STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Sering Merasa 'Tertinggal' dari Orang Lain? Tenang, 3 Cara Sederhana Ini Bisa Kamu Coba untuk Mengatasinya

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 11 Aug 2022 06:15 WIB
Sering Merasa 'Tertinggal' dari Orang Lain? Tenang, 3 Cara Sederhana Ini Bisa Kamu Coba untuk Mengatasinya

Beauties, pernahkah kamu merasa 'tertinggal' dari orang lain? Misalnya, kamu melihat seorang teman yang sepantaran denganmu sudah memiliki karier yang cemerlang, memiliki pasangan, bahkan rajin liburan setiap satu bulan sekali. Kamu pun akhirnya membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain, merasa bahwa kamu seperti tidak melakukan apa-apa hingga akhirnya merasa rendah diri atau insecure.

Perasaan tertinggal dengan pencapaian orang lain biasanya cenderung menyerang anak muda, terlebih yang sedang mengalami quarter life crisis. Hal ini semakin diperparah dengan hadirnya media sosial, di mana semua orang dengan mudahnya membagikan setiap momen dalam kehidupan mereka. Akibatnya, kamu merasa tertinggal dan merasa tidak melakukan usaha sebanyak orang lain.

Asian woman with stress, She kept herself alone in her bedroom, Depression.Ilustrasi insecure/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Panupong Piewkleng

Adanya perasaan tertinggal dengan pencapaian orang lain memang tidak enak dan tidak mudah untuk dilalui. Kalimat klise seperti 'berhenti bersaing dengan orang lain, bersainglah dengan diri sendiri' memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Namun, kamu tentu tidak bisa berlarut-larut merasakan hal itu, kan, Beauties? Kamu yang memegang kendali atas hidupmu, apa yang kamu lakukanlah yang bisa membantu mengatasinya. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa tertinggal dari orang lain. Yuk, simak!

Cari Tahu Alasan Munculnya Perasaan Tersebut

Ilustrasi mengingat kenangan sedih/ Foto: Freepik.comIlustrasi sedih/Foto: Freepik.com

Ketika kamu merasa tertinggal dengan orang lain, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menemukan penyebabnya. Mengapa perasaan tersebut bisa muncul? 

Dilansir dari HBR, rasa stres karena merasa tertinggal oleh orang lain bisa muncul dalam berbagai bentuk. Misalnya di kantor, ketika kamu mendengar atasan memuji rekan kerja, atau melihat rekan kerja yang bisa selesai kerja pukul 5 tepat lalu kembali mengerjakan bisnis sampingan mereka.

Renungkan apa yang memicu rasa tertinggal tersebut muncul. Apakah pujian dari atasan kepada rekan kerja membuat kamu merasa rendah diri? Atau pencapaian tertentu yang diraih teman membuat kamu kecewa? 

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media sosial memperburuk bias negatif bawaan diri, di mana kamu lebih mementingkan pengalaman negatif daripada pengalaman positif. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan hal-hal yang bisa memicu perbandingan diri dengan orang lain. Jika kamu sudah menyadari pemicunya, kamu bisa mengubahnya menjadi bentuk respons yang lebih positif.

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Close up of a depressed Caucasian young woman sitting at home, reading some bad news on her smart phone, feeling sad and worriedIlustrasi bermain media sosial/ Foto: Getty Images/Ivan Pantic

Again and again, it might be easier said than done, Beauties. Otakmu mungkin tahu bahwa membandingkan diri dengan orang lain hanya berujung pada menyakiti diri sendiri. 

Well, sebenarnya membandingkan diri adalah hal normal yang pasti dialami semua manusia dan bisa menjadi proses untuk perbaikan diri. Ketika kamu membandingkan diri dengan orang lain, kamu bisa mendapatkan informasi tentang apa yang kamu inginkan di hidup ini. Namun kebiasaan ini cenderung membuat kamu malah merasa insecure.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain adalah pahami diri dan tujuan hidupmu. Jika kamu memiliki tujuan hidup, memahami apa yang benar-benar kamu inginkan, maka kamu tidak akan mudah goyah untuk membandingkan diri dengan orang lain dan merasa tertinggal.

Semua Orang Punya Waktunya Masing-masing

Ilustrasi perempuan yang menikmati waktuIlustrasi perempuan yang menikmati waktu/ Foto: istockphoto.com/recep-bg

Mungkin terdengar klise, namun hal ini harus kamu percaya, Beauties. Memang hadirnya media sosial dan tuntutan tak kasatmata dari lingkungan membuat kamu merasa semuanya harus dicapai saat ini juga. Namun jika kamu terus mendengarkan orang lain dan mengikuti standar yang seharusnya tidak ada tersebut, tak heran jika kamu terus merasa tertinggal.

Satu hal yang harus kamu pahami bahwa semua orang tentu memiliki waktunya masing-masing. Bahwa hidup bukan perlombaan untuk siapa yang paling cepat meraih sesuatu. Jika kamu berusaha dan fokus dengan apa yang bisa kamu kerjakan, kamu akan tiba di garis finish dengan cara dan waktu yang memang sudah diciptakan untukmu.

Selain itu, kamu juga bisa meluangkan waktu untuk merefleksikan apa saja pencapaian yang telah kamu buat sejauh ini. Banggalah dengan pencapaian tersebut dan tanamkan mindset bahwa kamu bisa melakukan hal-hal hebat dan luar biasa lagi ke depannya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE