sign up SIGN UP

Punya Rencana Resign, 4 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan Terlebih Dahulu!

Cynthia Claudia | Rabu, 12 Jan 2022 09:15 WIB
Punya Rencana Resign, 4 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan Terlebih Dahulu!
caption

Resign dari pekerjaan merupakan salah satu keputusan yang diambil para karyawan karena berbagai alasan. Mulai dari kesempatan meningkatkan jenjang karier yang lebih baik di perusahaan lain, tawaran gaji yang lebih baik, hingga alasan pribadi yang kemungkinan bersifat negatif hingga mengganggu kenyamanan para karyawan ketika bekerja. 

Keputusan untuk resign tidak boleh disepelekan karena memengaruhi kondisi keuangan kita nantinya. Berikut adalah 4 hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin resign, seperti yang dilansir dari Forbes: 

1. Apakah Kamu Memiliki Tabungan yang Cukup untuk Menutupi Pengeluaran? 

resign dari perusahaan
resign dari perusahaan/ Foto: Pexels.com/ Burst


Susan Hirshman, seorang perencana keuangan dan penulis buku 'Does This Make My Assets Look Fat?' membagikan pendapatnya kepada orang-orang yang memutuskan untuk resign dari pekerjaan. Mereka harus memastikan bahwa tabungannya cukup untuk pengeluaran selama 9-12 bulan selama tidak ada penghasilan tetap dari pekerjaan. 

Ia menyarankan setiap dari kalian untuk mencatat pengeluaran tetap seperti biaya hidup termasuk transportasi dan makanan, kartu kredit, atau pembayaran pinjaman lainnya. Kamu juga pastinya perlu mengalokasikan tabungan untuk biaya darurat bagi kejadian yang tidak terduga, seperti biaya rumah sakit, perbaikan mobil atau rumah.

2. Apakah Kamu Siap dalam Melepaskan Tunjangan Asuransi Kesehatan atau Pensiun dari Perusahaan? 

resign dari perusahaan
resign dari perusahaan/ Foto: Pexels.com/ Pixabay

Karyawan yang memutuskan untuk resign dari pekerjaan akan kehilangan tunjangan seperti asuransi kesehatan atau pensiun. Tunjangan yang diberikan ini biasanya berbeda tergantung pada kebijakan setiap perusahaan. Kamu harus memikirkan apakah melepaskan tunjangan ini akan memengaruhi keadaanmu di masa depan.

Namun, jika kamu memiliki asuransi di luar perusahaan, maka kamu akan tetap kesulitan berkontribusi pagi pembayarannya karena telah kehilangan penghasilan tetap.

3. Apakah Kamu Telah Berdiskusi dan Menerima Dukungan dari Keluarga atau Teman-teman? 

resign dari perusahaan
resign dari perusahaan/ Foto: Pexels.com/ Agung Pandit

Keputusan resign dari pekerjaan juga akan memengaruhi keluargamu. Penting bagi dirimu untuk mendiskusikan keputusan resign dengan keluarga terlebih dahulu. 

Tanya pada dirimu sendiri terutama bagi yang sudah berkeluarga, apakah pasanganmu dan anak-anakmu nantinya terdampak karena kamu ada hambatan finansial setelah resign.

Seorang executive coach bernama Agry menyatakan bahwa orang mengalami masalah ketika memutuskan untuk resign karena kurang persiapan dan perencanaan. Agry juga menyarankan bahwa kalian yang mempunyai rencana resign sebaiknya mencari sistem pendukung yang tepat berupa teman dan keluarga untuk diajak berdiskusi dan menerima masukan.

4. Kapan Waktu yang Tepat untuk Resign? 

resign dari perusahaan
resign dari perusahaan/ Foto: Pexels.com/ Alex Green

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum resign dari pekerjaan adalah menentukan waktu yang tepat. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah sekarang merupakan waktu yang tepat, atau harus ditunda dulu keputusannya untuk resign?

Kalau Beauties sedang bertanggung jawab untuk mengelola pekerjaan yang sukar ditinggal atau dialihkan ke rekan kerja lainnya, maka sebaiknya tunda dahulu keputusan untuk resign. Dalam kasus ini, kamu harus mempertimbangkan rekan kerjamu dan kemampuannya dalam mengelola pekerjaan yang nantinya akan kamu alihkan. 

Selain mempertimbangkan beban rekan kerjamu, kamu juga harus mempertimbangkan pembayaran tunjangan sebelum resign. Jika perusahaanmu memang memberikan tunjangan berupa bonus akhir tahun atau triwulan, maka pikirkan kembali kapan waktu yang tepat untuk resign agar bisa memaksimalkan pendapatan.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id