STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Supaya Elegan Seperti Ratu dan Putri Raja, Ini Etika Saat Makan atau Table Manners yang Perlu Kamu Lakukan

Meuthia Khairani | Beautynesia
Minggu, 09 Oct 2022 10:00 WIB
Supaya Elegan Seperti Ratu dan Putri Raja, Ini Etika Saat Makan atau Table Manners yang Perlu Kamu Lakukan

Keanggunan kita saat makan dapat mempengaruhi cara pandang orang terhadap diri kita dan merupakan salah satu hal penting yang butuh diterapkan agar kita menjadi perempuan elegan. Etika saat makan atau table manners tidak hanya perlu dilakukan saat meeting bersama rekan kerja dan di restoran mewah, namun ada baiknya dibiasakan sejak dini untuk menunjukkan value diri kita di depan anggota keluarga, teman, klien, pasangan, bahkan calon mertua.

For your information, semakin mewah acara dan makanannya, semakin banyak aturan yang harus dipahami untuk menghindari kesalahan dan rasa malu pada saat menghadiri acara makan siang atau makan malam yang formal.

Apa saja ya aturan-aturannya?

1. Etika Mengambil Alat Makan

Etika makan atau fine dining/Pexels Engin Akyurt
Etika makan atau fine dining/Foto: Pexels/Engin Akyurt

Dilansir dari Kent State University, saat kamu ingin menyantap makanan pertama, ambilah sendok dan garpu dari yang posisinya paling luar. Setelah itu pegang alat makanmu tapi tidak dengan mengepalkan tangan ya, Beauties.

2. Etika Menggunakan Serbet

Etika makan atau fine dining/Foto: Freepik/mrsiraphol
Etika makan atau fine dining/Foto: Freepik/mrsiraphol

Jika disediakan serbet, ambillah serbet itu. Lipat dua dan letakkan di pangkuanmu. Bila kamu ingin meninggalkan meja untuk menerima panggilan telepon di luar area restoran, atau ketika kamu ingin ke toilet, letakkan serbet itu di sebelah kiri piringmu atau di kursimu.

3. Etika Memesan Makanan

Etika makan atau fine dining/Foto: Freepik/yurawhite
Etika makan atau fine dining/Foto: Freepik/yurawhite

Pilihlah menu yang harganya sama atau lebih murah dibanding orang yang mengundangmu makan di restoran. Tips yang satu ini bisa menunjukkan bahwa kamu orang yang sopan dan tidak aji mumpung, Beauties.

Selain itu, kamu sebaiknya menghindari memesan makanan yang sulit dimakan seperti ikan, atau yang sekiranya akan membuatmu belepotan, misalnya spaghetti. 

4. Etika Saat Makanan Disajikan

Etika makan atau fine dining/Foto: Pexels/Nicole Michalou
Etika makan atau fine dining/Foto: Pexels/Nicole Michalou

Saat appetizer atau main course disajikan dan diestafetkan dari pelayan pada dirimu, ingatlah untuk mengoper dulu ke teman-teman yang lain. Pastikan semua kerabatmu mendapatkan jatah makanan sebelum kamu mulai makan. Mempraktekkan cara ini akan membuatmu tidak terlihat 'kemaruk.'

Di samping itu, kamu bisa mengganjal perutmu dengan snack atau makan nasi dengan porsi kecil tapi cukup untuk menunda laparmu sebelum sampai di restoran atau rumah tempat perjamuan agar tidak terlihat sangat kelaparan.

5. Etika Mendinginkan Makanan

Hindari meniup makananmu yang masih panas, Beauties. Memotong kecil-kecil makananmu atau menunggunya perlahan mendingin merupakan cara yang lebih disarankan agar kamu terlihat sabar.

6. Etika Memotong Makanan

Etika makan atau fine dining/Foto: Pexels/Marcus Aurelius
Etika makan atau fine dining/Foto: Pexels/Marcus Aurelius

Makanlah dengan perlahan dan potong-potong makananmu menjadi kecil-kecil untuk menghindari mulutmu kepenuhan, mengunyah dengan mulut terbuka, dan tersedak. Perempuan elegan adalah yang menggigit potongan-potongan kecil makanannya dan mengunyahnya tidak sambil bicara.

7. Etika Mengatur Kecepatan Makan

Dilansir dari The Spruce, meskipun bikin lama, kamu disarankan untuk makan dengan perlahan dan sedikit-sedikit. Atur kecepatan makanmu untuk mengimbangi durasi tuan rumah menyelesaikan santapannya.

8. Etika Seusai Makan

Etika makan atau fine dining/Foto: Freepik/Kamran Aydinov
Etika makan atau fine dining/Foto: Freepik/Kamran Aydinov

Letakkan sepasang alat makanmu (sendok dan garpu, atau garpu dan pisau) secara berdampingan. Ini bisa menjadi isyarat pada pelayan bahwa kamu sudah selesai makan dan puas dengan sajiannya.

9. Hindari Menimbulkan Suara yang Mengganggu

Saat makan, sebaiknya kamu mengunyah dengan mulut tertutup agar tidak mengecap-ngecap. Bila kamu menyantap sup atau makanan berkuah, hindari menyeruputnya. Teguklah pelan-pelan kuah itu tanpa menimbulkan suara. Kamu juga perlu mengontrol suaramu saat sendawa.

10. Etika Saat Minum

Etika makan atau fine dining/Foto: Pexels/Nadin Sh
Etika makan atau fine dining/Foto: Pexels/Nadin Sh

Saat minum, telanlah pelan-pelan air yang masuk di kerongkonganmu. Jangan sampai terdengar suara tegukan ‘glek-glek’ yang keras, Beauties. Mengutip dari Food & Wine, setelah kamu menyesap minuman dari gelas, teruslah menggunakan posisi di mana bibirmu menempel dengan gelas agar tidak meninggalkan banyak tanda bekas lipstik di sana.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE