sign up SIGN UP

Stop Membandingkan Diri, 5 Hal Positif Ini Bisa Membuatmu Jadi Pribadi yang Lebih Baik!

aqillah diaz | Beautynesia
Rabu, 23 Mar 2022 20:00 WIB
Stop Membandingkan Diri, 5 Hal Positif Ini Bisa Membuatmu Jadi Pribadi yang Lebih Baik!
caption

Semua orang pasti pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan hal ini tentunya sikap ini dapat membuat kita menjadi lebih termotivasi dan lebih semangat untuk mengetahui banyak hal. Tak hanya itu, sikap ini juga dapat menjadi refleksi untuk diri kita sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, sikap membandingkan diri dengan orang lain dapat membuat kita menjadi insecure dan menurunkan rasa percaya diri.

Jika kamu selalu merasa bahwa dirimu selalu kurang, maka kamu perlu melakukan beberapa perubahan pada dirimu sendiri. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak melulu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Check em out!

1. Mengetahui dan Menghindari Penyebab Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Mengetahui dan Menghindari Penyebab Membandingkan Diri dengan Orang Lain / foto  : pexels.com/AlexGreen
Mengetahui dan Menghindari Penyebab Membandingkan Diri dengan Orang Lain / foto : pexels.com/AlexGreen

Pertama, kamu dapat mengetahui dan menyadari penyebab yang membuatmu mulai membandingkan diri dengan orang lain. Ketahuilah situasi yang membuatmu menjadi berpikir demikian dan cobalah untuk membatasi dan menjauhi hal negatif tersebut.

Setelah kamu menghindari penyebab tersebut, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan positif yang dapat membuat dirimu terhindari dari rasa iri dengan orang lain. Kamu juga bisa membatasi penggunaan media sosial dan mulailah untuk bersosialisasi secara nyata dengan teman atau kerabat. 

2. Membiasakan Diri untuk Positive Self-Talk

Membiasakan Diri untuk Positive Self-Talk / foto :pexels.com/KeiraBurton
Membiasakan Diri untuk Positive Self-Talk / foto :pexels.com/KeiraBurton

Setelah kamu mengetahui dan berusaha menghindari penyebab yang membuatmu membandingkan diri dengan orang lain, cobalah untuk membangun pikiran positif dengan melakukan positive self-talk. Bicaralah kepada dirimu sendiri tentang hal positif yang ada padamu.

Hal ini akan membuatmu menjadi lebih kuat dan terhindar dari rasa iri. Tak hanya itu, positive self-talk juga dapat membantumu meningkatkan rasa optimis dan percaya diri, serta dapat membuatmu terhindar dari depresi. 

3. Mensyukuri Apa yang Kamu Miliki

Mensyukuri dengan Apa yang Kamu Miliki / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Mensyukuri dengan Apa yang Kamu Miliki / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Bersyukur merupakan cara ampuh agar kamu terhindar dari sikap membandingkan diri dengan orang lain. Tidak ada seseorang yang sempurna, pasti ada seseorang yang lebih baik atau bahkan lebih buruk.

Hindari pikiran bahwa kehidupan orang lain lebih baik daripada kehidupanmu, karena hal tersebut dapat membuat kesehatan mentalmu menjadi lemah. Syukuri hal yang ada dihidupmu baik dari hal kecil hingga besar, sehingga kamu dapat merasa cukup dan tidak kurang. 

Tentunya dengan bersyukur dapat membuat waktumu tidak terbuang sia-sia dan hidupmu lebih bahagia.

4. Melakukan Hal yang Disukai

Melakukan Hal yang Disukai/ foto : pexels.com/AndreFurtado
Melakukan Hal yang Disukai/ foto : pexels.com/AndreFurtado

Agar kamu tidak selalu sibuk membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik kamu menyibukkan diri dengan melakukan hal yang kamu sukai, seperti memasak, membaca buku, menonton film, atau liburan bersama keluarga atau teman. Dengan melakukan hal yang kamu sukai, kamu dapat lebih mengerti apa arti mencintai diri sendiri.

Pahamilah bahwa dirimu adalah sosok yang istimewa sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. So, jangan buang waktumu untuk memikirkan apa yang telah dicapai orang lain dan fokus dengan dirimu agar menjadi pribadi yang lebih baik. 

5. Gunakan Perbandingan sebagai Motivasi Diri

Gunakan Perbandingan sebagai Motivasi Diri / foto :pexels.com/MinAn
Gunakan Perbandingan sebagai Motivasi Diri / foto :pexels.com/MinAn

Ketika kamu sudah terlanjur membandingkan diri dengan orang lain, kamu tidak perlu merasa minder. Justru kamu harus menjadikan hal tersebut sebagai motivasimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Jangan sampai dengan membandingkan diri dengan orang lain membuatmu kehilangan harga dirimu. Kamu juga perlu ingat bahwa tiap orang pasti memiliki batas dan waktunya masing-masing. Jadi, berhentilah untuk melakukan sikap membandingkan diri dengan orang lain ya.

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan agar kamu tidak melulu membandingkan diri dengan orang lain. Jika dirasa hal ini justru membuat aktivitasmu terganggu, sebaiknya ceritakan hal ini kepada teman atau kamu bisa konsultasi dengan psikolog. Tetaplah berpikir positif dan nikmati apa yang kamu miliki sekarang. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id