sign up SIGN UP

Stres saat Nggak Buka Ponsel? Yuk, Atasi Kecanduan Ponsel dengan Metode Daily To-Do-List Ini!

Retno Anggraini | Beautynesia
Selasa, 11 Jan 2022 15:30 WIB
Stres saat Nggak Buka Ponsel? Yuk, Atasi Kecanduan Ponsel dengan Metode Daily To-Do-List Ini!
caption
Jakarta -

Ponsel sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan. Pasalnya, semua kegiatan bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan menginstal beberapa aplikasi dalam satu ponsel. Saking mudahnya, orang-orang merasa enggan untuk meninggalkan ponsel mereka meskipun hanya lima menit. Bahkan ketika berkumpul bersama teman atau keluarga untuk makan bersama, kecenderungan membuka ponsel lebih besar dibandingkan berbicara satu sama lain.

Namun, tak selamanya penggunaan ponsel berdampak baik. Selain merusak penglihatan dan otak, terus-menerus bermain ponsel dapat menyebabkan sindrom nomophobia jika tidak segera diobati. Jika kamu termasuk golongan yang kecanduan ponsel, yuk atasi dengan menerapkan metode daily to do list phone detox di bawah ini!

Senin: Mengatur Waktu

Atur waktu bermain ponsel
Mengatur waktu untuk bermain media sosial/Foto: Pexels.com/Tracy Le Blanc

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah pandai mengatur waktu bermain media sosial. Kamu bisa memulainya dengan bermain media sosial yang kamu miliki sebanyak lima belas menit. Setelah terbiasa, kamu bisa mengurangi penggunaan waktu bermain media sosial. Misalnya, dari lima belas menit menjadi sepuluh menit.

Selasa: Matikan Notifikasi

Matikan pop up notifikasi aplikasi
Matikan pop up notifikasi aplikasi/Foto: Pinterest.com/Lifewire

Di hari selanjutnya, cobalah untuk mematikan segala notifikasi dari media sosial yang kamu miliki. Atau jika memungkinkan, kamu bisa mematikan notifikasi dari aplikasi yang menurutmu tidak penting.

Jadi, kamu hanya akan menerima notifikasi dari WhatsApp, email, SMS, dan telepon saja. Dengan cara ini, diharapkan kamu akan terbiasa tidak tergoda untuk segera membuka media sosial atau aplikasi hanya karena penasaran dari bunyi notifikasi.

Rabu: Hindari Ponsel di Pagi Hari

Hindari membuka ponsel saat bangun tidur
Hindari membuka ponsel saat bangun tidur/Foto: Pexels.com/Blue Bird

Di era digital seperti sekarang, sudah umum melihat orang-orang langsung membuka ponsel saat pertama kali membuka mata di pagi hari. Kebiasaan ini harus dihindari, ya, Beauties.

Buatlah rencana aktivitas apa yang akan kamu lakukan saat pertama kali bangun tidur di malam sebelumnya. Entah itu lari pagi, membersihkan rumah, atau mencuci pakaian. Dan yang terpenting tidak berhubungan dengan ponsel.

Kamis: Charge Ponsel di Tempat Berbeda

Tidak memainkan ponsel saat di charge
Tidak memainkan ponsel saat di charge/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Siapa di sini yang masih suka memainkan ponsel meskipun sedang di charge? Segera hentikan kebiasaan ini, ya, Beauties!

Selain merusak fungsi otak, memainkan ponsel saat di charge akan menimbulkan risiko kebakaran. Charge ponsel kamu di tempat yang tidak bisa kamu jangkau. Misal, kamu sedang belajar di ruang tamu, kamu bisa charge ponsel kamu di dalam kamar. Tunggulah sampai baterai terisi penuh baru gunakan kembali.

Jumat: Tidak Memainkan Ponsel di saat Tertentu

Hindari memainkan ponsel saat kumpul bersama keluarga atau teman
Hindari memainkan ponsel saat kumpul bersama keluarga atau teman/Foto: Pexels.com/cottonbro

Mulai biasakan diri untuk tidak melirik ponsel saat sedang bersama keluarga atau teman. Gunakan kesempatan ini untuk membicarakan hal-hal menarik. Buang jauh-jauh pikiran untuk membuka ponsel dan fokuslah dengan hal-hal di sekitarmu. 

Sabtu: Jangan Posting Apa Pun

Menonton film
Menonton film/Foto: Pexels.com/cottonbro

Ketika orang-orang mem-posting sesuatu saat akhir pekan, lakukanlah hal yang sebaliknya. Hindari mem-posting apa pun di hari Sabtu dan cobalah untuk tidak membuka media sosial sama sekali. Banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan ponsel, menonton Netflix, melakukan hobi, atau beristirahat misalnya.

Minggu: Hari Tanpa Ponsel

Piknik bersama keluarga
Piknik bersama keluarga/Foto: Pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Hari Minggu, sebagian orang libur di hari ini. Matikan ponsel, kabari orang-orang pada malam sebelumnya bahwa kamu tidak ingin diganggu saat hari libur. Gunakan kesempatan baik ini untuk quality time bersama keluarga. Piknik bersama keluarga juga tidak kalah seru, lho! Tetapkan hari libur kerja kamu sebagai Hari Tanpa Ponsel Sedunia.

Tips di atas tadi bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas kamu ya, Beauties. Selamat mencoba!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id