STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kesehatan Mental dan Perubahan Iklim Bisa Saling Memengaruhi, Begini Hubungannya!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Sabtu, 12 Nov 2022 09:30 WIB
Kesehatan Mental dan Perubahan Iklim Bisa Saling Memengaruhi, Begini Hubungannya!

Meskipun sama-sama menyangkut kehidupan manusia, aspek mental yang diwakili oleh ranah psikologi dan aspek lingkungan hidup yang identik dengan perubahan iklim ternyata kerap dianggap tidak berhubungan.

Namun, dilansir dari lamanĀ Time, ilmuwan dan aktivis dunia mencetuskan sebuah instrumen untuk membantu memerangi permasalahan perubahan iklim yang tidak terduga. Instrumen tersebut adalah psikologi yang ternyata memiliki kaitan hubungan yang cukup signifikan dengan isu perubahan iklim!

Dampak Perubahan Iklim terhadap Kesehatan Mental

Asian woman with stress, She kept herself alone in her bedroom, Depression.Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Panupong Piewkleng

Perubahan iklim adalah ancaman berbahaya bagi kesehatan mental. Fenomena cuaca yang ekstrem seperti kebakaran hutan dan badai puting beliung dapat mengakibatkan timbulnya depresi, kecemasan, dan gangguan stres pasca trauma (PTSD) pada semua orang dari berbagai usia karena timbulnya pengungsian dan kelangkaan makanan

Penelitian menunjukkan bahwa suhu yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko bunuh diri dan kasus-kasus di rumah sakit yang berkaitan dengan kesehatan mental. Banyak orang yang juga mengalami kecemasan iklim atau ketakutan eksistensial tentang masa depan bumi.

Susan Clayton, seorang profesor psikologi di College of Wooster, Ohio menyatakan bahwa orang yang mengalami kecemasan iklim mungkin merasa bertanggung jawab untuk menyelamatkan dunia. Selain kecemasan, ada pula golongan dewasa muda yang mengalami kemarahan karena mewarisi masalah yang tidak mereka ciptakan.

Membantu Menyelaraskan Nilai Lingkungan dengan Tindakan

Klarifikasi nilai adalah teknik yang sering digunakan saat terapi untuk membantu seseorang mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap nilai dan keyakinannya sendiri. Ketika seseorang sudah memahami nilai itu, mereka akan memeriksa apakah tindakan dan tingkah laku mereka sesuai dengan nilai itu.

Ilustrasi mental health (Foto: Pexels/MART PRODUCTION)
Ilustrasi mental health (Foto: Pexels/MART PRODUCTION)

Metode klarifikasi nilai juga bisa digunakan dalam hubungannya dengan lingkungan. Jika seseorang meyakini dan memandang alam dan lingkungan sebagai sesuatu yang bernilai, maka metode klarifikasi nilai dapat membantu mereka memastikan apakah tindakan dan tingkah laku mereka bisa berkontribusi terhadap lingkungan atau tidak.

Membantu Seseorang Merasa Terhubung dengan Alam

menikmati pemandangan alam di balkon(Foto:www.freepik.com/tourist07)Ilustrasi/Foto: freepik.com/tourist07/ Foto: Yemima Prasetya Christiana Putri

Terapi berbasis alam atau eco-therapy adalah teknik yang digunakan beberapa psikolog untuk membantu meningkatkan kesehatan mental, menurut American Psychological Association (APA). Para psikolog biasanya merekomendasikan pasiennya untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dan melakukan kegiatan seperti mendaki atau forest bathing.

Selain membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi, berada di tengah alam juga dapat membantu seseorang untuk merasa lebih terhubung dengan lingkungan tempat mereka hidup. Makin seseorang merasa terhubung dengan lingkungan di sekitarnya, maka mereka akan cenderung membuat pilihan-pilihan yang bertujuan untuk melindungi lingkungan tersebut.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE