STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Seram! Selain Apokaliptik, Ada 5 Sekte Sesat yang Pernah Ada di Dunia

Tim Redaksi CNN | Beautynesia
Selasa, 22 Nov 2022 20:30 WIB
Seram! Selain Apokaliptik, Ada 5 Sekte Sesat yang Pernah Ada di Dunia
Foto: Getty Images/Rich Legg

Istilah apokaliptik tengah ramai diperbincangkan, menyusul dugaan kriminolog Adrianus Eliasta Meliala kepada satu keluarga yang meninggal di Kalideres.

"Jadi mungkin mirip dengan kelompok yang mati massal di Guyana. Atau yang melakukan sesajian massal di pinggir laut dan malah disapu ombak semua. Karena kematian adalah tujuan akhir, maka mereka tidak takut," jelas Adrianus pada awal November lalu, dikutip dari CNN Indonesia.

Sekte itu sendiri mengutip dari laman KBBI Kemdikbud merupakan kelompok orang yang punya kepercayaan atau pandangan yang sama, yang berbeda dari pandangan agama yang lebih lazim diterima oleh penganut agama tersebut, Beauties.

Berikut 5 sekte sesat di dunia yang menarik untuk diketahui:

1. Apokaliptik di Guyana

Pemimpin sekte ini, Jim Jones, berhasil menanamkan kepercayaan pada pengikutnya sejak 1960-an, hingga membuat gempar dunia pada 18 November 1978. Yaitu sekitar 900 pengikunya bunuh diri massal di hutan terpencil di Guyana.

Cara hidup keseharian para pengikut ini yakni menyulap hutan lebat menjadi lahan agrikultur, Beauties. Para pengikut Jones ini bersedia melakukan apa saja termasuk konsumsi narkoba, jadi budak seks, dan kerja tanpa kenal waktu.

Menurut Jones, bunuh diri dinilai sebagai jalan keluar terakhir dari serangan tak terhindarkan oleh pemerintah AS. Bahkan, anggota kongres Leo Ryan yang datang ke lokasi, ditembak mati oleh pengikut Jones.

Ilustrasi Bunuh DiriIlustrasi bunuh diri/ Foto: Thinkstock

2. Kultus Heaven's Gate Away

Pada tahun 1970-an Marshall Applewhite dan Bonnie Nettles melakukan perjalanan darat melintasi AS. Kemudian pada tahun 1990an berhasil mendapat pengikut baru, Beauties.

Sekte ini percaya bahwa satu-satunya bertahan hidup dari bumi yang akan hancur adalah dengan meninggalkannya. Hingga pada tahun 1997, Applewhite membujuk 38 pengikutnya untuk bunuh diri.

Lanjutkan membaca sekte sesat selanjutnya di sini, Beauties!

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE