya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id